Game Simulator Kereta Api PC Terbaik yang Wajib Dicoba!

Game Simulator Kereta Api Pc Terbaik Yang Wajib Dicoba!
Game Simulator Kereta Api PC Terbaik yang Wajib Dicoba!

Afrizatul – Kereta api biasanya hanya dapat dinikmati sebagai salah satu moda transportasi darat. Namun saat ini transportasi tersebut diadaptasi menjadi salah satu video game simulator PC yang akan menghibur kalian di kala sedang bosan. Game simulator kareta api PC ini memungkinkan para pemain berperan sebagai seorang masinis untuk mengoperasikan kereta api.

Dengan memainkan game simulator tersebut, tentunya para pemain akan mendapatkaan pengalaman yang berbeda dari game biasanya. Tidak hanya berperan sebagai seorang masinis saja saat memainkan game simulator ini, dimana kalian juga bisa menjadi seseorag yang mengelola manajemen untuk merancang kereta api dengan berbagai hal yang dibutuhkan.

Ini merupakan suatu tantangan, dimana kalian harus mengatur proses keberangkatan dan jugaa kedatangan kereta api menuju stasiun agar dapat berjalan tanpa hambatan. Jika tertarik ingin memainkan game simulator kereta api PC ini, kalian bisa mainkan salah satu dari banyaknya game yang akan kita sebutkan dibawah ini, sebagai berikut:

1. Train Fever

Train Fever
Train Fever

Pada awalnya, game simulator kereta api PC ini fokus pada simulasi pengangkutan penumpang dengan kereta api. Namun, seiring perkembangannya, Train Fever mengalami transformasi menjadi simulasi bisnis yang melibatkan pengangkutan barang dari industri seperti bijih besi, minyak, baja, biji-bijian, kayu, dan muatan lainnya.

Train Fever berlangsung terutama di wilayah Eropa dan daerah-daerah berkembang lainnya. Dimana para pemain memiliki kesempatan untuk membangun infrastruktur penting seperti rel, kereta api, dan stasiun. Dengan membangun dan mengelola sistem transportasi yang efisien, kalian dapat memperluas operasi menjadi perusahaan transportasi kereta api yang sukses.

Permainan ini dikembangkan oleh Urban Games dan didanai melalui platform crowdfunding Gambitious pada 20 Maret 2012, dengan anggaran total mencapai 300 ribu poundsterling. Train Fever dirilis secara digital oleh Gambitious Digital Entertainment dan tersedia juga melalui sistem ritel yang didistribusikan oleh Astragon.

2. Train Valley

Train Valley
Train Valley

Jika kalian lebih suka memainkan game ini, kalian harus membangun jaringan kereta api untuk menghubungkan setiap kota. Dimana para pemain harus memiliki kemampuan untuk merombak lingkungan dengan menghancurkan bangunan atau objek untuk membuat jalur kereta api yang efisien. Setiap level memerlukan pemain untuk merencanakan stasiun kereta api secara strategis di peta agar dapat mengatur pengiriman bahan atau barang antar stasiun.

Tujuan utama dari setiap level pada permainan ini yaitu mengirimkan setiap kereta ke tujuannya tanpa mengalami kebangkrutan. Selain itu, ada juga misi khusus yang mengharuskan pemain untuk mengikuti petunjuk tertentu seperti “jangan menghentikan kereta” atau “jangan merusak jalur kereta”.

Game simulator kereta api ini terbagi menjadi empat bab permainan yang mencakup periode waktu dari klasik hingga modern. Bab tersebut meliputi Amerika (1840–1960), Eropa (1830–1980), Jepang (1900–2020), Uni Soviet (1880–1980), dan Jerman (1880–2020).

3. Sid Meier’s Railroads!

Sid Meier's Railroads!
Sid Meier’s Railroads!

Game simulator kereta api PC yang ini berfokus pada ekonomi dan bisnis, dimana para pemain harus membangun dan mengelola infrastruktur industri menggunakan jaringan kereta api. Konsep utamanya adalah membuat jalur yang efisien untuk menghubungkan berbagai wilayah industri.

Permainan ini menawarkan dua wilayah utama, yaitu Eropa dan Amerika Serikat, masing-masing dengan keunggulan ekonomi tersendiri. Eropa fokus pada produksi anggur dan susu, sementara Amerika Serikat menghasilkan minyak dan emas. Pemain diharapkan dapat mengembangkan jalur kereta api yang menghubungkan wilayah-wilayah industri ini tanpa kendala berarti.

Selain itu, game simulator ini juga menyediakan berbagai skenario industri yang mencakup wilayah seperti Amerika Serikat Barat Daya, Prancis, Eropa Timur, Pasifik Barat Laut, Inggris, dan Jerman. Dalam skenario ini, kalian bisa mengambil peran sebagai tokoh terkenal dalam sejarah bisnis kereta api seperti Cornelius Vanderbilt dan JP Morgan.

