FARMAKOGNOSI : Penjelasan tentang Biosintesis Poliketida

Yo. Readers..

Assalamualaikum.. Bagaimana kabarnya hari ini? semoga sehat selalu..

Kali ini, saya akan menjelaskan sub materi lain di farmakognosi, mengenai poliketida. Semoga Readers semua dapat memahami dengan baik dan terbantu oleh artikel ini, ya.. Enjoy!

Poliketida

Poliketida, berasal dari kata poli yang berarti banyak. Dan ketida yang menunjukkan terdapatnya golongan ketida, misalnya CH2COOH.

Poliketida merupakan senyawa yang jalur biosintesisnya melalui jalur asetat malonat tanpa mengalami proses reduksi pada gugus keton.

Senyawa poliketida ini secara umum memiliki struktur CH3 (CH2CO)nCOOH yang mempunyai sebutan ketida atau poli beta keto.

Biosintesis poliketida

Kondensasi claisen

Kondensasi claisen ini merupakan suatu reaksi pembentukan ikatan karbon – karbon yang terjadi antara dua ester atau suatu ester dengan senyawa karbonil lainnya dengan kehadiran basa kuat akan menghasilkan suatu beta keto ester atau beta diketon.

  • Tetrasiklin

Tetrasiklin merupakan kelompok golongan antibiotik oral dengan aktivitas broad spektrum yang di hasilkan spesies streptomyces.

  • Doxorubisin

Doxorubicin atau adriamisin adalah suatu obat yang di hasilkan oleh streptomyces peucetius var caesius.

Di gunakan untuk mengobati penyakit leukimia akut, limfoma dan berbagai jenis tumor padat. Di berikan melalui suntikan intravena dan sebagian besar di eksresi melalui empedu.

  • Makrolida

Contohnya eritromisin. Merupakan obat antibiotik dengan spektrum sempit terutama terhadap mikroorganisme gram positif.

Spektrum antibakterinya menyerupai penisilin, aktiv terhadap bakteri gram positiv sehingga biasa di gunakan sebagai alternatif bagi pasien yang alergi terhadap penisilin.

Obat ini di hasilkan oleh saccharopolyspora erythrarea

  • Azytromisin

Adalah antibiotik yang semi sintesis dari eritromisin. Merupakan obat yang di jadikan pilihan untuk bakteri gram positif yang telah resisten terhadap eritromisin.

  • Avermektin

Avermektin adalah obat kelompok makrolida yang di pakai sebagai pengobatan anti cacing, anti insektisida, dan acaricidal kuat. Namun memiliki tingkat toksisitas pada manusia dan hewan meski dengan tingkatan rendah.

Obat ini di dapat dari streptomyces avermectilis.

Avermektin ini memiliki bentuk semi sintetiknya, yaitu ivermektin. Dan pertama kali di gunakan di dunia kedokteran untuk praktek terhadap serangga, kutu, tungau dan cacing gelang. Namun tak aktiv ketika melawan cacing pita dan cacing pipih. Atau terhadap bakteri dan jamur pun obat ini tidak efektif.

  • Tacrolimus

Tacrolimus ini adalah suatu immunosupresan makrolida. Di isolasi dari streptomyces tsukubaenis.

Biasanya di gunakan pada pasien-pasien yang melakukan transplantasi hati dan ginjal. Efek samping yang di timbulkan adalah neurotoksisitas dan nefrotoksisitas atau toksik terhadap urat dan ginjal.

Poliena

Antifungi poliena merupakan kelompok lakton makrosiklik dengan memiliki cincin yang beranggota C 26-36. Yang termasuk di dalamnya adalah amfoterisin B heptaene, dan nistatin tetraene.

Poliena ini tak memiliki aktivitas anti bakteri, namun memiliki aktivitas terhadap anti fungi atau anti jamur.

Komponen utama nistatin adalah nistatin A1.

Nistatin ini terlalu beresiko, terlalu beracun jika penggunaannya melalui infus. Namun nistatin dapat di gunakan dan lebih baik kerjanya jika di gunakan perawatan melalui oral kandidiasis usus dan juga di gunakan sebagai krim untuk pengobatan topikal terhadap spesies candida.

Mevastin

Yang memproduksi mevastin adalah penicillinum citrinum dan P brevicompactum. Bekerja dengan cara menurunkan biosintesis sterol pada kultur sel mamalia dan hewan. Dapat mengurangi kolestrol total dan LDL yang merupakan kolestrol jahat.

Obat lovastatin yang sebelumnya bernama mevinolin atau monacolin K adalah obat yang dihasilkan oleh monacsus ruber dan aspergillus terreus. Jenis lovastatin ini sedikit lebih aktif daripada mevastatin.

Bentuk dari hidrolisis dan re – diesterifikasi lovastatin menghasilkan bentuk yang lain, yaitu simvastatin. Sedangkan penyiapan dari mevastatin adalah pravastatin melalui hidroksilali mikro biologi menggunakan streptomyces carbophylus dan akibatnya adalah menjadi lebih hidrofilik di bandingkan dengan obat lain. Memiliki aktivitas yang mirip lovastatin.

Kategori Farmasi

Tinggalkan komentar