5 Contoh Soal Hikayat, Jawaban dan Tips Cepat Menjawabnya

Contoh Soal Hikayat

Contoh Soal Hikayat berikut ini akan bahas semuanya jadi semoga mudah dipahami dan membantu kamu dalam menjawab soal hikayat.

Hikayat sendiri merupakan salah satu jenis sastra lama yang memiliki 4 karakteristik yaitu kemustahilan, anonim, istana sentris dan juga kesaktian.

Nah jika kamu menemukan soal teks hikayat tentu saja banyak ditulis dalam bahasa melayu, Oleh karena itu untuk memahaminya dengan mudah kamu harus menerjemahkan teks tersebut ke bahasa indonesia atau bahasa yang kamu pahami.

Berikut contoh soal hikayat beserta jawaban dan pembahasannya secara lengkap. Dan ada beberapa tips jitu juga buat kamu agar dapat menjawab soal dari teks hikayat lebih mudah dan cepat.

Baca juga : Cerita Hikayat Si Miskin Singkat Beserta Nilai-Nilainya

Contoh Soal Hikayat dan Jawabannya

Soal Nomor 1

1. Hang Mahmud berkata, “Tuanku, mengapa Anda begitu baik dan menyayangi putra hamba? Hamba tidak dapat membalas kebaikan Anda, hanya Allah yang dapat membalasnya.” (Hikayat Hang Tuah karya Muhammad Haji Saleh)

Nilai yang terkandung dalam hikayat di atas adalah ….

a. Nilai sosial b. Nilai edukasi c. Nilai religius d. Nilai budaya e. Nilai moral

Jawaban Soal Nomor 1 : C. Nilai Religius

Pembahasan Soal Nomor 1 :

Pertama kita evaluasi dulu pada pilihan gandanya, A. nilai sosial kata kuncinya hubungan antar masyarakat Kalau B. nilai edukasi kata kuncinya pendidikan atau disebut dengan didaktik. C. religius berhubungan dengan keagamaan. D. budaya kebiasaan atau tradisi. dan D. moral berhubungan dengan perilaku.

Kata kunci soal disini terletak pada hanya Allah yang dapat membalas ada kata Allah berarti berkaitan dengan Tuhan, keagamaan jadi jawabannya sudah pasti nilai religius C nilai yang berhubungan dengan keagamaan.

Soal Nomor 2

2. Bacalah penggalan teks hikayat berikut!

Diambilnya pisau, lalu ditorehnya gedang itu. Maka Putri Ratna Sari
keluar dari gendang itu.

Karakteristik penggalan hikayat di atas adalah ….

a. kemustahilan b. Kesaktian c. keindahan d. anonim e. Istana sentris

Jawaban Soal Nomor 2 : A. kemustahilan

Pembahasan Soal Nomor 2 :

karakteristik/ciri-ciri ada A. kemustahilan, kalau kemustahilan berarti tidak masuk akal kata kuncinya itu. kalau B. kesaktian hal yang hanya bisa dilakukan oleh orang tertentu. C. keindahan/estetika itu tidak termasuk kedalam karakter. D. anonim tidak diketahui pengarangnya. E. istana sentris latar belakangnya kerajaan.

mungkin ketika kamu melihat kata kunci Putri otomatis menjawab istana sentris, Tapi ingat sebagian besar teks hikayat bercerita mengenai kerajaan.

Jadi pilih yang lebih menonjol atau khusus lagi di dalam soal kecuali kemustahilan, kesaktian, anonim. jika sudah tidak ada barulah kalian bisa pilih istana sentris. Paham ya?

Pada teks pada pertanyaan nomor 2 tersebut, ada maksudnya ternyata Putri Ratnasari keluar dari gendang, gendang itu kayu bulat panjang.

kejadian itu apakah masuk akal? Tentu saja tidak, karena pada dasarnya bayi lahir itu ya dari dalam perut bukan dari gendang. kalau tidak masuk akal berarti jawabannya kemustahilan.

Soal Nomor 3

3. “Hamba menunggu istana Paduka yang mulia diangkat oleh seluruh
rakyat yang hadir untuk diletakkan di atas pundak hamba. Setelah itu
hamba tentu akan memindahkan istana Paduka yang mulia ke atas
gunung sesuai dengan titah Paduka” (Hikayat 1001 malam “Pekerjaan yang Mustahil” karya MB. Rahimsyah)

Karakteristik yang ditonjolkan pada kutipan hikayat di atas adalah ….

a. Kesaktian b. Keindahan c. Istana sentris d. Anonim e. Kemustahilan

Jawaban Soal Nomor 3 : A. Kesaktian

Pembahasan Soal Nomor 3 :

karakteristik/ciri-ciri A. kemustahilan kata kuncinya tidak masuk akal, kesaktian, hal yang hanya bisa dilakukan oleh orang tertentu atau ajaib. B. keindahan/estetika tidak ada hubungannya C. anonim tidak diketahui pengarangnya. D. istana sentris latar belakang kerajaan.

kita lihat kata kunci yang paling yang paling menonjol seseorang yang dapat memindahkan istana keatas gunung, ajaib tidak? karena orang yang dapat pindahkan melakukan itu hanyalah orang-orang tertentu saja.

jadi jawabannya orang tersebut sakti ya, Maka jawabannya adalah kesaktian.