4. Railroad Tycoon 3

Railroad Tycoon 3
Railroad Tycoon 3

Dalam game simulator kereta api PC ini terdapat lebih dari enam puluh jenis lokomotif yang berasal dari berbagai negara seperti Amerika Serikat, Jerman, Inggris, Italia, Perancis, Jepang, Polandia, Afrika Selatan, dan Rusia. Ini menjadikannya seri dengan koleksi lokomotif terbanyak dalam waralaba Railroad Tycoon.

Permainan ini mengusung konsep simulasi bisnis dan ekonomi di industri kereta api. Pada edisi sebelumnya, penghasilan didasarkan pada jarak antar stasiun untuk mengangkut muatan. Namun, dalam Railroad Tycoon 3, pendapatan ditentukan oleh perbedaan harga antara pengambilan dan pengiriman muatan.

Railroad Tycoon 3 menawarkan kampanye dengan enam belas skenario atau peta yang tersebar di lima benua. Setiap benua memiliki skenario khusus, termasuk tujuh peta di Amerika Utara, enam berada di Eropa, serta satu peta di Afrika, Asia, dan Amerika Selatan masing-masing.

5. Trainz Simulator 12

Trainz Simulator 12
Trainz Simulator 12

Permainan simulasi kereta api ini menawarkan fitur multiplayer yang memungkinkan para pemain untuk bermain bersama teman. Pemain bisa membangun stasiun dan mengoperasikan kereta api secara kolaboratif untuk menjelajahi kota dan desa yang menjadi rute perjalanan.

Selain itu, kalian juga dapat merancang trek kereta api dan pemandangan sesuai dengan keinginan. Jika menginginkan tantangan lebih, kalian bisa bermain dalam mode misi, seperti mengendalikan kereta api menuju tambang untuk memuat batubara dan mengirimkannya ke kawasan industri.

Dalam permainan ini, kalian dapat mengendalikan berbagai jenis kereta api, mulai dari kereta uap, listrik, diesel, hingga trem. Ada rute baru di seluruh dunia yang dapat dieksplorasi pemain, seperti Balezino – Mosti, Debrecen – Nyiregyhaza, ECML Kings Cross – Newcastle, Municipal Transit Railway, dan Norfolk & Western – Appalachian Coal.

6. Train Simulator 2020

Train Simulator 2020
Train Simulator 2020

Train Simulator 2020, yang diluncurkan pada tahun 2019, adalah permainan simulasi kereta api yang memungkinkan kalian untuk mengambil peran sebagai pengendara lokomotif di berbagai lokasi di seluruh dunia. Dalam permainan ini, kalian harus mengoperasikan kereta api dengan berbagai jenis tenaga, termasuk diesel, listrik, dan uap, serta mengatur pengangkutan penumpang dan barang agar sampai tujuan tepat waktu.

Permainan ini menawarkan berbagai rute baru yang dapat dieksplorasi, seperti Nuremberg dan Regensburg Bahn di Jerman, dengan berbagai tipe kereta seperti DB BR 440, 442, dan 185. Di rute South Western Main Line: Southampton – Bournemouth, kalian akan mengontrol kereta British Rail Class 444 dan 450.

Untuk rute Norfolk Southern N-Line, kalian bisa menggunakan kereta NS Electro-Motive, termasuk EMD GP38-2s dan NS EMD GP40-2. Train Simulator 2020 juga dilengkapi dengan peningkatan grafis untuk memberikan tampilan yang lebih realistis, serta fitur untuk mengambil foto dalam permainan, sehingga memperkaya pengalaman simulasi yang ditawarkan kepada pemain.

7. Microsoft Train Simulator

Microsoft Train Simulator
Microsoft Train Simulator

Microsoft Train Simulator adalah game simulator kereta api PC terakhir yang akan kita jelaskan. Dimana game tersebut untuk Microsoft Windows yang dirilis pada Mei 2001 dan dikembangkan oleh Kuju Entertainment. Pada tahun 2005, permainan ini berhasil terjual sebanyak satu juta unit di seluruh dunia.

Dalam permainan ini, kalian akan mengendalikan kereta api di berbagai rute yang tersebar di Amerika Serikat, Eropa, dan juga Asia. Kalian akan diminta untuk mengoperasikan dan mengkombinasikan setiap gerbong kereta api menggunakan keyboard dan mouse. Untuk pengalaman yang lebih menarik, kalian juga dapat menggunakan perangkat RailDriver untuk mengendalikan kereta api dalam permainan ini.

Microsoft Train Simulator menyediakan enam rute utama yang meliputi jalur kereta api Arlberg di Austria, Odakyu Odawara di Tokyo, Settle-Carlisle di Britania Raya, Koridor Timur Laut di Philadelphia-Washington, Jalur Hisatsu di Kyushu, dan Rute Puncak Marias di Amerika Serikat.

Akhir Kata

Itulah tujuh game simulator kereta api PC terbaik yang wajib dicoba untuk dimainkan. Selamat bermain semoga cocok dengan game-game yang kalian inginkan untuk mengisi waktu luang agar tidak bosan.