Contoh Soal Skala dan Perbandingan Bertingkat Beserta Jawabannya

Contoh Soal Skala – Skala merupakan perbandingan yang selalu digunakan dalam mengukur jarak sebenarnya, jarak pada peta atau jarak pada gambar. Skala ini memiliki bobot yang berbeda sesuai dengan kategori. Skala tidak hanya tentang mengukur jarak. Tetapi skala juga membahas tentang perbandingan seperti skala rasio, skala interval dan skala lainnya.

Rumus skala sendiri sangat mudah dipahami. Kita bisa mengingatnya dan jika kita lupa, kamu bisa menggunakan pohon skala yang biasa digunakan pada umumnya. Hal yang harus kamu perhatikan adalah kamu harus mengingat singkatan yang terdapat pada skala, Nah buat kamu yang masih bingung bagaimana cara menghitung skala berikut ini saya akan contoh soal mencari skala beserta jawabannya yang akan kita bahas lebih dalam.

rumus skala pada peta

Hal yang paling wajib kita ketahui pertama kali yaitu rumus untuk mencari skala baik itu skala dari peta, denah, gambar dan sebagainya. Rumus menghitung skala adalah :

SKALA = JP/JS

JP = S X JS

JS = JP / S

Tidak hanya mengingat singkatan skala dan rumus pada bagian masing-masing skala, tetapi kamu juga harus tau setiap satuan yang digunakan pada bagian skala. Agar kamu mudah memahami skala, kamu bisa mencoba contoh soal skala yang ada di bawah ini !

Baca juga : Contoh Soal Dan Pembahasan Volume Dan Luas Pemukaan Kubus

Contoh Soal dan Pembahasan Skala

1.Sebuah pohon di gambar dengan skala 1: 30. Jika tinggi pohon pada gambar 20 cm, maka tinggi pohon sebenarnya adalah …. (meter)

Jawaban  :

Diketahui : JP = 20cm

                    S  = 1 : 30

Ditanya   : JS ….?

Penyelesaian : JS = JP/S = 20 / 1 : 30

          Cara 1 = 20 X 30 = 600 cm = 6 m

          Cara 2 = 20 x 30/1 = 600 cm = 6 m

Penjelasan : Rumus Js sendiri adalah JP/S atau bisa juga disebut dengan JP dibagi dengan S. Nah jika kasus soalnya seperti ini kamu bisa menggunakan cara 1 yaitu dengan mengkalikan langsung atau menggunakan cara 2 dengan menggunakan perkalian pecahan.

2. Jarak kota A dan kota B pada denah adalah 8 cm. Jarak kedua tersebut adalah 20.000 m. Skala denah tersebut adalah ….

Jawaban :

Diketahui : Js = 20.000 m = 2.000.000 cm

            Jp = 8 cm

Ditanya   : Skala …?

Penyelesaian : S = JP/JS=  (8:8) / (2.000.000 : 8)=  1/250.000

Jadi skalanya adalah 1 : 250.000

Penjelasan : Rumus Skala = JP/JS atau bisa disebut JP:JS. Pengerjaan pertama yaitu menggantikan satuan pada jarak sesungguhnya menjadi cm. Apapun kasus soalnya jika yang ditanya adalah Skala maka kita harus menggantikan satuan yang terdapat di jp dan js menjadi cm. Selanjutnya melakukan pembagian, Agar memudahkan pembagian maka sama-sama dibagi 8 maka hasilnya yaitu 1 : 250.000.

3. Diketahui jarak dua kota adalah 300 km. Tentukan jarak kedua kota pada gambar dengan skala 1 : 2.000.000!

Jawaban :

Diketahui : S = 1 : 2.000.000

           Js = 300 km = 30.000.000 cm

Ditanya : JP …?

Penyelesaian : JP = S x Js = 1/2.000.000 x 30.000.000 = 15 cm.

