Cara Cepat Menggabungkan Layer di Photoshop

Cara Menggabungkan Layer di Photoshop

Layer merupakan sebuah lapisan untuk tempat kita bekerja dalam kegiatan editing yang ada pada software adobe photoshop. Yang berfungsi untuk memisahkan setiap objek yang ingin kita buat.

Oleh karena itu, kita butuh untuk memanagement layer secara baik agar aktivitas editing menjadi lebih terstruktur rapi sehingga memudahkan pekerjaan ketika ingin merubahnya kembali dikemudian hari.

Namun, ada kalanya kita memerlukan penggabungan atau menyatukan beberapa layer di photoshop seperti ketika ingin memperkecil jumlah pada layer yang sudah sangat banyak karena merupakan objek yang sama, ataupun membuat penggabungan layer terakhir yang merupakan hasil akhir dari proyek editing kita.

Cara Menggabungkan Layer di Photoshop

Photoshop versi berapa yang bisa digunakan? cs atau cc?

Apapun versi photoshop yang kamu gunakan semua sama saja. Photoshop Portable, Full version, CC, Cs semua nya mempunyai layer. Perbedaannya mungkin di photoshop versi lama belum mempunyai shorcut.

Apa itu shorcut ? Shorcut itu cara mempercepat kegiatan kita dalam melakukan apapun di komputer menggunakan perintah pada keyboard, Untuk lebih jelasnya contoh shorcut seperti CTRL + A, CTRL + U, Windows + R. Semuanya merupakan shorcut.

Untuk menggabungkan beberapa layer ada beberapa cara yang bisa kamu coba.

Pertama, Silahkan buka photoshop teman-teman seperti biasanya..

Setelah itu buat lembar kerja baru caranya klik File lalu New. Kemudian beri ukuran sesuai kebutuhan kamu.

Jika teman-teman menggunakan gambar dan mengalami eror mungkin panduan berikut ini dapat membantu : Cara Mengatasi Error Saat Membuka Gambar di Photoshop

Setelah itu kamu bisa melihat pada pojok kanan bawah terdapat 1 layer yang bernama background.

Nah sekarang kita sudah punya 1 layer. kemudian coba kita buat 3 layer baru sebagai contoh.

Cara Membuat Layer

Cara nya kamu bisa menggunakan shorcut. Penjelasan apa itu shorcut sudah saya bahas di atas. Tekan CTRL + Shift + N. maka akan muncul seperti ini

Pada New layer kamu bisa mengisikan mulai dari nama layer (seperti layer kita yang pertama “background”), warna layer, mode layer, dan opacity nya. Setelah itu klik OK atau Enter.

Maka akan terbuat layer baru yang bernama Layer 1 yang telah kita buat tadi.

Bagaimana cara membuat layer tanpa menggunakan shorcut? Kamu bisa memilih logo kertas yang ada dibawah layers.

Dan sekarang layer kita menjadi 3 yang terdiri dari layer dengan nama background,layer 1, dan layer 2.

Layer yang telah kita buat tadi adalah jika kita ingin membuat layer baru.

Cara Menduplikat Layer

Mari kita coba. klik pada layer background kemudian gunakan shorcut CTRL + J, atau kamu bisa klik kanan lalu pilih duplicate layer.

Dan sekarang layer kita menjadi 4 yang terdiri dari layer1,layer2 hasil layer baru, layer background yang merupakan layer asli dari setelah kita membuat lembaran baru, kemudian layer background copy hasil dari duplikat layer.

Cara Menggabungkan Layer

Sekarang kita akan ke pokok topik bahasan kita kali ini yaitu cara menggabungkan layer ataupun beberapa layer pada photoshop.

Kita sudah mempunyai 4 layer. disini saya ingin menggabungkan layer 1 dan layer 2. bagaimana caranya?

Berikut Cara Memblok Beberapa Layer.

Blok layer 1 dan layer 2 dengan cara menekan pada layer 1 lalu tahan CTRL kemudian sambil menahan CTRL tekan layer 2.

Maka layer 1 dan layer 2 akan terblok seperti ini

Setelah itu kita tekan CTRL + SHIFT + E, maka yang terjadi adalah kedua layer tersebut menjadi 1 dan yang menentukan nama layernya adalah layer yang paling terakhir alias yang teratas.

Kita sudah berhasil menggabungkan layer 1 dan layer 2. Untuk menggabungkan layer nya tanpa menggunakan shorcut kita bisa klik kanan pada layer yang ingin di gabungkan lalu pilih Merge down.

Maka layer yang kita pilih akan termerge alias menyatu dengan layer dibawahnya.

Cara Menggabungkan Semua Layer dan Menghasilkan Layer Akhir

Sekarang kita akan menggabungkan semua layer jika semua kegiatan editing kita sudah siap dan membuat layer nya tanpa mengganggu layer sebelumnya.

Caranya adalah blok semua layer dengan cara tahan CTRL lalu pilih layer yang ingin digabungkan.

Setelah semua layer terblok tekan shorcut CTRL + SHIFT + ALT + E.

Saya memberi warna ungu pada layer 1 agar lebih terlihat perubahannya.

Untuk merubah warna dengan kode pada photoshop silahkan baca panduan berikut : Cara Mengganti Warna Dengan Kode di Photoshop.

atau jika kamu ingin mencoba beberapa pilihan warna flat sehingga lebih menarik dan keren baca panduan : 5 Situs Warna Flat Design Terbaik

maka layer hasil dari semua layer akan terbuat tanpa menghapus layar sebelumnya.

Jika ingin menggabungkan semua layer tanpa membuat layer baru kamu bisa memblok semua layer yang ada kemudian tekan CTRL + E. nanti hasil nya akan seperti ini.

Cara Menghapus Layer

Cara ini sengaja saya taruh paling akhir karena mungkin teman-teman semua sudah tau bagaimana cara menghapus layer di photoshop.

Ya benar caranya kamu bisa memilih layer yang ingin dihapus kemudian tekan Delete pada keyboard kamu atau mengklik kanan lalu memilih delete layer.

Akhir Kata

Itu lah pembahasan tentang layer di photoshop yang telah kita pelajari bersama mulai dari cara membuat layer, memblok layer, menggabungkan layer, hingga menghapus layer yang ada pada photoshop versi berapapun. Jangan lupa bagikan artikel ini ke teman-teman kamu jika bermanfaat ya. Jika ada yang kurang paham bisa bertanya melalui kolom komentar dibawah.

Bayu Afrizatul Rizki
Lulusan Universitas Islam Riau jurusan Teknik Informatika yang hampir 24 jam melakukan kegiatan di depan komputer seperti menulis artikel teknologi di blog Afrizatul.com