Contoh Karangan Persuasi Tentang Politik, Pendidikan Secara Singkat

Contoh Karangan Persuasi – Kata persuasi dalam bahasa inggris yaitu to persuade yang memiliki arti “Membujuk” atau “Meyakinkan”.

Karangan persuasi adalah karangan yang mempunyai tujuan membuat para pembaca percaya , terbujuk dan yakin akan hal-hal yang dikomunikasikan yang bisa berupa fakta, pendapat/gagasan atau perasaan seorang. Dalam sebuah karangan ini fakta-fakta yang ada harus jelas dan relevan serta diuraikan sedemikian rupa sehingga kesimpulan yang ada dapat diterima secara yakin.

Selain itu, dalam penulisan karangan ini perlunya diperhatikan penggunaan kata diksi yang akan berpengaruh kuat terhadap perasaan pembaca atau emosi.

Macam – macam karangan persuasi terdapat beberapa golongan sesuai dari segi penggunaannya yaitu karangan persuasi politik, pendidikan, iklan serta propaganda. Berikut penjelasannya dan contoh karangan persuasi:

Karangan Persuasi Politik

Persuasi politik ini digunakan dalam bidang politik oleh seseorang yang berkecimpung di dunia politik dan kenegaraan. Para ahli politik dan kenegaraan sering menggunakan karangan jenis ini untuk keperluan politik atau sejenisnya.

Agar kita bisa memahami bentuk dari karangan ini maka kita bisa melihat contoh karangan persuasi tentang politik berikut ini :

BILA SIDANG ISTIMEWA MPR HANYA BAGI-BAGI KEKUASAAN, RENDRA DAN EEP SERUKAN PEMBANGKANGAN

Setiap orang Indonesia yang sadar hak-haknya harus siap melakukan gerakan pembangkangan warga negara. Itu sangat diperlukan, terutama bila agenda nasional berupa Sidang Istimewa (SI) MPR Mendatang ini akhirnya hanya merupakan forum konsitusional bagi para elite politik untuk berbagai kekuasaan antar mereka hingga melupakan kepentingan umum masyarakat. 

Dramawan W.S Rendra bersama pengamat politik Eep Saefulloh Fatah disertai sejumlah praktisi ekonomi dan seniman dengan lantang menyerukan itu dalam sebuah konferensi per di kantor Dewan kesenian Jakarta, Taman Ismail Marzuki, Jakarta, kamis siang.

Seruan agar masyarakat melakukan pembangkangan warga negara ini, kata Eep dan Rendra, diungkapan sebagai wujud keprihatinan mereka sebagai warga negara atas terjadinya arus utama politik dan ekonomi yang terus menerus menempatkan rakyat sebagai korbannya.

Pembangkangan warga negara diperlukan, demikian argumen Eep terutama bila proses transisi kearah demokrasi sudah menjadi makin elitis dan mengarah pada pembajakan demokrasi oleh kekuatan maupun pikiran yang berpihak kepada otoritarianisme. Menurut Eep, hal inilah yang kini membayangi proses transisi demokrasi yang tengah bergulir di negara ini, terutama ketika menyaksikan SI MPR yang kini tengah di persiapkan tak lebih sebagai arena pertaruhan politik kanak-kanak. Perhelatan mahal ini hanya dibuat demi upaya bisa melakukan pergantian kekuasaan. “Sementara agenda mendasar yang perlu dikerjakan bisa membuat rakyat bisa keluar dari krisis ekonomi yang mencekik dan krisis politik yang memuakkan, justru diabaikan.” Jelas Eep.

Lebih menyedihkan lagi, tambahnya. ketika arus politik dan ekonomi yang telah menempatkan rakyat sebagai korbannya ini seolah-olah hanya dilawan oleh pembangkangan militer dan polisi. Citra yang terbangun oleh pemberitaan pers bahkan telah menempatkan parlemen seolah-olah sebagai pahlawan yang ingin melawan arus itu. “Padahal, sesungguhnya justru DPR-lah yang telah ikut mengalirkannya,” Ujar mahasiswa Ohio State University, AS ini.

Karangan Persuasi Pendidikan

Persuasi Pendidikan dipakai oleh orang-orang yang berkecimpung dalam bidang pendidikan dan digunakan untuk mencapai tujuan-tujuan pendidikan. Seorang guru, misalnya bisa menggunakan persuasi ini untuk mempengaruhi anak didiknya supaya mereka giat belajar, senang membaca dan lain-lain. Seorang motivator dan inovator pendidikan bisa memanfaatkan persuasi pendidikan dengan menampilkan konsep-konsep baru pendidikan untuk diterapkan oleh pelaksanaan pendidikan.

Berikut contoh karangan persuasi tentang pendidikan secara singkat :

KERAPIAN BERBAHASA BERKORELASI DENGAN KECERMATAN PENALARAN

Keterampilan berbahasa perlu diposisikan berbanding sejajar dengan kerapihan berbahasa. Artinya, kepiawaian berbahasa seseorang harus didukung bahkan ditentukan oleh kerapian atau keapikan bahasa yang digunakannya.

