Emulator Android Untuk Linux

7 Emulator Android Terbaik Untuk Linux – Halo teman-teman semua. Apa kabar kalian? semoga baik-baik aja ya. Ketemu lagi bersama mimin ganteng nih di blog afrizatul.com seri tutorial linux. Pastinya kamu ke postingan ini pengguna sistem operasi linux bukan?

Sistem operasi linux ini memang banyak peminatnya walaupun tidak sebanyak windows. Karena rata-rata penggemar linux suka dengan tampilan yang berbasis CLI atau Command Line Interfaces dibandingkan GUI miliknya windows.

Apalagi sistem operasi linux memiliki lisensi Open Sources yang mana kita bebas untuk mengubah maupun mengembangkannya. Maka tak heran dari kita, pengguna linux menggunakan sistem operasi ini untuk kepentingan hacking atau sejenisnya.

Nah bicara tentang hacking saat ini tidak hanya bisa dilakukan di desktop pada komputer / PC saja melainkan juga bisa dilakukan pada mobile khususnya android. Oleh karena itu, kita membutuhkan sebuah emulator yang bisa kita jalankan di linux. Bukan itu saja, dengan emulator android ini kita juga bisa melakukan aktivitas layaknya pada smartphone android aslinya.

Jadi buat kamu yang butuh emulator android, berikut ini mimin udah nyiapin beberapa daftar rekomendasi emulator android untuk linux yang ringan dan juga bisa digunakan pada distro linux lainnya seperti kali linux, ubuntu, debian dan lainnya.

Dari pada lama-lama lagi. Yuk disimak daftar emulator android untuk kamu pengguna linux dibawah ini :

7 Emulator Android Ringan Terbaik Untuk Linux

Untuk daftar dibawah ini merupakan emulator android linux yang telah mimin update pada tahun 2019 ini. Jadi, bagi kamu yang pertama kali mendengarnya boleh dicoba nih..

1. Anbox

Anbox merupakan salah satu emulator android terbaik untuk linux yang memang dibuat khusus untuk kamu para pengguna linux yang ingin memasang dan menggunakan platform android di linux kamu. Emulator dengan tampilan yang keren ini juga bisa kamu gunakan untuk bermain game seperti smartphone pada umumnya.

android emulator linux debian

Emulator Android Anbox ini juga tidak terlalu menguras kinerja laptop atau komputer kamu jadi dipastikan sangat ringan saat digunakan. Anbox juga sudah mengintegrasi sistem android ke linux kamu saat dipasang. Sehingga akan lebih optimal jika kamu menggunakannya sekalipun dengan berbagai aplikasi yang telah kamu install di androidnya.

Keunggulan lainnya dari emulator android ini kamu juga akan diberikan beberapa pilihan versi android, mulai dari versi android yang rendah hingga versi tertinggi sesuai yang ingin kamu gunakan saat pertama kali menginstallnya.

Download : Anbox

2.Toples Beans

Toples Beans merupakan emulator android untuk linux yang sebenarnya dibuat untuk para pengguna windows. Tetapi pada rilisan terbarunya. Toples of Beans juga sudah support untuk digunakan di sistem operasi linux yang bisa kita gunakan dengan Wine.

android emulator linux for game

Dengan emulator topless beans ini kamu juga bisa menginstall aplikasi Google Play Store dan menginstall aplikasi-aplikasi lain di dalamnya. Tidak hanya itu, kamu juga bisa menggunakan kartu SD seperti memori di smartphone android pada umumnya.

Kelebihan lainnya dari emulator ini kamu juga bisa mengubah resolusi nya dari mode tablet ke mode tampilan android bisa. Kemudian, kamu juga bisa menikmati fitur multi user yang mana kamu dapat menyimpan settingan setiap user yang berbeda.

Downlaod : Toples Beans

3.Android-x86

Android-x86 merupakan salah satu emulator android terbaik untuk linux khususnya pada distro Ubuntu. Dengan emulator ini kamu dapat menjalankan android di komputer kamu secara langsung. Emulator yang bersifat open sources buatan Android Devs ini bisa kamu modifikasi dan kembangkan lagi sesuai kreatifitas kamu. Parahnya lagi, Kamu bisa menggunakan aplikasi dan bermain game di emulator ini tanpa koneksi internet sedikitpun.

android emulator linux for game

Untuk menjalankannya kamu perlu sebuah mesin virtual seperti virtual box yang bisa kamu download disini. Kemudian install di komputer kamu yang memiliki sistem operasi linux. Setelah diinstall jalankan virtual boxnya seperti biasa kemudian import file ISO dari android-x86 yang bisa kamu download secara gratis disini.

