Game Beternak dan Berkebun yang Paling Seru untuk Dicoba

Game Beternak Dan Berkebun Yang Paling Seru Untuk Dicoba
Game Beternak dan Berkebun yang Paling Seru untuk Dicoba

Afrizatul – Kali ini kita akan membahas tentang game beternak dan berkebun untuk menemani hari libur kalian yang membosankan. Dalam permainan ini, kalian dapat menemukan hal-hal yang cukup menarik dan bisa kalian pelajari. Sebaiknya kalian simak artikel ini hingga selesai, dengan begitu kalian akan tahu game apa saja yang dapat dimainkan.

Beternak dan berkebun merupakan salah satu kegiatan yang bisa dilakukan untuk meredakan stres dari kesibukan kehidupan perkotaan. Dengan beternak dan berkebun, kita bisa menikmati ketenangan dan kedekatan dengan alam. Oleh karena itu, terdapat banyak game simulasi yang bertema peternakan dan juga perkebunan yang dapat dengan mudah kita temukan.

Lalu, apa saja game beternak dan berkebun yang paling seru untuk dicoba? Tentu ada banyak sekali game yang akan kita rekomendasikan dibawah ini. Jika ingin tahu, maka kalian harus mengulas artikel ini sampai akhir, dengan begitu bisa langsung unduh permainannya dan mainkan saat itu juga. Berikut ini game yang dimaksudkan:

1. Farming Simulator 19

Farming Simulator 19
Farming Simulator 19

Bagi kalian yang ingin merasakan pengalaman bercocok tanam seperi di dunia nyata, Farming Simulator 19 adalah pilihan yang tepat. Dengan gameplay dan grafis yang realistis, game ini akan membuat kalian seolah-olah sedang benar-benar berada di ladang. Farming Simulator 19, sesuai dengan namanya, adalah sebuah game simulasi bertani. Jadi, jangan heran jika semua aspeknya dirancang menyerupai kegiatan bertani yang sebenarnya.

Pada awal permainan, kalian bisa memilih dari tiga jenis mode dengan tingkat kesulitan yang berbeda-beda. Mode termudah adalah “New Farmer,” dimana kalian akan langsung mendapatkan ladang dan peralatan sehingga bisa langsung mulai bertani.

Mode kedua, “Farm Manager,” memiliki tingkat kesulitan sedang dan hanya menyediakan sejumlah uang tanpa bangunan dan peralatan. Kalian bebas menentukan sendiri lahan yang akan dikelola. Kemudian, ada mode “Start from scratch,” yang merupakan mode paling realistis. Dalam mode ini, kalia hanya memiliki sedikit pendanaan dan benar-benar harus memulai dari nol.

2. Hay Day

Hay Day
Hay Day

Jika ditanya tentang game berkebun dan berternak yang paling populer di Android dan iOS, banyak yang pasti akan menyebutkan Hay Day. Game buatan Supercell ini menawarkan hampir semua elemen yang diharapkan dari sebuah game bertani. Namun, karena game ini mengikuti standar umum dari game mobile, kalian tidak bisa mengontrol gerakan karakter secara langsung dan hanya bisa bermain dengan melakukan tap-tap pada layar.

Dalam game ini, kalian akan berperan sebagai seorang petani dengan misi yang berulang-ulang yaitu memenuhi permintaan dari warga desa, truk, atau kapal. Misi-misi ini akan memberikan pengalaman yang dapat meningkatkan levelmu dan membuka fitur-fitur baru.

Desain visual Hay Day mungkin tidak terlalu unik, tetapi tetap menghadirkan nuansa karakter kartun yang sedikit aneh dan menyenangkan. Selain itu, game ini juga sangat mengoptimalkan penggunaan layar sentuh untuk memberikan pengalaman bermain yang memuaskan.

3. Harvest Moon Back to Nature

Harvest Moon Back To Nature
Harvest Moon Back to Nature

Meskipun termasuk dalam kategori game klasik (dirilis pada tahun 1999 untuk konsol PlayStation 1), Harvest Moon: Back to Nature adalah salah satu game bertema beternak dan berkebun yang legendaris dengan elemen permainan yang autentik. Bahkan dengan standar game masa kini, Harvest Moon: Back to Nature masih mampu menawarkan pengalaman bercocok tanam yang tidak kalah seru dengan game-game terbaru.

