Contoh Gagasan Pokok Pada Paragraf Dan Penjelasannya

Gagasan Pokok merupakan ide pokok atau gagasan yang menjadi pokok pengembangan suatu paragraf. Gagasan pokok kemudian dikembangkan lagi dengan kalimat lebih detail sehingga paragraf tersusun secara utuh. Nama lain gagasan pokok yaitu gagasan utama, ide pokok atau kalimat utama. Dalam satu paragraf hanya memiliki satu kalimat utama atau gagasan pokok. Gagasan Pokok didukung oleh gagasan penjelas. Gagasan penjelas disebut juga dengan ide penjelas atau kalimat penjelas dari gagasan pokok. Ciri – Ciri Gagasan pokok atau ide pokok yaitu :

  1. Gagasan pokok bisa berdiri sendiri tanpa adanya bantuan kalimat penjelas pada sebuah kalimat.
  2. Pada umumnya jika gagasan pokok terdapat bantuan kalimat penjelas, biasanya gagasan pokok ini menyajikan dan mendekripsikan inti permasalahan yang akan dijabarkan pada sebuah paragraf yang terdapat pada kalimat-kalimat lainnya. Contohnya : Anak – anak tidak mau belajar matematika di saat waktu menuju pukul 11.00 WIB. Hal ini dikarenakan akan membuat anak-anak mengantuk dan malas berpikir.
  3. Gagasan pokok pada sebuah paragraf mewakili gambaran pemikiran dari keseluruhan kalimat pada satu paragraf.
  4. Gagasan pokok pada akhir paragraf terdapat penggunaan kalimat konjungsi atau kalimat yang berupa kesimpulan dari satu paragraf.

Untuk menambahkan wawasan kamu tentang gagasan pokok pada sebuah paragraf, kamu bisa belajar dan melatih dalam menentukan ide pokok paragraf yang terdapat di awal paragraf, akhir paragraf, serta paragraf campuran. Dan berikut beberapa contoh yang bisa kamu pahami dalam menentukan gagasan pokok.

Selain contoh gagasan pokok kami juga sudah membahas tentang Contoh Gagasan Pendukung yang bisa kamu baca artikel tersebut.

[rb_related title=”Baca juga : ” total=”2″]

Contoh Gagasan Pokok Pada Paragraf

contoh gagasan pokok dan gagasan pendukung kelas 4 sd

pada bagian ini akan dijelaskan contoh-contoh pada gagasan pokok. gagasan pokok tidak hanya terdapat pada awal kalimat saja, tetapi juga bisa terdapat ditengah, akhir dan awal – akhir . berikut ada 4 gagasan pokok adalah :

  1. Gagasan Pokok pada Awal Paragraf
  2. Gagasan Pokok pada Akhir Paragraf
  3. Gagasan Pokok tersirat pada setiap kalimat
  4. Gagasan pokok terdapat pada awal dan akhir paragraf (Campuran)

Selanjutnya yaitu penjelasan dari 4 contoh gagasan pokok dalam paragraf :

Bagi kamu yang masih bingung dimana sih letak gagasan pokok itu di dalam paragraf silahkan simak artikel berikut ini : Cara Menentukan Ide Pokok Paragraf

1. Gagasan Pokok Pada Awal Paragraf

Berikut ini contoh gagasan pokok yang terletak pada awal paragraf :

Jenis bawang ada bermacam-macam. ada bawang merah, bawang putih, dan bawang bombai. saat ini juga telah banyak petani menanam diperkarangan rumah yang sederhana dengan menggunakan polibet. Dengan adanya penanaman bawang di sekitar rumah, maka tidak perlu membeli bawang-bawang dipasar.

Gagasan pokok pada paragraf tersebut yaitu macam-macam bawang . Gagasan Pokok paragraf tersebut terletak pada awal paragraf. Paragraf ini disusun dengan mengemukakan pokok-pokok persoalan yang bersifat umum ke hal -hal yang bersifat khusus.

2. Gagasan Pokok Pada Akhir Paragraf

Contoh paragraf yang memiliki gagasan pokok di akhir paragraf adalah sebagai berikut :

Beberapa jenis hewan ada yang termasuk kelompok hewan karnivora, herbivora, dan omnivora. contoh hewan karnivora adalah hewan pemakan daging yaitu singa, harimau, serigala. hewan herbivora adalah hewan pemakan tumbuhan yaitu kambing, sapi, kuda. Hewan Omnivora adalah hewan pemakan tumbuhan dan hewan atau biasa disebut hewan pemakan segalanya yaitu : Anjing hutan, Panda.

Gagasan Pokok pada Paragraf diatas adalah Kelompok Makanan. Gagasan Pokok paragraf terletak pada akhir paragraf, karena paragraf ini disusun dengan rincian hal-hal yang bersifat khusus ke hal-hal yang bersifat umum. Dan juga bisa kamu lihat dari paragraf diatas, bahwa paragraf diatas membuat kita menyimpulkan gagasan pokok dari kalimat-kalimat pada satu paragraf.

3. Gagasan pokok tersirat pada setiap kalimat paragraf

Inilah salah satu contoh gagasan pokok yang ada di setiap kalimat dalam sebuah paragraf :

Kakak mengatakan bahwa langkah pertama yang harus dilakukan adalah menghidupkan TOMBOL ON pada laptop. Lalu, Naila harus memastikan laptop dalam keadaan mati. setelah itu, apakah laptop yang sudah dihidupkan memasuki ke halaman dekstop. setelah berada pada halaman utama dekstop barulah kita bisa membuka google untuk mencari hal yang ingin kita cari.

Gagasan Pokok pada Paragraf diatas tersirat dalam setiap kalimat. kalimat-kalimat yang membentuk paragraf tersebut mempunyai kedudukan yang sama penting.

4. Gagasan Pokok Pada Awal dan Akhir Paragraf

Contoh paragraf yang terdapat gagasan pokok tetapi berada di awal serta akhir paragraf adalah sebagai berikut :

Saat ini semakin sulit mendapatkan pekerjaan. Untuk mendapatkan suatu pekerjaan setiap orang harus berkompetisi dengan menempuh berbagai tahap, misalnya tahap psikotes dan wawancara. Namun, sebenarnya setiap orang bisa mencari alternatif usaha karena mendapatkan pekerjaan itu sulit.

Gagasan Pokok pada Paragraf diatas susah mendapatkan pekerjaan. Paragraf diatas merupakan paragraf campuran. paragraf campuran merupakan paragraf yang memaparkan kesimpulan di awal paragraf dan ditegaskan di akhir paragraf.

Demikianlah pembahasan mengenai contoh gagasan pokok dan menentukan dimana letak gagasan pokok dalam sebuah paragraf yang telah kita pelajari. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar