Contoh Sikap Menghargai Sumber Daya Alam dan Penjelasannya

Contoh Sikap Menghargai Sumber Daya Alam – Menghargai sumber daya alam merupakan salah satu cara melestarikan lingkungan hidup. Menghargai sumber daya alam juga termasuk kedalam pancasila sila pertama. Sumber daya alam yaitu kekayaan alam yang banyak dimanfaatkan dalam menunjang kehidupan makhluk hidup seperti manusia dan hewan. Terdapat dua jenis sumber daya alam yaitu sumber daya alam yang dapat diperbarui dan sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui.

Berdasarkan dari penjelasan diatas maka, kita bisa membuat atau membentuk contoh sikap yang harus kita lakukan terhadap sumber daya alam yang ada. berikut adalah contoh sikap yang mencerminkan atau menghargai sumber daya alam.

Contoh Sikap Yang Mencerminkan Menghargai Sumber Daya Alam

sikap merupakan cara atau perilaku kita berinteraksi terhadap sesuatu baik itu dalam bentuk benda mati maupun dalam bentuk benda hidup.

1 – Penghematan sumber daya alam yang tidak dapat di perbaharui

Sumber energi yang tidak dapat diperbarui jika digunakan dalam jangka panjang akan habis, maka dari itu kita sebagai makhluk hidup harus menjaga dan menghargai sumber daya alam yang sudah tersedia. Berikut contoh menghargai sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui yaitu :

  • Mengurangi penggunaan listrik yang tidak terpakai dengan cara mematikannya.
  • penggunaan lampu yang berhemat energi
  • Penggunaan bahan bakar yang ramah lingkungan disekitar.

2 – Penghematan sumber daya alam yang dapat di perbaharui

Sumber daya alam yang dapat diperbaharui merupakan sumber daya alam yang digunakan terus menerus dan dapat dibuat kembali atau bisa dikatakan sumber daya alam yang bersifat tidak akan punah. Nah sangat berbeda dengan SDA yang tidak dapat diperbarui. Contoh sumber daya alam yang dapat diperbarui yaitu Hewan, air, tanah, tumbuhan dan udara.

SDA ini biasanya lebih cepat habis dikarenakan penggunaan yang meningkat, tetapi walaupun penggunaan dalam jumlah yang tinggi SDA ini bisa juga diperbarui dalam jumlah banyak sesuai dengan kebutuhan. Contoh sikap yang harus kita hargai pada sumber daya alam yang dapat diperbaharui ini yaitu :

  • Penggunaan SDA yang sewajarnya dan tidak berlebihan (sewajarnya saja)
  • Melestarikan sumber daya yang ada dan mendaur ulang SDA yang hampir habis.
  • Menggunakan sumber daya alam secara manusiawi
  • Melakukan reboisasi terhadap lingkungan

Baca juga : Contoh Interaksi Sosial Di Lingkungan Masyarakat

3 – Mendaur ulang sumber daya alam

Mendaur ulang SDA merupakan hal yang sangat di haruskan untuk dilakukan oleh pengguna SDA saat ini. Dengan mendaur ulang SDA akan terselamatkan dari kata punah dan meminimalisir penggunaan yang berlebihan yang bisa menyelamatkan untuk kehidupan dan generasi yang akan datang.

Dengan adanya Teknologi yang canggih di masa sekarang dan yang akan datang, maka kita seharusnya bisa memberikan inspirasi atau ide dalam mendaur ulang sumber daya alam untuk yang akan datang sehingga tidak terjadinya kepunahan. Contoh daur ulang yang bisa kita manfaatkan dalam jangka waktu adalah kita bisa memanfaatkan sampah sebagai pupuk organik atau pun kertas. salah satu contoh menghargai SDA Daur ulang yaitu melakukan peningkatan mutu nilai guna terhadap barang bekas yang bisa di daur ulang kembali.

Demikianlah penjelasan mengenai sikap menghargai sumber daya alam yang dapat kamu ketahui. Selain dari ketiga penjelasan diatas juga ada sikap menghargai SDA yang lainnya seperti Reboisasi yaitu melakukan penanaman kembali pohon yang sudah ditebang agar habitat dan populasi dilingkungan alam tidak punah, Memisahkan antara sampah organik dan anorganik dan sebagainya.

Tinggalkan komentar