Contoh Resume Materi Pelajaran, Webinar, dan Tugas Kuliah Lengkap

Contoh Resume Materi – Resume materi merupakan hasil dari rangkuman atau ringkasan dari sebuah karangan, materi atau pelajaran dan lainnya. Resume ini adalah cara yang lebih efektif atau efisien yang dapat menjelaskan inti dari sebuah materi karena dari materi yang banyak dan panjang bisa menjadi singkat dan bermakna. Jelas ini sangat memudahkan kita para pencatat, seperti sekretaris maupun rapat umum sekaligus pembelajaran sehari-hari. Berikut adalah contoh dari resume materi dari berbagai kegiatan seperti webinar, tugas kuliah dan sebagainya !

[rb_related title=”Baca juga : ” total=”2″]

Contoh Resume Materi Webinar

RESUME WEBINAR

IMPLEMENTASI AUGMENTED REALITY PADA GEDUNG – GEDUNG ATAU PERUMAHAN

Pada hari Selasa, 08 November 2021 ada pukul 09.00 Wib hingga selesai, telah diadakannya Seminar Webinar Augemented Reality secara online dengan menggunakan platform Zoom Meeting. Pemateri pada bidang ini telah berkompeten dan sudah membangun rancangan bangunan menggunakan Augmented reality dengan beberapa aplikasi yakni bpk Bayu Afrizatul Rizki. ST selaku Owner Blogger Afrizatul.com. Seminar ini gratis dan diikuti oleh mahasiswa dan mahasiswi seluruh indonesia.

Acara dimulai oleh Bpk Bayu Afrizatul Rizki.ST yang menyampaikan mengenai Apa itu augmented reality dan aplikasi apa saja yang mendukung dalam pembuatan Augmented reality ? Augmented reality yang biasa disebut dengan AR merupakan penggabungan antara objek virtual dengan objek yang nyata yang ada di dalam kehidupan kita. Inti dari AR adalah menempatkan obyek virtual ke dalam dunia nyata untuk mendapatkan kesan tambahan atas keterlibatan user dengan sistem. Menurut penelitian Iwan Kustiawan ini AR ini dimanfaatkan sebagai salah satu cara baru untuk meningkatkan pembelajaran dan mendapatkan pengetahuan. Metode yang terdapat pada Augmented Reality (AR) ini yaitu markerless dan marker based tracking.

  • Markerless merupakan sebuah metode yang pengguna tidak perlu lagi mencetak sebuah marker untuk menampilkan elemen-elemen digital. Tetapi elemen digital dapat dideteksi dengan posisi perangkat, arah dan lokasi.
  • Marker based tracking adalah AR yang menggunakan marker atau penanda objek dua dimensi yang memiliki suatu pola yang akan dibaca oleh komputer atau smartphone melalui media webcam atau kamera handphone, marker biasanya berupa ilustrasi hitam dan putih persegi dengan batas hitam tebal dan latar belakang putih.

Untuk mendukung Augmented Reality (AR ) ini kita membutuhkan beberapa software dan hardware yaitu berupa android, Unity 3D, SketchUp dan Kudan SDK (Software Development Kit).

  1. Android berfungsi untuk menampilkan hasil objek virtual yang telah dirancang menggunakan beberapa software. Tingkat API pada android ini sangat penting bagi pengembang aplikasi, setiap versi platform menyimpan pengenal level API secara internal. Android terdiri dari satu set core libraries yang menyediakan sebagian besar fungsi didalam core libraries dari bahasa pemrograman Java.
  2. Unity 3D sebuah game engine yang memungkinkan pengguna untuk membuat sebuah game 3D dengan mudah dan cepat. Unity dapat mengimpor model dan animasi dari hampir semua aplikasi 3D seperti 3ds Max, Sketchup, Modo, Cinema 4D, Blender dan lain-lain.
  3. Kudan SDK (Software Development Kit) ini merupakan salah satu pengembang dari Technology Computer Vision yang menghubungkan antara kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI) dan Internet. Technology Computer Vision adalah kemampuan komputer untuk secara visual memetakan dan menafsirkan dunia disekitar mereka. Kudan mengembangkan Compute Vision dan ARVR (Augmented Reality Virtual Reality), dan menjadi salah satu platform ARVR independen terkemuka.
  4. SketchUp merupakan salah satu dari sekian banyak software yang berfungsi untuk membuat gambar 3D (3 dimensi). SketchUp dapat digunakan oleh praktisi-praktisi dibidang arsitektur, sipil, pembuat film, pengembang game, desainer grafis, bahkan ilustrator untuk menciptakan gambar 3d sesuai kebutuhan. Perbedaan SketchUp dibanding software-software 3D lain adalah user friendly, artinya SketchUp didesain familiar dan mudah digunakan oleh siapapun tanpa harus menguasai teknik-teknik yang rumit dan penuh perhitungan.
contoh resume materi yang baik dan benar
Hasil Bangunan Augmented Reality (AR)
contoh resume ringkasan materi

