Contoh Kalimat Utama

Contoh Kalimat Utama

Disetiap kalimat memiliki fungsi dan jenis kalimat masing-masing. Contohnya kalimat perintah berbeda dengan kalimat ajakan, kalimat larangan berbeda dengan kalimat seru. Pada kalimat utama saling berhubungan dengan kalimat penjelas.

Apa yang menjadi perbedaan antara kalimat utama dan kalimat penjelas ? Berikut penjelasanya tentang kalimat utama dan kalimat penjelas.

Baca juga : Kalimat Efektif

Kalimat Utama

Kalimat utama yaitu terdapat sebuah ide pokok atau gagasan utama, Berisi topik yang sedang di bahas didalam paragraf. Ciri – ciri kalimat utama yaitu :

  • Kalimat utama biasanya terdapat di awal (Deduktif) dan di akhir (Induktif). Pada umumnya kalimat utama yang terdapat di akhir (Induktif) biasanya menggunakan kata-kata jadi, dengan demikian dan sebagai kesimpulan.
  • Kalimat utama menjadi acuan pengembang paragraf.
  • Kalimat utama memiliki arti yang jelas dan mempunyai gagasan utama atau ide pokok.
  • kalimat utama bersifat umum dan mencakup keseluruhan isi dalam suatu paragraf.
  • Kalimat utama bisa berdiri sendiri tanpa ada nya kalimat penjelas.

Kalimat Penjelas

Kalimat Penjelas berfungsi untuk menjelaskan kalimat utama. Dalam satu paragraf bisa berisi beberapa kalimat penjelas. Ciri-ciri kalimat penjelas :

  • Kalimat penjelas tidak bisa berdiri sendiri, artinya kalimat penjelas harus ada kalimat utama atau gagasan utama.
  • Kalimat penjelas menggunakan kata penghubung seperti contoh, pendapat dan fakta.
  • kalimat penjelas bisa terletak di awal dan di akhir kalimat utama.
  • kalimat penjelas biasanya bersifat khusus.

Baca juga : Contoh Observasi

Contoh Kalimat Utama dan Kalimat Penjelas

Contoh 1 – Kalimat Utama di Awal (Deduktif)

Kebersihan lingkungan sangat penting bagi kesehatan. Oleh karena itu, kita harus selalu menjaga kebersihan lingkungan di sekitar kita, disekolah dan dimana saja. Sudah banyak orang yang terserang penyakit dikarenakan kurang nya menjaga kebersihan lingkungan. Contohnya, DBD, Flue, alergi debu, panu dan penyakit kulit.

Contoh 2 – Kalimat Utama di Akhir (Induktif)

Fungsi utama Museum adalah menyimpan, merawat, mengamankan dan memanfaatkan koleksi museum berupa benda cagar budaya. Dengan demikian, museum memiliki fungsi besar yaitu sebagai tempat pelestarian.

untuk lebih jelas dalam perbedaan kalimat utama dan kalimat penjelas pada contoh 1 dan contoh 2 maka kamu bisa lihat tabel di bawah ini !

Nama ContohIde PokokKalimat UtamaKalimat Penjelas
Contoh 1 – Di awal (Deduktif)Pentingnya menjaga kebersihan LingkunganKebersihan lingkungan sangat penting bagi kesehatanOleh karena itu, kita harus selalu menjaga kebersihan lingkungan di sekitar kita, disekolah dan dimana saja. Sudah banyak orang yang terserang penyakit dikarenakan kurang nya menjaga kebersihan lingkungan. Contohnya, DBD, Flue, alergi debu, panu dan penyakit kulit.
Contoh 2 – Di akhir (Induktif)Fungsi MuseumMuseum memiliki fungsi besar yaitu sebagai tempat pelestarian.Fungsi utama Museum adalah menyimpan, merawat, mengamankan dan memanfaatkan koleksi museum berupa benda cagar budaya.

Dari tabel di atas sudah cukup jelas bukan? Mana yang menjadi kalimat utama dan mana yang menjadi kalimat penjelas.

Baca juga : Perbedaan Klausa dan Kalimat

Demikianlah pembahasan Contoh kalimat utama sekaligus kalimat penjelas. Perlu kamu ketahui bahwa kalimat utama dan gagasan utama itu berbeda. Kalimat utama adalah kalimat yang menjadi pokok bahasan dalam sebuah paragraf sedangkan gagasan utama yaitu tema atau ide dari sebuah paragraf. Baca juga : Contoh Kata Sifat