Contoh Kata Kerja Mental dalam Teks: Pengertian dan Ciri-Cirinya

Contoh Kata Kerja Mental

Kata kerja yang biasa disebut dengan verba merupakan sebuah kata yang biasa menyatakan tindakan atau proses keadaan yang bukan merupakan sifat. Kita sudah mengetahui bahwa kata kerja berfungsi sebagai Predikat dalam sebuah kalimat. Jenis kata kerja berbagai macam contohnya kerja mental. Pada kata kerja mental ini digunakan pada kehidupan sehari-hari, untuk mengetahui lebih dalam mengenai kata kerja mental maka kita bisa melihat beberapa contoh kata kerja mental berikut ini..

Banyak disaat ini yang tidak tau jika ada kata kerja mental, mungkin pernah mendengar tapi tidak mengetahui Apa kegunaan dari kata kerja mental ini. Dan biasanya juga kita hanya belajar penggunaan kata kerja yang biasa dengan kata seperti menulis, makan, tidur dan lainnya. Kata kerja ini lebih indentik dengan menunjukkan sikap penulis dan juga kata kerja ini termasuk didalam bagian kalimat verbal intransitif dan transitif.

Pengertian Kata Kerja Mental

Kata kerja mental adalah kata kerja atau verba yang mempunyai maksud dan tujuan yang terpaut dengan adanya penemuan, perencanaan, keputusan pemahaman serta keputusan. Selain itu bisa juga sebagai mengekspresikan perilaku atau respon seseorang kepada suatu tindakan. Kata kerja mental termasuk kedalam jenis kata kerja behavioral atau yang biasa disebut dengan kata kerja tingkah laku yaitu kata kerja yang mengarah kepada keadaan tindakan yang dikerjakan oleh subjek dan kata kata kerjanya berfungsi sebagai predikat.

Contohnya : ” Widya menampilkan seni teater bawang putih bawang merah pada acara pentas seni sekolah tahunan”

Kata widya merupakan subjek yang melakukannya, Kata menampilkan merupakan kata kerja mental dan kata teater merupakan fenomena.

Ciri-Ciri Kata Kerja Mental

Ciri – ciri kata kerja mental bisa kita jadikan acuan atau panduan agar kita bisa memahami atau mengetahui bahwa kalimat tersebut termasuk kedalam kata kerja mental, Namun kata kerja ini mempunyai ciri – ciri kata kerja yang khusus yang dapat membedakan dari segi jenis verba lainnya yaitu :

  1. kata kerja mental ini ini memiliki beberapa penafsiran seperti mengenai presepsi seperti kata melihat dan merasa, Menafsirkan mengenai Kognisi seperti kata memahami, mengerti dan berpikir dan menafsirkan mengenai afeksi dengan kata cinta, khawatir dan suka.
  2. Identik dengan penggunaan kata-kata penginderaan yang biasanya dilakukan oleh manusia.
  3. Kata kerja mental pada umumnya memiliki bentuk frasa yang sifatnya mengindikasi atau memberikan petunjuk.
  4. Terkandung peran atau kedudukan orang lain serta fenomena tertentu yang dijadikan sebagai pemicu.

Baca juga : Contoh Kata Sifat Dalam Bahasa Indonesia Lengkap

Contoh Kata Kerja Mental dalam Teks

Sebelum kita ke contoh kata kerja mental dalam teks maka terlebih dahulu kita mengetahui contoh kata kerja mentalnya yaitu :

Contoh Kata Kerja MentalContoh Kata Kerja Mental Dalam Kalimat
putus asaSheza putus asa dalam membuat kerajinan tangan dari bahan loose part
menyukaiAna menyukai makan siang yang dibuat oleh ibunya
menolak Farid menolak belajar di siang hari
tertawaSakha tertawa bersama daffa sambil belajar
menangisMei mei menangis kue kesukaannya diambil temannya
mendengarAdeeva selalu mendengar lantunan hadist dan doa
semangatAldrich sangat semangat dalam berolahraga di sabtu pagi
memarahiBuk widya memarahi cece dikarenakan tidak mau makan
bahagiaAka bahagia karena memiliki adek lagi.

Berikut adalah contoh kata kerja mental dalam Teks :

Judul : Dijauhi Teman

beki bebek adalah anak bebek yang suka membuat keributan dengan teman-temannya. Suatu pagi, asyik ada bibi yang sedang menikmati makan es krim, huuuahuaaa! kembalikan eskrimku. Kemudian beki dan bebek melihat bobo sedang naik sepeda. Beki dan bebek kemudian merebut sepeda bobo. Huahua ! kembalikan sepedaku !… Kemudian beki bebek melihat bebek sedang main kapal-kapalan di lapangan … beki bebek kemudian merebut kapal-kapalan itu. suatu hari ada perlombaan perahu hias di kolam . setiap anak bebek harus berdua berpasang-pasanan diatas perahu lomba. Bibi tidak mau berpasangan dengan mu karena kamu pernah merebut eskrimku ! bebe tidak mau berpasangan denganmu karena kamu pernah merebut mainanku. Pda akhirnya beki bebek jadi tidak mempunyai teman. sementara semua teman-temannya naik perahu hias di kolam.

Pada kalimat ” Suatu pagi, asyik ada bibi yang sedang menikmati makan es krim ” kata menikmati termasuk kedalam kata kerja mental kognisi.

Pada kalimat “Kemudian beki dan bebek melihat bobo sedang naik sepeda ” Kata Melihat termasuk kedalam kata kerja mental persepsi.

Simak : Contoh Kata Penghubung Antar Kalimat dan Paragraf Lengkap

Demikianlah penjelasan mengenai contoh kata kerja mental. Setiap kalimat terkadang mengandung kata kerja yang berbeda-beda. Kata-kata yang kita gunakan sehari-hari juga termasuk kedalam kata kerja mental. Contoh cerita diatas bersumber dari buku Luxima yang bertema Komik nilai-nilai karakter bangsa.