Download : Android-x86

4.Genymotion

Genymotion ini merupakan emulator android terbaik untuk linux yang tidak kita ragukan lagi. Bahkan mungkin kamu juga pernah menggunakannya. Emulator yang memiliki fitur lengkap ini memungkinkan kamu untuk menjalankan sistem operasi android tidak hanya di desktop saja melainkan juga bisa di cloud. Emulator Genymotion ini juga memberikan kamu ratusan konfigurasi yang bisa kamu sesuaikan.

emulator android linux download

Kamu juga bisa menggunakan berbagai aplikasi, kartu memori penyimpanan, dan fitur-fitur lainnya dari Genymotion. Untuk cara penggunaannya juga cukup mudah bahkan untuk pengguna yang baru pertama kali menginstall emulator ini.

Download : Genymotion

5.Shashlik

Shashlik merupakan emulator android yang sangat mudah digunakan. Untuk menginstall dan menjalankannya kamu tidak memerlukan aplikasi tambahan seperti Mesin Virtual di sistem operasi linux. Emulator ini berjalan menggunakan basis android yang sangat ringan. Jadi, tak heran jika dibandingkan kinerja nya dengan emulator yang telah mimin sebutkan diatas tadi. Emulator shashlik ini juaranya.

emulator android linux free

Walaupun pada saat ini shashilk masih versi beta atau masih dalam tahap pengembangan yang tentunya terdapat bug yang tidak terlalu signifikan, Shashlik sudah lebih dari cukup untuk digunakan sebagai Emulator android di linux. Dengan Shashlik ini kamu juga bisa menginstall aplikasi di android seperti aplikasi game dan aplikasi editor yang ada pada google playstore.

Download : Shashlik

6.ARChon

ARChon merupakan salah satu emulator android terbaik untuk linux yang memiliki tampilan dan fitur yang beragam serta unik. ARChon sendiri tidak mengharuskan kamu untuk menginstall aplikasi mesin virtual seperti virtual box yang ada pada emulator-emulator sebelumnya. Kamu cukup menggunakan runtime yang kuat untuk browser google chrome kamu.

emulator android linux manjaro

ARChon sendiri sudah sangat banyak support aplikasi dan game-game android. Cara menggunakannya juga cukup mudah. Setelah install ARChon Runtime di google chrome, kemudian kamu buka google chrome nya lalu pada address bar atau URL kamu ketikan “chrome: // apps” kemudian enter. Lalu kamu harus memberikan sedikit konfigurasi pengaturan yang bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan kamu. ARChon juga sudah support dengan NodeJS lho.. keren bukan ?

Download : ARChon

7. Android SDK

Nah yang terkahir ada yang namanya emulator android sdk untuk linux. Menurut mimin sendiri emulator ini merupakan emulator android terbaik yang bisa kamu gunakan di linux. Karena android sdk sendiri sudah didukung sendiri oleh Google dan memiliki dokumentasi lengkap sehingga kamu akan lebih mudah untuk menggunakannya. Emulator Android SDK juga sering kali digunakan oleh para programmer atau para developer aplikasi android sebagai tempat untuk pengujian dan menjalankan aplikasi android yang mereka buat, terutama aplikasi game.

emulator android linux manjaro

Jadi buat kamu yang mencari emulator resmi dan lengkap emulator ini salah satu rekomendasi terbaik dari mimin. Oh iya, mungkin jika kamu pernah membuat aplikasi android aumented reality (AR) seperti ARCore nah kamu juga bisa memanfaatkan emulator yang satu ini nih. Silahkan baca di dokumentasinya, disana sudah lengkap dan bahasanya juga mudah dipahami.

Download : Android SDK

Nah itulah 7 emulator android terbaik untuk linux yang bisa kamu jadikan pertimbangan untuk menginstall salah satu nya di komputer kamu. Jika kamu memiliki rekomendasi lain atau pernah mencoba yang belum ada pada daftar yang mimin sebutkan diatas, boleh dong sharing sama teman-teman disini. Semoga bermanfaat.

Kategori Linux

Tinggalkan komentar