Cara Mengatasi Hp Xiaomi Mati Total

Xiaomi Mati Total

Hp xiaomi Kamu mati total? Tenang saja, jangan buru-buru antar ke tempat service yang tentunya akan memakan biaya.

Ada kok cara mengatasi xiaomi yang mati total (matot) dengan mudah, tentunya cara ini sudah terbukti ampuh dan Saya cobain sendiri.

Bagi yang baru pertama kali mengalami hp mati total ini pastinya kaget mendapati hp xiaominya yang mati total. Sebenarnya ini masalah yang sudah umum terjadi bahkan pada semua smartphone android seperti : Oppo, Samsung, Vivo, Asus, Honor, dan termasuk juga xiaomi.

Banyak faktor penyebab kenapa hp xiaomi bisa mati total, diantaranya kerusakan pada sistem aplikasi maupun hardware (perangkat keras) yang melekat pada hp xiaomi. Oleh karena itu, kamu perlu mengetahui penyebab hp kamu bisa mati total yang akan afrizatul jelaskan di bawah.

Disini Saya akan memberikan solusi memperbaiki hp xiaomi saya sendiri (baterai tanam) yang kebetulan mati total dan juga tidak bisa di charge. Dan inilah cara yang saya gunakan silahkan disimak baik-baik ya.

Penyebab Hp Xiaomi Mati Total

Sekarang kita akan mempelajari sedikit mengenai penyebab kenapa hp xiaomi bisa sampai mati total.

  • Baterai habis total
  • Sistem / Aplikasi Error
  • Hardware rusak
  • Kerusakan dari pengguna seperti : terjatuh, masuk air, penyimpanan penuh.

Masih banyak lagi penyebab lainnya yang mengakibatkan hp xiaomi mati total. Sebelumnya Saya juga pernah membahas artikel mirip dengan kasus ini yang bisa kamu baca selengkapnya : Cara Mengatasi HP Xiaomi Mati Sendiri

Cara Mengatasi Hp Xiaomi Mati Total

Sudah tau kan apa saja penyebab terjadinya mati total pada xiaomi? Sekarang saatnya untuk memperbaikinya.

Ada beberapa metode yang bisa kamu gunakan untuk mengatasi hp xiaomi yang mati total. Jadi silahkan coba namun apabila kamu sudah pernah mencoba dan hasilnya nihil, skip cara tersebut dan coba cara selanjutnya.

1.Mengisi Baterai Xiaomi

Sebelum itu pastikan jika hp xiaomi teman-teman dalam kondisi bisa di charge, Jika tidak bisa silahkan skip cara ini. Biarkan mengisi daya baterai hingga 1-3 jam lebih, namun pastikan dulu bahwa lampu LED nyala.

2.Ganti Charger Original Xiaomi

Jika lampu LED tidak nyala ada kemungkinan bahwa baterai sudah soak atau tidak bisa digunakan lagi, kemungkinan lain ada pada charger. Coba gunakan charger lain atau periksa terlebih dahulu ke xiaomi lain apakah charger tersebut dapat bekerja dengan baik lalu mengetesnya ke hp xiaomi yang mati total.

3.Cek Arus Listrik

Hal ini juga berkaitan dengan pengisian baterai yang mana harus mendapatkan arus listrik yang baik dan maksimal. Untuk itu silahkan cek terlebih dahulu pada bagian kontak listrik apakah arus stabil atau tidak.

4.Tombol Power Xiaomi

Sebenarnya ini adalah trik untuk mengatasi hp xiaomi mati total yang tidak sedikit para pengguna xiaomi berhasil berkat cara ini.

Caranya juga cukup mudah silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini :

  • Colok charger ke hp xiaomi lalu tekan tombol power
  • Setelah itu lepas tombol power kemudian tekan dan tahan kembali hingga 1-3 menit.
  • Jika berhasil akan diarahkan ke halaman mengisi daya dan kamu akan melihat baterai sedang proses pengisian

Bagaimana? Jika masalah belum teratasi silahkan coba cara untuk mengatasi xioami yang mati total berikut ini.

5.Reset Xiaomi

Mungkin cara ini solusi terakhir bagi kamu yang ingin memperbaiki hp xiaomi yang tidak bisa dihidupkan (matot). Untuk cara mereset xiaomi ke setelan pabrik silahkan baca panduan yang telah saya bahas sebelumnya : Cara Reset Xiaomi All Tipe

Peringatan! Jangan lupa untuk membackup terlebih dahulu dikarenakan proses ini akan menghapus seluruh data penting yang ada pada xiaomi kamu.