Penjelasan : Rumus JP = Skala x Jarak sebenarnya. Nah satuan pada JP yaitu cm maka kita harus menggantikan satuan yang terdapat pada Js dari Km ke cm. Hal ini akan memudahkan kita dalam melakukan perkalian pecahan. Selanjutnya kamu coret 0 yang ada di 2.000.000 sebanyak 6x dan begitu juga mencoret di 30.000.000 sebanyak 6x. Maka sisanya tinggal 30 : 2 = 15 cm.

Mudah bukan mengerjakan mengenai soal skala ? Seperti yang sudah dijelaskan tadi didalam Skala hanya terdapat 3 Bagian yaitu JP, JS dan S. Hal yang terpenting dalam mengerjakan skala yaitu dengan menghapal rumus dari setiap masing-masing bagian dan juga selalu memperhatikan satuan -satuan yang terdapat dalam soal, baik itu satuan dalam skala (S), jarak pada peta (Js) dan jarak sebenarnya (Js). Untuk kamu pemula dalam mengerjakan soal-soal mengenai skala maka ada baiknya kamu menggunakan Diketahui, ditanya dan penyelesaian. Hal ini akan membuat kamu terbiasa dalam pengerjaan matematika dan kamu lebih paham, mana yang termasuk dalam JP, Js atau skala.

Jika kamu belum paham dengan penjelasan saya diatas, maka kamu bisa melihat pada gambar dibawah ini untuk lebih memahami cara pengerjaan pada skala ini. Nah kamu juga bisa mengikuti dan mengerjakan soal-soal latihan skala pada artikel selanjutnya.

contoh soal skala mencari jarak pada peta

Baca juga : Contoh Soal Dan Jawaban Pengukuran Panjang Dan Pengukuran Berat

Contoh Soal dan Pembahasan Perbandingan Bertingkat

1. Perbandingan uang Beni dan uang Rita 2 : 3, sedangkan perbandingan uang Rita dan uang Susi 4 : 5. Jika jumlah uang mereka Rp 140.000,

  1. Maka tentukan Uang mereka masing-masing
  2. Selisih uang Susi dan Rita

Jawaban : Kita singkat saja setiap nama-nama untuk perbandingan seperti Beni = B, Rita = R dan Susi = S. Untuk menentukan masing-masing uang mereka, maka kita buat perbandingan seperti dibawah ini :

contoh soal perbandingan bertingkat matematika smp kelas 9

2. Perbandingan uang A dan B adalah 5 : 3. Jika jumlah uang mereka berdua adalah Rp 240.000, maka tentukanlah :

  1. Jumlah uang mereka masing-masing.
  2. Selisih uang A dan  B.

Jawabannya :

1. Jumlahkan terlebih dahulu perbandingan antara uang A dan B : 5 + 3 = 8

  • Uang A = 5/8 x 240.000 = 150.000
  • Uang B = 3/8 x 240.000 = 90.000

2. Selisih uang A dan B adalah = 150.000 – 90.000 = 60.0000

Dari Contoh soal diatas, tentukan kamu sudah memahami bagaimana menyelesaikan contoh soal yang kasusnya perbandingan. Pada contoh soal A memiliki perbandingan 1 : 3 sedangkan pada contoh soal B memiliki perbandingan 1 : 2 . Cara pengerjaan nya sama saja hanya saja letak menjumlah perbandingannya saja yang berbeda. Ayok perbanyak latihan !!!

Baca juga : Contoh Soal Dan Jawaban Bangun Datar SD Kelas 4

Demikianlah penjelasan mengenai skala yang juga berhubungan dengan perbandingan. Skala dan perbandingan termasuk dari bagian statistika yang harus kita pelajari. Untuk kamu yang masih belum memahami cara pengerjaan skala, kamu bisa berlatih dengan soal – soal yang berbeda mengenai skala dan perbandingan. Semoga ilmu skala ini bermanfaat bagi teman-teman contohnya saja menghitung berapa skala dari peta sekalian.

Tinggalkan komentar