Terdapat dua versi yang dirilis, tergantung pilihan karakter pemain, baik laki-laki maupun perempuan. Dari segi cerita, kalian akan kembali ke ladang kakek yang terlantar. Misi kaliaan adalah berteman dengan para warga desa dan memulihkan kondisi perkebunan dalam kurun waktu tiga tahun.

Jika setelah tiga tahun kamu tidak berhasil menarik hati warga dan membiarkan perkebunan kalian berantakan, kalian akan diusir dari desa. Terdengar kejam, namun itulah konsekuensinya jika kalian tidak rajin merawat ladang yang dimiliki.

4. Farm for Your Life

Farm For Your Life
Farm for Your Life

Jika kalian mencari pengalaman bermain game berternak dan berkebun dengan tambahan elemen twist, mungkin Farm for Your Life bisa menjadi pilihan menarik. Selain bertani untuk mencari keuntungan, kalian juga harus bertahan hidup dari serangan zombie.

Dalam game ini yang memiliki genre multi-genre, kalian tidak hanya mengembangkan ladang dan beternak hewan, tapi juga menghadapi tantangan tower defense. Hasil panen dari ladang kalian bisa diolah di restoran yang kamu kelola, menjadi sumber makanan bagi survivor lainnya. Ini merupakan tanggung jawab yang berat namun mulia.

Namun, jika kalian lebih suka suasana tanpa ketegangan, terdapat mode damai (peaceful mode) dimana kalian bisa bermain sebagai petani tanpa adanya ancaman zombie pada malam hari.

5. Stardew Valley

Stardew Valley
Stardew Valley

Stardew Valley adalah salah satu game bertema pertanian dan peternakan terbaik yang tersedia di Windows, Android, dan Nintendo Switch. Dimana game tersebut menampilkan grafis bergaya retro dan pertama kali dirilis pada tahun 2016 untuk platform PC.

Kisah dalam game ini dimulai dengan kalian berperan sebagai seorang pegawai kantoran di sebuah perusahaan besar. Rutinitas kantor yang monoton membuat kalian merasa bosan. Suatu hari, kalian akan teringat surat peninggalan kakek yang tersimpan di laci meja. Sebelum meninggal, kakek kalian berpesan agar surat tersebut hanya dibuka ketika kamu merasa jenuh dengan kehidupan kota.

Saat kalian membuka surat itu, kalian mengetahui bahwa kakek juga pernah merasakan kebosanan yang sama dan memutuskan untuk tinggal di desa demi menikmati hidupnya. Di dalam amplop tersebut, terdapat sertifikat rumah di desa tempat kakek kalian dulu tinggal. Sekarang, giliran kalian untuk melanjutkan perjuangan kakek, menghidupkan kembali ladang yang kini gersang dan mengembalikannya ke masa kejayaannya.

6. My Time at Portia

My Time At Portia
My Time at Portia

Ada satu lagi game bertema peternakan dan perkebunan dengan konsep dan grafis yang unik, yaitu My Time at Portia. Apa yang membuatnya unik? Salah satu faktor utamanya adalah setting yang berbeda dari game serupa. Dalam game ini, kalian akan berperan sebagai seorang tukang pahat yang dapat membuat berbagai jenis produk. Meskipun begitu, game yang dirilis pada awal tahun 2019 ini juga memungkinkan para pemain untuk bercocok tanam.

Cerita dalam game ini berlatar belakang dunia post-apocalypse, dimana seorang anak muda harus menggantikan almarhum ayahnya untuk mengembangkan workshop di kota Portia.

Game ini menggunakan sudut pandang orang ketiga (third-person perspective atau TPS), yang memberikan pengalaman bermain yang unik. Hal ini berbeda dengan mayoritas game bertema peternakan dan perkebunan yang biasanya menggunakan sudut pandang dari atas (top-down perspective).

Akhir Kata

Rekomendasi tujuh game beternak dan berkebun sudah kita bagikan diatas. Sekarang kalian dapat mengunduhnya melalui toko aplikasi yang tersedia. Semua game tersebut bisa kalian mainkan kapan pun saat ingin mendapatkan hiburan yang santai dan tidak membosankan. Selamat bermain!