Cara Cepat Menghilangkan Dan Ganti Background di Photoshop

Ganti-Background Photoshop

Hal yang paling mendasar dalam photoshop adalah mengganti atau merubah background foto menggunakan aplikasi adobe photoshop.

Karena merubah background menjadi foto lain akan membuat foto kita terkesan lebih menarik dan keren juga pastinya.

Faktor kenapa banyak mengganti background fotonya sendiri diantaranya foto prewedding, foto untuk pas foto sekolah, supaya lebih kekinian dan lain-lain sebagainya.

Sebenarnya ada banyak cara untuk mengganti background foto di photoshop, tetapi disini afrizatul.com akan memberikan kamu cara cepat nya supaya lebih menghemat waktu dalam bekerja.

Karena mengganti background di photoshop tidak bisa hanya menggunakan 1 cara saja sebab ada banyak faktor kenapa kita harus belajar cara lainnya contohnya background dan objek foto (orang) yang mempunyai warna yang hampir sama sehingga sangat sulit untuk di pisahkan antara background dan objeknya.

Dari faktor diatas ada lagi beberapa faktor yang mewajibkan kamu untuk belajar cara lain dari mengganti background di photoshop.

Untuk versi photoshop kamu bebas menggunakan versi apa saja disini afrizatul.com akan memberikan tutorial ini menggunakan photoshop cs 5 extended, jika kamu menggunakan versi lain silahkan saja tidak berpengaruh sedikit pun.

Cara Memisahkan Background dan Objek (orang)

Sebelum mengganti background kita perlu memisahkan backgroundnya terlebih dahulu dengan objek yang tidak ingin kita ubah biasanya adalah makhluk hidup seperti foto orang,hewan,tumbuhan dan lain-lain.

Adapun cara memisahkan backgroundnya kita menggunakan layer. Apa itu layer? kamu bisa membaca artikel berikut ini sebelum lanjut agar lebih paham dan tidak kebingungan nanti nya : Cara Cepat Menggabungkan Layer di Photoshop.

Jika kamu sudah paham tentang apa itu layer dan bagaimana cara menggunakan layer kali ini kita akan memisahkan backgroundnya.

Dalam cara memisahkan background pada photoshop terkadang berbeda-beda. Maka disini afrizatul.com akan memberikan beberapa cara memisahkan background pada foto sesuai tingkat kesulitannya dari mulai level yang mudah, sedang, dan sulit.

Memisahkan Background Level Mudah

Kenapa afrizatul.com bilang mudah? karena background pada level ini mempunyai background warna yang sangat berbeda dengan objek nya jadi kita akan mudah untuk memisahkannya pada tiap layer.

Afrizatul.com akan menggunakan foto seperti ini pada tahap level mudah.

Telihat jelas kalau background pada foto ini hanya berwarna putih jadi kita cukup menggunakan tools Magic Wand Tools. kamu bisa memilih toolsnya pada sisi kiri photoshop kamu.

Setelah kamu pilih Magic Wand Tools kemudian klik pada background putih foto yang kita gunakan diatas. maka akan terlihat garis putus-putus yang mengelilingi gambar tersebut. lalu tekan CTRL + J pada keyword kamu.

Kamu akan melihat ada 1 layer baru yang berisi hanya background dari fotonya saja

Selesai itulah bagaimana caranya memisahkan background pada foto dengan level mudah yang syaratnya warna dari background tersebut harus solid (1 warna) sehingga akan mempermudah kita menyeleksinya.

Memisahkan Background Level Sedang

Contoh lain adalah memisahkan background pada foto yang sedikit lebih sulit karena tidak memiliki perbedaan yang kontrast antara background dengan objek. biasanya terdapat shadow atau bayangan dan benda-benda disekitar objek yang membuat kita sedikit sulit untuk memisahkannya.

Adapun contoh memisahkan background pada level sedang ini kita akan menggunakan foto berikut :

Nah jika kita menggunakan Magic Wand Tools yang ada pada level mudah ini akan menjadi masalah karena di foto tersebut terdapat sedikit bayangan dan benda yang berwarna gelap sehingga jika kita memaksakannya hasil seleksi tersebut akan menjadi seperti ini.

Sangat tidak bagus dan ada beberapa objek yang tidak bisa kita seleksi menggunakan tools pada cara pertama tadi, sekarang kita pilih tools yaitu Quick Selection Tools yang berada diatas tools Magic Wand Tools. jika kamu tidak menemukan nya tekan dan tahan dan pilih Quick Selection Tools.

Jika sudah di pojok atas kamu akan melihat bagian-bagian yang mempunyai fungsi berbeda-beda pada tools Quick Selection tools yang akan membantu kamu agar lebih mudah untuk menyeleksi background nya.

Saya jelaskan dulu tools yang pertama berfungsi sebagai menambahkan seleksi pada foto, tools kedua fungsinya sama saya juga belum tau apa perbedaanya jika kamu tau bisa beri komentar dibawah ya.

Tools yang ketiga berfungsi untuk mengurangi seleksi nya jika saat kita menambahkan seleksi ada yang mengenai objek tertentu.

Untuk lebih jelasnya saya sudah menyeleksi foto tersebut dan hasilnya akan seperti ini

Selesai pada tahap level sedang kita sudah berhasil menyeleksi background tersebut. sekarang kita bisa memisahkannya dengan cara sama seperti pada level mudah tapi kali ini kita akan memisahkan orang nya secara langsung.

Tekan CTRL + SHIFT + I di keyboard kamu akan melihat seleksi nya akan berpindah ke orangnya. Ini dikarenakan kita menjalankan perintah inverse atau artinya kebalikan.