“Mengenai hal ini ada pandangan yang menyebutkan bahwa kerapian berbahasa sangat berkorelasi dengan kecermatan penalaran.” Kata Dr. Hasan Alwi, mantan kepala pusat Bahasa, disela-sela seminar Nasional XI Bahasa dan sastra Indonesia, di Denpasar (Bali) yang berlangsung.

Menurut Hasan Alwi, pemakaian bahasa yang rapi dan dilandasi oleh penalaran yang cermat merupakan syarat mutlak dalam keterampilan berbahasa. Dua hal ini sekaligus akan sangat membantu kemudahan dan kelancaran dalam berkomunikasi. Akan tetapi, kenyataan menunjukkan perpaduan ideal itu masih jauh dari harapan. Hal ini terlihat dari penggunaan bahasa Indonesia – baik tulis maupun -dikalangan masyarakat Indonesia yang masih terkesan sembrono, serta mengabaikan prinsip-prinsip dasar bahasa Indonesia yang baik dan benar. “Jika ditinjau dari segi kerapian bahasa dan kecermatan bernalar, mutu pemakaian bahasa Indonesia yang dihasilkan itu sering sekali membuat para pakar dan pengamat bahasa berkecil hati-hati.” Kata Hasan Alwi.

Karangan Persuasi Advertensi/iklan

Persuasi Iklan dimanfaatkan terutama dalam dunia usaha untuk memperkenalkan suatu barang atau bentuk jasa tertentu. Lewat karangan iklan ini diharapkan pembaca atau pendengar menjadi kenal, ingin memiliki, senang dan berusaha untuk memiliki barang atau menggunakan jasa yang ditawarkan. Oleh karena itu, advertensi diberi predikat jalur komunikasi antara pabrik dan penyalur, pemilik barang dan juga publik sebagai konsumen. Tampilan iklan baraneka ragam, ada yang sangat pendek dan ada pula yang panjang.

PALMER DAN ROLEX, HAKIKAT DARI SUKSES

Almond palmer dewasa ini menggebrak dunia usaha dengan kehebatan yang sama dalam permainan golf. ia penuh keyakinan berani dan gigih dalam mengambil resiko. Namun dengan perhitungan yang matang.

palmer melibatkan diri dalam balasan kegiatan usaha diseluruh dunia, yang membuatnya seringkali terbang untuk berbagai pertemuan dan mengemudikan sendiri pesawat jet pribadinya. satu dari kegiatan – kegiatan yang paling penting adalah merancang desain dan lanskap padang-padang golf.

Palmer tetap merupakan nama yang diperhitungkan di padang golf yang mampu mempesona pengusaha sukses yang telah menjadikannya tokoh televisi. Palmer merupakan seorang pengusaha sukses yang selalu memberikan perhatian sampai kedetail.

Menjaga ketepatan waktu jelas merupakan tugas yang amat penting. Ia mempercayakan pada jam tangan emas Roex Oyster Daydate.” Bagi saya golf sudah merupakan bagian dari jiwa. Perasaan yang sama kuatnya juga saya alami dengan Rolex, menjalankan tugasnya dengan sempurna.

Karangan Persuasi Propaganda

Persuasi Propaganda yaitu berupa informasi, tujuannya tidak hanya berhenti pada penyebaran informasi saja tetapi lebih dari itu, dengan informasi diharapkan pembaca atau pendengar mau dan sadar untuk berbuat sesuatu. Karangan ini sering digunakan dalam kegiatan kampanye. Isinya adalah berupa informasi dan ajakan. Tujuan akhir kampanye adalah agar pembicara dan pendengar menuruti isi ajakan kampanye tersebut. Contoh Persuasi Propaganda adalah :

PERILAKU MENYAMPAH

Dikota-kota besar, setiap orang mencari kemudahan dalam hidup. Kebiasaan makan, misalnya dikota besar seperti restoran fast food cenderung menggunakan kemasan terbuat dari plastik atau stirofoan yang sekali pakai langsung buang. Kemasan kue kalau dahulu menggunakan daun pisang yang bisa membusuk, sekarang cenderung menggunakan plastik. Semua itu kebiasaan impor yang bukan budaya indonesia. Budaya indonesia menggunakan kemasan daun pisang atau daun jati. 

sebenarnya volume sampah bisa dikurangi drastis bukan hanya dengan menangani sampah plastik sebaik-baiknya atau dengan daur ulang, tetapi bagaimana menghindari seminim mungkin perilaku menyampah. Hanya kekuatan konsumen yang bisa menekan produsen mengurangi bahan-bahan yang makin menambah volume sampah. 

semaksimal mungkin semua orang harus mengurangi penggunaan kemasan-kemasan yang kemudian akan menjadi sampah yang tidak bisa hancur. Misalnya, menghindari membeli makanan dan minuman yang menggunakan kemasan plastik.

Demikianlah contoh karangan persuasi beserta penjelasannya. Karangan ini dibentuk sesuai golongan dalam penggunaannya. Maka kita harus memahami pola dari karangan ini. 

Tinggalkan komentar