Contoh Kalimat Deklaratif

Contoh Kalimat Deklaratif

Kalimat Deklaratif yaitu kalimat yang lebih sering kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari. Kalimat ini seperti kalimat berita atau kalimat informasi. Kalimat Deklaratif ini merupakan sambungan dari kalimat Imperatif, hal ini dikarenakan imperatif, deklaratif dan introgratif termasuk didalam jenis-jenis kalimat. Pembahasan ini sudah mencakup kedalam pengertian, ciri-ciri dan jenis-jenis beserta contohnya. Baca juga : Contoh Konjungsi Temporal.

Pengertian Kalimat Deklaratif

Kalimat Deklaratif biasanya sering disebut sebagai kalimat berita. Kalimat Deklaratif adalah Kalimat pernyataan yang mengandung unsur memberitakan sesuatu hal kepada lawan tutur. Sesuatu yang diberitakan pada umumnya merupakan pengungkapan suatu keadaan baik dalam bentuk lisan maupun tidak lisan. Kalimat deklaratif diucapkan pembicara tanpa mngharapkan tanggapan atau responsi dari lawan bicara, hal ini dikarenakan kalimat ini tidak berupa kalimat pertanyaan melainkan kalimat pernyataan. Kalimat pernyataan pada kalimat ini bisa berupa opini (pendapat) dan juga bisa berupa fakta. Bentuk kalimat deklaratif ini sederhana yang hanya mempunyai satu subjek dan satu predikat dan juga biasanya di akhiri dengan tanda petik (“).

Ciri-ciri Kalimat Deklaratif

Sama hal nya dengan kalimat pada umumnya, Kalimat Deklaratif ini mempunyai ciri- ciri yang dapat membedakan pada kalimat-kalimat lainnya. Ciri-ciri Kalimat Deklaratif yaitu :

  • Susunan kalimat deklaratif sama dengan susunan pada kalimat lainnya tidak adanya ciri khas atau khusus.
  • Intonasi pada kalimat deklaratif lebih cenderung datar dan netral
  • Pokok pembicaraan kalimat deklaratif bisa terletak di awal dan akhir kalimat.

Baca juga : Contoh Paragraf Narasi

Jenis-Jenis Kalimat Deklaratif

1 – Kalimat Deklaratif Aktif

Kalimat Deklaratif Aktif adalah kalimat yang bersifat aktif, artinya subjek pada kalimat ini melakukan tindakan kepada objek. Kalimat Deklaratif Aktif ini terbagi menjadi 2 (dua ) bagian yaitu kalimat deklaratif intransitif dan kalimat deklaratif transitif.

a. Kalimat deklaratif aktif transitif yaitu kalimat berita yang mempunyai unsur objek didalamnya. Kalimat deklaratif aktif transitif ini bisa diganti menjadi kalimat pasif. Pada umumnya kalimat ini mempunyai predikat yang imbuhan me-. Contohnya :

  • SMK 1 Pasir Putih mengadakan acara pemilihan anggota Rohani yang baru pada tanggal 05 September mendatang. (aktif)
  • Pada tanggal 05 September mendatang akan diadakan Pemilihan anggota Rohani yang baru oleh SMKN 1 Pasir Putih. (pasif)

b. Kalimat deklaratif aktif Intransitif yaitu kalimat berita yang tidak mewaijibkan adanya unsur objek didalamnya. Berbeda dengan Kalimat deklaratif aktif transitif yang mempunyai predikat imbuhan me- dan bisa diganti menjadi kalimat pasif, Kalimat deklaratif aktif Intransitif ini mempunyai imbuhan ber- dan tidak bisa diganti menjadi kalimat pasif. Contohnya :

  • Acara wisuda periode pertama telah berlangsung sejak pagi jam 07.00 Wib
  • Diva sempat bertemu Olive pada hari minggu.

2 – Kalimat Deklaratif Pasif

Kalimat Deklaratif Pasif adalah bentuk kalimat berita yang subjeknya dikenai tindakan oleh objek.Kalimat ini terbagi menjadi 2 bagian yaitu Kalimat deklaratif biasa dan kalimat deklaratif zero.

  • Kalimat Deklaratif Pasif Biasa yaitu kalimat berita yang berupa aktif diganti menjadi kalimat berita pasif. Pada umumnya predikat yang terdapat pada kalimat berita pasif biasa menggunakan imbuhan di-, ter-, dan ke -an . Contohnya : Pencuri itu diberi hukuman selama 5 tahun penjara.
  • Kalimat Deklaratif Pasif Zero yaitu kalimat berita yang objeknya tidak memerlukan sisipan dari kata lain dan predikatnya menggunakan akhiran -an. Contohnya : Sudah saya berikan file aslinya kepada sekretaris ibu.

3 – Kalimat Deklaratif Inversi

Kalimat Deklaratif Inversi adalah kalimat yang predikatnya mendahului subjek. Contohnya :

  • Buatkan saya makanan ringan
  • pergilah Ayah dan segera kembali
  • Sudah ibu berikan peralatan belajar kalian
  • Silahkan bapak lihat nilai ini
  • Motor Ibu dikenakan biaya service

4 – Kalimat Deklaratif Langsung

Kalimat Deklaratif Langsung adalah kalimat berita yang berbentuk sebuah kutipan pembicaraan seseorang sama apa yang dikatakan. Contohnya :

  • “Besok siang, Ibu dan kakak akan pergi ke rumah nenek.” Kata Adik
  • Ningsing berkata, ” Lulu sedang dirawat dirumah sakit”.
  • “Saya tidak bisa mengikuti pelatihan itu, dikarenakan saya masih sakit”. Ucap Vina kepada Dinda

5 – Kalimat Deklaratif Tidak Langsung

Kalimat Deklaratif Tidak Langsung adalah kalimat yang mengungkapkan kembali ucapan orang lain. Contohnya :

  • Ibu berpesan akan selalu mencuci tangan sebelum makan.
  • Siti menjelaskan bahwa Yeni tidak bisa ikut mengerjakan tugas kelompok pada sore hari.
  • Rita mengatakan bahwa indra tidak lagi tinggal di Sukabumi.

Demikianlah penjelasan mengenai kalimat Deklaratif dan contoh deklaratif. kalimat deklaratif juga sama dengan kalimat imperatif yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari, tetapi juga banyak terdapat perbedaan. Untuk teman-teman yang belum mengetahui tengang kalimat imperatif, teman-teman bisa mempelajari nya di artikel sebelumnya. Baca juga : Contoh Observasi