Soal Nomor 4

4. “Setelah itu hamba tentu akan memindahkan istana Paduka yang
mulia ke atas gunung sesuai dengan titah Paduka” (Hikayat 1001 malam “Pekerjaan yang Mustahil” karya MB. Rahimsyah)

Kata arkais yang dicetak tebal artinya ….

a. Aturan b. Pesan c. Pekerjaan d. Menyuruh e. Perintah

Jawaban Soal Nomor 4 : E. Perintah

Pembahasan Soal Nomor 4 :

kita harus ingat jika hikayat banyak ditemukan pada zaman dahulu serta menggunakan kata arkais. Apa itu kata arkais? kata yang tidak lazim digunakan atau sudah kelewat zaman.

contoh ada kata Hatta pada zaman dulu kata-kata itu sering digunakan sekarang diganti menggunakan atau artinya lalu. Kemudian laki bini diganti menggunakan suami-istri. itulah yang dinamakan dengan kata-kata arkais.

yang ditanyakan disini titah, titah itu artinya perintah. Maka jawabannya E. perintah. Bagaimana kita bisa mengetahui makna kata arkais tersebut? Kalian bisa membuka di kamus KBBI baik daring maupun luring.

Soal Nomor 5

5. Bacalah kutipan hikayat berikut!

Maka pada suatu hari baginda pun sedang ramai dihadapan oleh segala raja-raja sekalian, maka si Miskin itu pun datanglah di hadapan baginda itu. Setelah dilihat orang banyak itu akan si Miskin itu datang dua laki-laki istri dengan rupa kainnya seperti dimamah anjing rupanya, maka orang banyak itu pun ramailah ia tertawa mengambil kayu dan batu, habislah bengkak-bengkak, ada yang berdarah, segala tubuhnya ia berlumuran dengan darah, maka orang pun gemarlah.

Isi penggalan hikayat tersebut adalah ….

a. Menggambarkan penyiksaan orang miskin yang tidak tahu tata krama.

b. Menceritakan orang miskin yang sedang menghadap raja.

c. Menceritakan orang miskin yang diperlakukan semena-mena.

d. Menceritakan raja-raja sedang mengadakan rapat.

e. Mengungkapkan orang miskin yang tidak tahu sopan santun.

Jawaban Soal Nomor 5 : C

Pembahasan Soal Nomor 5 :

kalau kita menemukan kutipan yang seperti ini, maka tips nya adalah dengan mengubah ke dalam bahasa kita sendiri terlebih dahulu.

Pilihan yang a. Disitu tidak dijelaskan mengenai si miskin yang tidak tahu tata krama. karena pada dasarnya si miskin itu kan hanya datang saja, belum melakukan apa-apa jadi jawabannya tidak tepat.

B. menceritakan orang miskin yang sedang menghadap Raja. ya benar, tapi lebih umum, karena kita disini mencari keseluruhan dari isi dalam satu kutipan.

C. menceritakan orang miskin yang diperlakukan semena-mena. Nah ini Baik Kalimat pertama sampai terakhir menceritakan tentang ini. kita simpan jawabannya.

D. menceritakan raja-raja sedang mengadakan rapat. apakah raja sedang rapat di teks tersebut? tidak ada isi yang membahas tentang itu.

E. mengungkapkan orang miskin yang tidak tahu sopan santun. Di situ Si Miskin hanya diam, dia datang diam belum melakukan apa-apa. Jadi seharusnya ya orang-orang itu belum tahu sopan atau tidak.

Jadi jawaban C menceritakan orang miskin yang diperlakukan semena-mena adalah jawaban yang paling tepat.

Baca juga : Contoh Teks Ulasan Singkat Beserta Struktur dan Penjelasannya

Tips Jitu Menjawab Soal Hikayat

Seperti yang telah kita ketahui bahwa teks hikayat biasanya dalam bahasa melayu, Jadi salah satu cara agar menemukan jawaban yang tepat pada soal teks hikayat adalah memahaminya dengan bahasa kita sendiri.

  1. Harus fokus kepada diri sendiri dan kepada teks.
  2. Baca pertanyaan terlebih dahulu karena bahasa Indonesia meskipun jawabannya hampir mirip tapi ada satu jawaban yang sudah pasti benar dan ada kata kuncinya.

Sekian Contoh Soal Hikayat, jawaban, beserta pembahasannya. Semoga dapat kamu jadikan referensi untuk menjawab soal teks hikayat pada soal tugas ataupun ujian kamu.