Baca juga : Contoh Daftar Pustaka Makalah dari Internet yang Benar

Contoh Resume Materi Tugas Kuliah

Contoh resume materi tugas kuliah : Sistem Operasi Manajemen File dan Manajemen Input dan Output

Manajemen file terdiri atau biasa disebut juga dengan file manager merupakan sebuah perangkat lunak yang bertanggung jawab dan mengatur dalam proses menghapus, membuat, memodifikasi dan mengendalikan akses ke file dan mengatur sumber daya yang akan digunakan oleh file. File manager itu lebih ke mengontrol file dari sistem. Efisiensi dari file manager terkait pada bagaimana file sistem terorganisir ( langsung atau indexed sequential, sekuensial ) bagaimana file tersebut disimpan (contiguously, noncontigously, atau indexed), bagaimana record masing-masing file terstruktur (panjang tetap atau panjang variabel), dan bagaimana akses ke file-file dikendalikan. Bagaimana cara interaksi dengan file manager ?

Sebenarnya, file dapat dibuat dengan istilah sistem spesifikasi lainnya misalnya, pertama kali pengguna memberikan perintah untuk menyimpan file, perintah ini sebenarnya perintah CREATE. Dalam sistem operasi lain, perintah Open New dalam suatu program mengindikasikan ke File Manager bahwa file harus diciptakan. Misalnya, ketika program pengguna mengeluarkan perintah untuk membaca suatu record dari disk. Intruksi READ harus didekomposisi menjadi  langkah-langkah berikut :

  • Pindahkan head baca/tulis ke silinder atau lacak dimana record dapat ditentukan.
  • Tunggu keterlambatan rotasi sampai sektor yang berisi record yang diinginkan melewati di bawah head baca/tulis.
  • Aktifkan head baca/tulis yang sesuai dan baca record.
  • Transfer record tersebut ke memori utama,
  • Berikan flag untuk menunjukkan bahwa perangkat ini bebas untuk memenuhi permintaan lain.

Didalam sebuah file manager terdapat organisasi file, Organisasi file ini terdiri dari Format record dan organisasi file fisik. Format record yaitu Semua file terdiri dari record. Ketika pengguna memberikan perintah untuk memodifikasi isi dari file, sebenarnya itu adalah perintah untuk mengakses record dalam file. Dalam setiap file, semua record dianggap memiliki format yang sama. dan Organisasi file fisik yaitu Organisasi fisik dari suatu file berhubungan dengan cara record diatur dan karakteristik media yang digunakan untuk menyimpannya. Pada disk magnetik (hard drive), file dapat diatur dalam salah satu dari beberapa cara yaitu sekuensial, langsung atau indexed sequential. Untuk memilih organisasi file yang terbaik, programmer atau analisis biasanya mempertimbangkan karakteristik praktis berikut ini :

  1. Volatilitas dari data yaitu frekuensi penambahan dan penghapusan yang dibuat dengannya.
  2. Kegiatan dari file yaitu presentasi record yang diproses selama aktivitas yang diberikan.
  3. Ukuran file
  4. Waktu respons atau jumlah waktu dimana pengguna bersedia untuk menunggu sebelum operasi yang diminta selesai (hal ini penting ketika melakukan pencarian yang sensitif terhadap waktu).

Manajemen Input Output merupakan perangkat masukan/keluaran merupakan aspek perancangan sistem operasi terluas dan kompleks karena sangat beragam nya perangkat dan aplikasinya. Beberapa fungsi manajemen input/output (I/O) :

  1. Mengirim perintah ke perangkat I/O agar menyediakan layanan.
  2. Menangani interupsi perangkat I/O.
  3. Menangani kesalahan perangkat I/O.
  4. Menyediakan interface ke pemakai.