6.Bongkar Baterai Tanam Xiaomi

Membongkar baterai tanam xiaomi juga salah satu cara jitu untuk memperbaiki hp xiaomi mati total. Namun, tak semua orang yang paham mengenai hal ini. Hanya orang yang sudah advance atau expert dibidangnya yang mengerti lebih dalam mengenai baterai xiaomi.

Jadi buat kamu yang ingin membongkar baterai tanam pada xiaomi, silahkan mencari referensi yang sudah banyak dibuat oleh orang yang ahli terkait ini seperti di YouTube, dan media tutorial android lainnya.

7.Masuk Ke Recovery Mode Xiaomi

Recovery mode merupakan salah satu cara yang bisa kamu manfaatkan untuk mengatasi hp xiaomi kamu yang dalam kondisi mati total. Selain itu, cara ini juga terbukti berhasil mengatasi hp xiaomi yang bootloop.

Jika kamu bertanya apa itu bootloop? Ini adalah masalah yang sering terjadi pada xiaomi dimana kondisi hp jika dihidupkan hanya mentok di logo MIUI (boot) saja. Jika dimatikan dan dihidupkan kembali hasilnya tetap seperti itu saja.

Lalu bagaimana cara masuk ke recovery mode xiaomi? silahkan ikuti tutorial singkat berikut ini :

  • Tekan dan tahan tombol power + tombol volume down (bawah) hingga muncul logo android
  • Terdapat beberapa menu yang bisa kamu gunakan, untuk mengganti pilihan gunakan tombol volume dan untuk memilih tombol power.
  • Pilih menu Wipe & reset lalu OK
  • Kemudian Wipe All Data dan pilih Yes
  • Dan terakhir, tunggu hingga proses recovery selesai.

Perlu diketahui bahwa dengan menggunakan cara ini data kamu akan terhapus seluruhnya. Jadi untuk mencegah hal yang tidak diinginkan disarankan untuk membackup file atau data yang kamu anggap penting.

8.Melepas Baterai, SIM dan SD Card

Mungkin terbilang sederhana dan tidak ada kaitannya dengan hp xiaomi yang mati total. Namun, cara ini sudah terbukti memperbaiki hp xiaomi yang lampu LED nya berkedip tetapi tidak bisa nyala.

Tujuan dari melepas baterai, sim dan juga sd card ini adalah untuk menyegarkan kembali sistem yang rusak.

  • Lepas Baterai (Jika baterai tanam tidak perlu), SIM dan juga SD Card
  • Kemudian diamkan hp xiaomi selama 30 menit
  • Lalu pasang kembali

Dan cek apakah cara ini berhasil atau tidak. Belum berhasil juga? Ayo ikuti cara berikutnya.

9.Menggunakan Software One Click Unbrick di PC

Cara lainnya kita bisa menggunakan software pc/komputer kita untuk memperbaiki xiaomi yang mati total, software tersebut bernama One Click Unbrick. Lalu bagaimana langkah-langkah menggunakan one click unbrick. Simak langkah-langkahnya berikut ini :

  • Download dan Install software One Click Unbrick di situs resminya.
  • Jangan lupa untuk menginstall aplikasi java terlebih dahulu di situs resmi java
  • Hubungkan hp xiaomi dengan komputer menggunakan kabel USB
  • Buka aplikasi dan pilih Unsoft Brick
  • Akan muncul notifikasi eror pilih Resolution Center
  • Lalu pilih folder yang bernama heimdall dan Extract Current Folder
  • Copy file One Click Unbrick dan juga One click loader yang telah kamu download sebelumnya
  • Klik kanan di bagian One click loader dan pilih run as administrator
  • Akan muncul pesan error lagi, dan restart komputer.
  • Lepas kabel USB dan juga komponen lain seperti kartu SIM dan SD card
  • Lalu tekan tombol Power dan Volume bawah
  • Jika semua langkah-langkah dilakukan dengan benar maka otomatis hp xiaomi kamu akan diflashing.
  • Tunggu hingga beberapa saat dan reboot

10.Antar Ke Service Center

Jika semua cara di atas tidak menunjukan hasil, solusi terakhir nya adalah mengantar hp xiaomi kamu ke service center xiaomi terdekat. Tentunya akan memakan biaya, besar kecilnya biaya tergantung pada tingkat kerusakan yang dialami. Namun, jika kamu belum punya dana lebih untuk itu, silahkan coba cara diatas dan pastikan langkah-langkah yang dilakukan sudah tepat.

Demikianlah cara mengatasi hp xiaomi yang mati total, jadi sekarang apakah hp xiaomi kamu sudah berhasil dinyalakan atau tidak? jika belum atau memiliki kendala terkait masalah hp xiaomi lainnya silahkan komentar di bawah. Semoga bermanfaat jangan lupa untuk membaca tutorial xiaomi lainnya.

Tinggalkan komentar