Contoh Paragraf Narasi Tentang Wisata, Kehidupan, dan Biografi

Contoh Paragraf NarasiParagraf Narasi yaitu Berisi penceritaan suatu kejadian secara runtun sesuai urutan waktu dengan menghadirkan tokoh, suasana dan jalan cerita. Paragraf Narasi biasanya terdapat di Biografi, perjalanan wisata, dan perjalanan Hidup.

Ciri-ciri Paragraf Narasi yaitu :

  • Mempunyai alur atau plot
  • Terdapat latar tempat, waktu, dan suasana
  • Menggunakan urutan tempat dan waktu yang saling berhubungan
  • Adanya unsur perbuatan atau tindakan
  • Adanya sudut pandang penulis
  • Terdapat unsur tokoh yang digambar dengan memiliki karakter atau perwatakan yang jelas.
  • Adanya unsur rangkaian waktu dan informatif.

[rb_related title=”Baca juga : ” total=”2″]

Penjelasan singkat Contoh paragraf narasi yaitu :

Kevin dan ibunya berencana akan berkunjung kerumah nenek pada hari minggu. Kevin pergi kerumah nenek menggunakan mobil. Dia berangkat pada jam 07.00 pagi. Pada saat diperjalanan mereka melihat pemandangan yang indah asri. Selain melihat pemandangan yang indah, mereka juga melihat gunung-gunung dan sawah yang terbentang luas.

Berdasarkan contoh singkat diatas dinyatakan paragraf narasi, dikarenakan terdapat ciri-ciri narasi yaitu memiliki adanya unsur perbuatan seperti “Berkunjung kerumah nenek”, terdapatnya tokoh yang jelas seperti ” Kevin dan ibunya”” dan adanya waktu, latar dan alur seperti ” Jam 07.00″

Berikut ini contoh-contoh paragraf narasi yang bisa kamu kembangkan kembali berdasarkan ciri-cirinya. Dengan adanya paragraf narasi ini membuat kamu mengembangkan ide-ide dalam membuat sebuah cerita.

Baca juga : Contoh Gagasan Pokok

Contoh Paragraf Narasi : Perjalanan Wisata

Pada liburan akhir tahun kemarin sarah dan kakaknya pergi ke pontianak. Pontianak merupakan ibu kota provinsi kalimantan barat. Dipontianak banyak terdapat keunikan tempat menarik yang merupakan ciri khas kota pontianak. Perjalanan kurang lebih di tempuh dua jam menggunakan pesawat. Tempat pertama mereka kunjungi adalah sintawang. Waktu tempuh menuju sintawang kurang lebih sembilan jam dari pontianak jika menggunakan mobil. Daerah ini terkenal sebagai penghasil tenun ikat. Setelah puas memilih tenun ikat sebagai oleh-oleh, mereka beranjak untuk mengunjungi tempat-tempat lainnya.

Liburan ini sangat menarik daripada liburan sebelumnya, dikarenakan liburan ini banyak hal yang dipelajari seperti oleh-oleh khas pontianak, makanan khas pontianak, pakaian adat serta rumah adat pontianak. Jadi liburan ini bisa sambil belajar mengenai sejarah – sejarah pontianak. Kakak sangat senang bisa berlibur di daerah ini begitu juga dengan saya. Banyak pengalaman yang bisa diceritakan kembali kepada teman-teman disekolah.

Contoh Paragraf Narasi : Kehidupan Sehari-hari

Hari ini menjadi hari yang tak terlupakan untuk Bayu, karena ia mendapat kejutan dari teman-teman sekelasnya. Sebelumnya ia sudah curiga akan tingkah laku yang aneh dari teman-teman sekelasnya. Benar saja, saat pulang sekolah, teman-teman Bayu memberikan kejutan berupa kue dan kado ulang tahun.

Sebelumnya bayu sudah menduga karena sikap teman-temannya yang pada hari ini berubah dan ternyata benar dengan dugaan bayu. Ini semua sudah direncanakan dimana sebelum tanggal ulang tahun bayu. Bayu sangat berterima kasih kepada teman-teman yang sudah memberikan suprise yang tentunya sangat istimewa bagi dirinya.

Baca juga : Contoh Soal Pernyataan

Contoh Paragraf Narasi : Biografi

Saya mempunyai guru yang sangat memotivasi kami semua. Setya Putri, iya adalah seorang guru bahasa indonesia di sekolah menengah kejurusan atau SMKN 1 Pelita. Ia selalu di panggil dengan ibu Putri. Ibu putri lahir di Belitar pada tanggal 14 Agustus 1968. Dengan berat badan ideal 50 Kg dan tinggi 158 cm.

Ibu putri memang bercita-cita sebagai guru, dia ingin mendidik siswa siswi nya berguna untuk masa depan putra putri indonesia dalam membangun dan memajukan indonesia. Hobi ibu putri yaitu membaca. Setiap pelajaran yang disampaikan selalu berkaitan dengan pelajaran lainnya. Dia tidak jenuh memberi nasihat kepada siswa – siswi nya.

Selain mengajar di sekolah ibu putri juga mengajar private dan bimbel bagi anak-anak sekolah. Banyak yang ingin belajar dengan beliau karena Ketegasan dan penjelasan dalam memberikan materi membuat siswa siswi paham akan pelajaran nya.

beliau menaruh banyak harapan terhadap anak-anak murid didiknya, agar selalu sentiasa mengingat Allah SWT dan belajar dengan sungguh agar kelak menjadi orang yang berguna.

Baca juga : Contoh Kalimat Utama

Demikianlah 3 contoh dari paragraf narasi. Banyak contoh lainnya selain dari yang di tuliskan diatas. Bagi teman-teman yang ingin melihat beberapa contoh lainnya kalian bisa melihat di contoh biografi.

Tinggalkan komentar