Baca juga : Contoh Tinjauan Pustaka Penelitian, Laporan, Skripsi dan Makalah

Contoh Resume Materi Pelajaran

Judul resume materi pelajaran : Aljabar Linear dan Matrix

Latar Belakang

Perkembangan teknologi di berbagai bidang pada zaman modernisasi saat ini tidak lepas dari sejarah munculnya konsep berhitung. Konsep berhitung sendiri biasa disebut matematika. Dalam ilmu matematika terdapat banyak materi yang pada setiap materinya memiliki manfaat dalam perkembangan teknologi saat ini. Salah satu materi dalam ilmu matematika adalah Aljabar Linear dan Matriks.  Aljabar linear dan matriks memiliki kaitan yang erat dengan berbagai bidang ilmu lain salah satunya adalah di bidang Informatika, Geodesi dan Geomatika, Kedokteran, bahkan sampai pada bidang sosial. Dengan banyaknya kaitan aljabar linear dan matriks dengan berbagai bidang ilmu lain, maka tujuan dari pembuatan makalah ini adalah untuk mengetahui

Pembahasan

Aljabar berarti menjumlah, mengurang, mengkali, dan membagi. Sedangkan linear berarti persamaan yang memiliki variabel berpangkat paling tinggi adalah 1. Maka aljabar Linear merupakan salah satu cabang matematika yang mempelajari matriks, vektor, ruang vektor, transformasi linear dan sistem persamaan linear. Aljabar linear mempunyai penerapan pada berbagai bidang ilmu alam dan ilmu sosial serta teknologi khususnya teknologi informasi dan komunikasi. Matriks dan operasinya juga merupakan hal yang berkaitan erat dengan bidang aljabar linear. Matriks merupakan kumpulan elemen atau unsur yang disajikan dalam bentuk persegi panjang. Sebuah matriks mempunyai baris dan kolom, yang menyatakan ukuran dari sebuah matriks. Biasanya matriks dimulai dari ukuran 1×1.

Aljabar linear dan matriks mempunyai kaitan dengan bidang ilmu lain salah satunya bidang teknik sipil adalah Salah satu kaitan aljabar linear dan matriks dibidang Teknik Sipil adalah Program AutoCAD. Program AutoCAD merupakan sebuah program yang biasa digunakan untuk tujuan tertentu dalam menggambar serta merancang dengan bantuan komputer dalam pembentukan model serta ukuran dua dan tiga dimensi atau lebih dikenali sebagai “Computer-aided drafting and design program” (CAD). Program ini dapat digunakan dalam semua bidang kerja terutama sekali dalam bidang-bidang yang memerlukan keterampilan khusus seperti bidang Mekanikal Engineering, Sipil, Arsitektur, Desain Grafik, dan semua bidang yang berkaitan dengan penggunaan CAD.

Simpulan

Aljabar Linear merupakan salah satu cabang matematika yang mempelajari matriks, vektor, ruang vektor, transformasi linear dan sistem persamaan linear. Sedangkan matriks merupakan kumpulan elemen atau unsur yang disajikan dalam bentuk persegi panjang. Matriks dan operasinya juga merupakan hal yang berkaitan erat dengan bidang aljabar linear. Aljabar linear dan matriks memiliki kaitan dengan bidang ilmu lain antara lain bidang Teknik Sipil, Elektro, Bio informatika, Komputer, Teknik Informatika, Geodesi dan Geomatika, Pendidikan, Sosial, Politik dan sebagainya.

Simak juga : Cara Menulis Daftar Pustaka Dari Jurnal

Contoh Resume Materi PPT

Contoh Resume Materi PPT yang berjudul : Management Proses

Management proses terdiri dari tiga bagian yaitu defenisi proses, process state dan Kontrol Proses.

  • Secara umum Proses terdiri dari beberapa emelent yaitu kode program dan set of data yang berasosias dengan code program. Selain itu juga proses juga terdiri dari bagian yaitu Process Control Block, Proses execution, proses creation dan termination.
  • Process state merupakan model yang menggambarkan status process. Karena pada dasarnya, process dapat berada dalam kondisi yang berbeda. Penyebab process state berbeda disebabkan oleh beberapa hal yaitu state proses model (1-4), process description (1-2), memory table, Input/Output table, file table dan process table.
  • Kontrol process terdapat 2 bagian yaitu privileged mode dan user mode. Privileged mode merupakan kewenangan yang lebih tinggi dibandingkan user mode meliputi mekanisme pengubahan kontrol register seperti program status word, primitive I/O instruction, dan instruksi yang berkaitan dengan management memory. Pembagian mode ini bukan tanpa alasan, tujuannya adalah untuk memproteksi terhadap tabel-tabel Sistem Operasi yang penting, seperti control block, terhadap gangguan program pengguna

Lihat juga : Cara Ngeprint Power Point Secara Full dan Banyak Slide

Demikianlah contoh resume materi. Inti dalam membuat resume materi dari berbagai contoh diatas sama saja, kita mengulang atau merangkum singkat dengan versi kita sendiri dengan mudah dan sangat di pahami. karena ketika kita ditanyakan atau ingin menanyakan, kita tau inti dan pokok pembahasan dari materi tersebut.

Tinggalkan komentar