Lanjut kita pisahkan objek orangnya dengan cara CTRL + J dan taraa. orang dan backgroundnya sekarang sudah terpisah. kamu bisa menghilangkan tanda mata yang ada pada tiap layer untuk melihat perubahan nya secara jelas.

Jadi kira-kira hasil keseluruhannya akan seperti ini :

Cara Menghilangkan Background Level Sulit

Nah ini nih yang paling bikin penasaran, bagaimana sih caranya menghilangkan background pada foto yang sangat sulit untuk diseleksi?

Berikut ini afrizatul.com telah memberikan cara yang bisa kamu gunakan pada foto kamu yang tidak ampuh menggunakan Magic Wand Tools ataupun Quick Selection Tools.

Apa tools yang kita gunakan? Yap benar sekali. kita menggunakan tools yang bernama Pen Tools.

Tools yang satu ini bernama Pen Tools yang berarti alat untuk menyeleksi berbentuk pena.

Kelebihan dari tools ini kamu bisa menyeleksi sesulit apapun background dan objek yang ingin kamu pisahkan dengan hasil yang rapi dan maksimal.

Tetapi kekurangan dari tools ini adalah dalam menyeleksi menggunakan tools ini akan memakan banyak waktu karena kamu akan menyeleksi nya satu demi satu.

Dari pada penasaran yuk langsung kita coba saja.

Pilih Pentools yang ada pada sisi kiri photoshop kamu.

Jika kamu klik tahan pada icon Pentools maka akan muncul lagi jenis-jenis pentools yang bisa kamu gunakan. tetapi disini afrizatul.com tidak akan membahas apa fungsi dari masing-masing sub pentools.

Kamu bisa mencobanya sendiri supaya lebih mengerti apa fungsi dan kegunaan tiap tools tersebut. Jadi kita abaikan saja ini.

Oh iya ini adalah foto yang akan kita gunakan pada tahap level sulit ini :

Nah jika sudah buka aja langsung di photoshop kamu. jika ada masalah baca : Cara Mengatasi Error Saat Membuka Gambar di Photoshop

Setelah kamu buka mari kita langsung aja deh klik pada fotonya. eh jangan lupa ya pilih pentools tadi. Jika kamu ingin membuat seleksi melengkung cara nya klik tahan lalu drag ke kiri maupun ke kanan.

Ini adalah hasil seleksi saya yang memakan waktu kira-kira 10 menitan hehe

Ini hanya sebagai contoh ya ada beberapa bagian yang terlihat tidak rapi karena saya tidak sabaran orangnya hehe jadi kuncinya menggunakan tools yang satu ini harus sabar banget agar mendapatkan hasil yang lebih maksimal ibarat cari pacar cantik perjuangannya harus lebih gan hehe.

Cara Mengganti Background

Oke langsung aja deh kita ganti backgroundnya setelah berhasil menyeleksi fotonya . disini afrizatul.com langsung menggunakan foto pada level sulit aja ya karena bakal panjang banget nih artikel.

Caranya tekan CTRL + J maka akan dibuatkan layer baru yang berisi objek si cewek nya saja.

Hilangkan tanda mata pada layer background yang berada dibawahnya maka terlihat jelas kalau background awalnya akan menghilang.

Delete aja langsung layer dibawah nya karena yang kita butuhkan hanya objek ceweknya saja. Pilih pada layer backgroundnya lalu delete.

Jika sudah hanya ada 1 layer yaitu objek ceweknya sekarang mari kita berikan background. kamu bebas mencari background apa saja di Google. Namun agar terhindar hak cipta kamu harus mencarinya dengan benar. Berikut caranya : Cara Mencari Gambar NoCopyright di Google

Disini afrizatul.com hanya menggunakan warna solid (1 warna) karena lagi mager buat nyari backgroundnya hehe pemalas amat ya jangan dicontoh.

Caranya buat layer baru kemudian letakkan dibawah layer objek cewek tadi. Baca cara membuat layer.

Lalu pilih Paint Bucket Tool yang bergambar ember cat tumpah.

Kemudian Ganti warna foregroundnya sesuai keinginan kamu. Berikut Cara membuat warna yang keren di photoshop. dan jenis warna Flat design yang bisa kamu gunakan.

Setelah terpilih pastikan layer aktif pada layer baru yang kita buat tadi kemudian klik tepat pada foto.

maka hasil before afternya akan seperti ini :

Jika hasil yang kamu terapkan terdapat putih-putih sisa background di tepi objek kamu bisa merapikannya menggunakan Eraser Tool.

Cara Membuat Foto Tranparan Tanpa Background

Berikut ini adalah cara membuat foto yang tanpa menggunakan background jadi jika kamu pernah membuka foto tetapi backgroundnya kotak-kotak seperti catur dan sebenarnya tidak ada kamu bisa membuat nya dengan mudah di adobe photoshop.

Pertama seleksi dulu apa yang ingin kamu hilangkan biasanya dalam pembuatan logo yang tidak menggunakan background. kemudian save dan pilih format PNG.

Setelah itu jangan lupa Save.

Akhir Kata

Itu lah beberapa pembahasan mengenai bagaimana caranya memisahkan antara background dengan objek pada layer, menghilangkan background, serta mengganti background pada foto sesuai keinginan kita. dan juga sedikit tambahan mengenai bagaimana cara nya membuat background transparan menggunakan format PNG,

Alhamdulillah akhirnya selesai juga jangan lupa jika teman-teman terbantu dari artikel ini silahkan share dan jika ada yang bingung silahkan komentar dibawah.

Afrizatul Rizki
Lulusan Universitas Islam Riau jurusan Teknik Informatika yang hampir 24 jam melakukan kegiatan di depan komputer seperti menulis artikel teknologi di blog Afrizatul.com