Contoh Soal Pernyataan

Pasti kamu sudah pernah menyelesaikan tugas dan soal-soal mengenai pernyataan, pertanyaan, opini dan pendapat. Ada yang mengalami kesulitan dan ada juga yang mudah menurut pendapat kita masing-masing. Disini saya akan sedikit membahas tentang contoh soal dan pembahasan mengenai pernyataan, pertanyaan, opini dan pendapat dalam paragraf agar teman – teman terbiasa mengerjakan soal cerita dalam sebuah paragraf.

Sebelumnya teruntuk teman-teman yang belum paham apa itu paragraf, Pernyataan, pertanyaan, fakta dan Opini bisa dilihat pada artikel sebelumnya. Kamu di wajibkan untuk teliti dan membutuhkan pemahaman sekaligus kosentrasi dalam mengerjakan soal-soal cerita dalam paragraf, hal ini di karena jika kamu tidak teliti maka kamu akan kesulitan mengerjakan soal-soal dan selalu terus menerus membaca soal.

Baca juga : Contoh Fabel

Contoh Soal dan Pembahasan :

  1. Rhenald Kasali yang dikenal dengan nama panggilan Rhenald lahir di Jakarta pada tanggal 13 Agustus 1960. Dia menjadi penulis sejak tahun 1997. Buku-buku yang diciptakan oleh Rhenald selalu menjadi perhatian kalangan bisnis dan mendapatkan penghargaan juga menjadi best seller. Salah satu bukunya yang berjudul Shifting berhasil membawanya masuk dalam daftar 10 best seller di bulan November ini. Namun, hal yang diinginkan seorang penulis adalah dapat menginspirasi dan mengubah hidup pembacanya. Pernyataan yang sesuai dengan isi Paragraf tersebut adalah :
  • a. Rhenald menulis berdasarkan keyakinan hatinya
  • b. Rhenald selalu mendapat beberapa penghargaan.
  • c. Rhenald bahagia hika karyanya diterima pembacanya.
  • d. Rhenald memulai karier menulisnya di usia 30 Tahun.

Jawabannya : D (Pernyataan yang sesuai dengan paragraf tersebut adalah Rhenald memulai karier menulis di usia 30 Tahun. Pernyataan ini sesuai dengan kutipan “Rhenald lahir di Jakarta pada tanggal 13 Agustus 1960. Dia menjadi penulis sejak tahun 1997”.)

Baca juga : Contoh Gagasan Pokok

2. Penanggulangan Bencana adalah memberikan pertolongan dan bantuan kepada korban-korban yang terkena bencana alam. Penanganannya dilakukan seperti Mengevakuasi korban bencana, mendirikan penampungan darurat, dapur umum, memberikan pertolongan pertama dan juga menyediakan makanan dan air bersih. Salah satu lembaga yang mampu mengerjakan sistem ini adalah Palang Merah Indonesia atau dikenal dengan PMI. Dasarnya adalah Faktor Sukarelawan. Jadi, PMI memiliki hubungan yang erat dengan dinas kesehatan, dinas sosial, BPBD dan lainnya. Kalimat Pertanyaan yang sesuai dengan isi paragraf diatas adalah ….

  • a. Apakah pertolongan pertama diperolah dengan sukarela ?
  • b. keuntungan apakah yang di peroleh kerjasama dengan sukarela ?
  • c. Mengapa PMI memiliki hubungan yang erat dengan dinas kesehatan dan dinas-dinas lainnya ?
  • d. Mengapa perlunya sukarelawan yang terdapat di penanggulangan bencana ?

Jawabannya : C (Kalimat tanya yang jawabannya terdapat dalam kutipan paragraf tersebut adalah Mengapa PMI memiliki hubungan yang erat dengan dinas kesehatan dan dinas-dinas lainnya ? jawaban atas pertanyaan tersebut adalah karena memiliki kesamaan kinerja.

3. Sudah pada zaman sebelum soekarno terpilih menjadi presiden, wanita-wanita di negara kita yaitu Indonesia memainkan peran sejajar dengan kaum pria. Kalau bukan sekarang, kapan lagi ? Bukankah pada saat ini banyak perempuan-perempuan Indonesia yang telah menduduki posisi penting dalam pemerintah. Contohnya sebagai ibu lurah, menteri, bupati, gubernur dan juga presiden. Pernyataan berikut yang tidak sesuai dengan isi paragraf adalah …..

