Contoh Interaksi Sosial Di Lingkungan Masyarakat Dalam Kehidupan Sehari-Hari

Contoh interaksi sosial di lingkungan masyarakat merupakan hubungan yang sangat erat didalam kehidupan. Hal ini bisa dikatakan hubungan yang saling membutuhkan satu sama lainnya untuk kelangsungan hidup. Interaksi sosial ini dapat terjadi dimana saja bisa di sekolah, dilingkungan sekitar, tempat bermain, tempat kerja, di pasar dan tempat – tempat lainnya yang memang terdapat banyak orang.

Sebelum lanjut ada baiknya kita memahami makna dari kata interaksi sosial. Interaksi sosial merupakan interaksi yang terjadi adanya hubungan timbal balik atau respon antara individu dengan individu, kelompok dengan kelompok, individu dengan kelompok. Inilah arti dan makna dari interaksi sosial, sebenarnya makna dari interaksi sosial sangat luas pemahaman nya, tetapi disini kita rangkum agar mudah memahami makna tersebut. Hubungan timbal balik bisa dikatakan sebagai interaksi sosial apabila menunjukkan ciri-ciri sebagai berikut :

  • Berkomunikasi antara individu dengan individu, kelompok dengan kelompok atau individu dengan kelompok, yang artinya bahwa jumlah untuk interaksi sosial ini yaitu dua orang atau lebih.
  • Terjadinya komunikasi antar pelaku interaksi sosial dengan menggunakan lambang atau simbol.
  • Mencakup waktu seperti masa lalu, masa yang akan datang dan sekarang.
  • Adanya tujuan akhir atau hasil dari interaksi sosial tersebut.

Interaksi sosial tidak akan pernah terjadi jika tidak memenuhi syarat yaitu komunikasi dan kontak sosial. Seperti apa kontak sosial itu ? Kontak sosial itu meliputi gerakan fisik saat bicara, pembicaraan serta sikap. Apa saja contoh interaksi sosial di masyarakat ini ? Berikut penjelasannya !

Contoh Interaksi Sosial Individu Dengan Kelompok Yang Ada Di Lingkungan Masyarakat

interaksi sosial individu dengan kelompok yaitu biasanya satu orang dengan banyak orang seperti ketua RT dan masyarakat. Berikut contoh interaksi sosial individu dengan kelompok yang ada dilingkungan masyarakat :

“Ketua RT Memberikan sambutan kepada warga setempat”

Contoh ini termasuk kedalam individu dengan kelompok, dikarenakan Ketua RT memberikan arahan atau pidato yang berguna untuk warga setempat. Interaksi ini ketua RT yang berkomunikasi dan warga setempat mendengarkan. Namun biasanya banyak warga setempat yang menanyakan kembali kepada ketua RT hal-hal yang kurang jelas menurutnya. Nah hal ini yang dinamakan hubungan timbal balik antara ketua RT dan masyarakat.

Baca juga : Contoh Biografi Tokoh Pahlawan, Orang Tua, Artis Dan Diri Sendiri

Contoh Interaksi Sosial Kelompok Dengan Kelompok Lingkungan Masyarakat

Interaksi sosial kelompok dengan kelompok dilingkungan masyarakat yaitu komunikasi yang dilakukan oleh banyak orang dan biasanya perkelompok. Contohnya :

” Puskesmas Memberikan penyuluhan kepada Masyarakat setempat”

Puskesmas disebut kelompok dikarenakan pihak puskesmas terdapat perawat, dokter, ahli gizi, laboratorium dan lainnya. Maka komunikasi atau interaksi sosial yang terjadi pada puskesmas dan masyarakat merupakan interaksi antar kelompok dengan kelompok.

Contoh Interaksi Dalam Kehidupan Sehari-hari Lingkungan Masyarakat

Banyak beragam contoh interaksi yang terjadi di kehidupan sehari-hari baik dilingkungan masyarakat sekolah dan lainnya. Ada adab dan juga tata cara untuk berinteraksi kepada sesama. Berikut contoh yang sering terjadi dilingkungan sekitar kita :

  • Bergotong royang dilingkungan masyarakat yang biasa dilakukan setiap hari minggu
  • Setiap warga mengikuti acara atau kegiatan kemasyarakatan contohnya PKK, Wirid, Lomba antar RT dan lurah
  • Saling membantu antar tetangga di lingkungan sendiri, contohnya memberikan makanan, membeli kebutuhan rumah tangga di kedai tetangga
  • Membantu dalam pelaksanaan kegiatan pernikahan, sunatan, aqiqah dan lainnya
  • Ikut serta dalam Memperingati dan memeriahkan hari kemerdekaan indonesia di lingkungan sekitar
  • Ikut serta dalam kepanitiaan atau perlombaan pertandingan yang dibuat oleh ketua RT maupun RW
  • Menyapa atau bersalaman ketika bertemu dengan orang yang dikenal
  • Saling memberikan ilmu atau informasi yang bermanfaat kepada orang sekitar
  • Memotivasi dan membeli barang usaha UMKM dilingkungan sekitar
  • Membuka lowongan pekerjaan disekitar rumah untuk membantu antar sesama.

Baca juga : Contoh Gagasan Pokok Pada Paragraf Dan Penjelasannya

Demikianlah penjelasan mengenai interaksi lingkungan di masyarakat. Kita sebagai manusia harus saling berinteraksi kepada sesama. Interaksi sosial meliputi kontak dan pembicaraan, oleh karena itu berinteraksilah dengan sopan dan sikap yang santun.

Tinggalkan komentar