Contoh Observasi

Contoh Observasi

Observasi atau kata lain observasi adalah hasil penelitian. Observasi adalah pengamatan secara langsung yang diikuti dengan fakta, data dan pendapat. Banyak teman-teman mungkin sudah banyak paham dengan penelitian atau bahkan sudah sering melakukan penelitian. Penelitian ini tidak hanya di peruntukkan untuk Tingkat Universitas saja tetapi penelitian ini juga terdapat di tingkat sekolah dari SMP maupun SMA.

Ternyata melakukan penelitian itu tidak hanya sekedar membuat karangan, tetapi penelitian ini mempunyai struktur dan langkah-langkah dalam membuat laporan penelitian. Banyak hal yang harus diketahui ketika ingin melakukan observasi. Observasi ini dilakukan untuk memberikan informasi tentang suatu objek atau situasi setelah diadakanya investigasi/penelitian secara sistematis atau bisa dikatakan menjelaskan suatu hal secara rinci dari sudut pandang keilmuan.

Laporan penelitian ini biasanya berisi dengan fakta-fakta yang bisa dibuktikan secara ilmiah. contoh hasil laporan penelitian ini bisa berupa hasil riset secara mendalam tentang suatu benda, tumbuhan, hewan atau hal lainnya. sebelum ke contoh kita pahami terlebih dahulu bagaimana langkah-langkah dalam membuat laporan observasi.

Baca juga : Contoh Biografi

Langkah-langkah membuat observasi terbagi menjadi 3 bagian yaitu pendahuluan, pembahasan dan simpulan.

Langkah 1 – Pendahuluan

  • Topik —> Masalah yang ingin di teliti
  • Latar Belakang —-> Alasan mengapa kita memilih dari topik yang akan kita teliti
  • Rumusan Masalah —–> pada umumnya rumusan masalah ini berupa pertanyaan
  • Prosedur Penelitian —-> penjelasan langkah-langkah dalam melakukan penelitian
  • Sistematika Pembahasan —-> Bagaimana sistem kita mengolah pembahasan dari penelitian kita.

Langkah 2 – Pembahasan

  • Uraian –> Pada umumnya uraian ini berupa penjelasan dari Topik yang telah diambil untuk di teliti dan juga bisa berupa seperti gagasan utama.
  • Data Hasil Observasi —> bisa berupa grafik, tabel dan diagram.

Langkah 3 – Simpulan/Kesimpulan

  • Menyimpulkan dari bagian pembahasan
  • Saran

Contoh Observasi – Pepaya

Pepaya

Pepaya (Carica Papaya) yaitu tumbuhan yang berbatang tegak dan basah. Pepaya ditemukan di daerah tropis, sub tropis bahkan daerah dingin di seluruh belahan dunia. Buah pepaya dapat dibedakan menjadi 2 yaitu buah pepaya betina dan buah pepaya jantan.

Pohon pepaya pada umumnya tidak bercabang atau bercabang sedikit, rata-rata tingginya 5-10m dengan daun-daunan yang membentuk serupa spiral pada batang.

Dalam batang, buah, tangkah dan daun pepaya terdapat getah yang mengandung enzim papalin yang berguna untuk melunakan daging dan mengubah kompromasi protein.

Contoh Observasi – Kelinci

Kelinci

kelinci adalah hewan peliharaan yang bisa dimakan. Kelinci adalah hewan mamalia dari
famili leporidae, yang dapat ditemukan di banyak bagian bumi. Kelinci termasuk golongan Vivipar yaitu berkembang biak dengan cara beranak.nPertama kali kelinci termasuk hewan liar yang hidup di afrika hingga daratan eropa. Kelinci sendiri berasal dari bahasa Belanda, yaitu Konijntje yang berarti anak kelinci.

Kelinci terdiri dari 2 jenis yaitu kelinci peliharaan dan kelinci liar. Kelinci peliharaan disebut sebagai oryctolagus cuniculus dan kelinci liar disebut sebagai lepus curpaeums. Di Indonesia banyak terdapat kelinci lokal yaitu jenis kelinci jawa dan kelinci sumatera.

Kelinci termasuk golongan herbivora yaitu hewan pemakan tumbuhan.Tumbuhan yang sering di makan kelinci yaitu wortel dan lobak. Ciri-ciri kelinci yaitu mempunyai telinga panjang, Giginya kuat, memiliki bulu yang tebal dan termasuk hewan yang lincah.

Baca juga : Contoh Paragraf Narasi

Demikianlah contoh dari Observasi, Pada 2 contoh di atas merupakan uraian atau pembahasan yang terdapat dalam laporan observasi. Dimasing-masing contoh terdapat gagasan pokok dan kalimat utama. Kamu bisa mengalisa sambil mempelajari tentang bagian yang terdapat gagasan pokok dan kalimat utama.

Laporan Observasi secara keseluruhan terdapat 3 BAB yang di jelaskan pada langkah-langkah membuat observasi. Pada bagian pendahuluan sama seperti kita membuat makalah tetapi ada juga yang menjadi perbedaan. Sedangkan di bagian simpulan atau kesimpulan sama dengan laporan dan makalah.