  • a. Saat ini banyak perempuan-perempuan Indonesia mempunyai posisi penting di pemerintah
  • b. Perempuan Indonesia sudah banyak yang menjadi menteri, bupati, gubernur bahkan presiden.
  • c. Gubernur, menteri dan presiden wanita merupakan posisi bagi wanita.
  • d. Perempuan Indonesia saat ini sudah mampu memainkan peran sejajar dengan kaum pria.

Jawabannya : C. (Teks tersebut membahas tentang imbauan agar para wanita memainkan peranan sejajar dengan kaum pria)

Baca juga : Contoh Kalimat Utama

4. (1) Setiap buah banyak mengandung berbagai Vitamin. (2) Selain Vitamin, Buah juga mengandung berbegai jenis asam dan enzim yang sangat di butuhkan untuk tubuh dan kulit. (3) Oleh karena itu, Sari yang terdapat pada buah-buahan banyak digunakan dalam produk kosmetik. (4) Dengan banyak mengkonsumsi buah-buahan, tubuh akan menjadi sehat.. Kalimat pendapat ditandai dengan nomor…

  • a. (1)
  • b. (2)
  • c. (3)
  • d. (4)

Jawabannya : D (Pendapat disebut juga sebagai opini. karena berupa opini, unsur subjektivitas sangat terasa. Maksudnya yaitu pendapat seseorang belum tentu sama dengan pendapat orang lain. Kalimat pendapat dalam paragraf tersebut yaitu Dengan banyak mengkonsumsi buah-buahan, tubuh akan menjadi sehat).

5. (1) Ketika hujan turun sangat deras, Kota Dumai selalu tergenang air. (2) Banjir betul-betul menghantui kita. (3) Larangan membuang sampah sembarangan selalu diumumkan oleh ketua RT setempat. (4) Seandainya para penduduk mengindahkan himbauan itu, tentu air mengalir lancar dan tidak tersumbat. Pernyataan yang berupa fakta pada teks tersebut ditandai dengan nomor….

  • a. (1) dan (2)
  • b. (1) dan (3)
  • c. (3) dan (4)
  • d. (2) dan (4)

Jawabannya : B ( fakta ditunjukkan dengan peristiwa yang benar-benar terjadi. Fakta biasanya menunjukkan peristiwa, data atau angka yang terdapat pada sebuah teks. Fakta yang terdapat dalam sebuah paragraf diatas adalah 1 dan 3.

6. Saat ini bukan berita baru bahwa Covid 19 dapat menyebarkan bakteri dan virus dengan cara berjabat tangan. Gejala yang dialami oleh penderita Covid 19 seperti Flu, sesak napas dan batuk. Jadi, saat anda bertemu dengan seseorang baik itu keluarga, teman dan rekan kerja ada baiknya anda tidak berjabat tangan, tos, atau hal lainnya yang berdekatan. Lakukanlah Sosial distancing untuk mengurangi atau memutuskan mata rantai covid 19. Pernyataan yang sesuai dengan isi paragraf diatas adalah ….

  • a. Flu dan sesak napas disebabkan oleh seringnya berjabat tangan.
  • b. Berjabat tangan dapat menyebarkan bakteri dan virus Covid 19
  • c. kita harus tos telapak tangan atau tos kepalan tinju
  • d. Jabat tangan formal sebaiknya dilakukan agar bebas dari flu, sesak napas dan batuk.

Jawabannya : B (Pernyataan yang sesuai dengan paragraf tersebut adalah Berjabat tangan dapat menyebarkan bakteri dan virus Covid 19. Pernyataan tersebut sesuai dengan kutipan paragraf diatas.

Demikianlah contoh soal tentang pernyataan, pertanyaan, opini dan pendapat. Disini saya tidak banyak-banyak membahas soalnya, hanya beberapa saja. Inti dari menjawab soal yaitu kamu harus bisa memahami sebuat teks paragraf yang telah disediakan. Kamu bisa memahami penjelasan yang terdapat di jawaban pada masing-masing soal atau kamu bisa mengulang kembali penjelasan materi menentukan informasi tersurat. Baca juga : Contoh Observasi

Share on:

Tinggalkan komentar