Contoh Gagasan Pendukung

Contoh Gagasan Pendukung

Sebuah bacaan seperti buku cerita, berita dan buku pelajaran terdiri dari beberapa paragraf. Tahukah kamu apa itu paragraf ? paragraf adalah gabungan beberapa kalimat. Hubungannya adalah didalam paragraf terdapat gagasan pokok dan gagasan pendukung.

Di dalam suatu paragraf tidak hanya membahas tentang gagasan atau kalimat utama saja, Tetapi juga terdapat tentang kalimat induktif, kalimat deduktif, teks eksplanasi, teks eksposisi dan banyak lagi yang berkaitan, semua ini juga bisa terdapat dalam 1 cerita. Bagaimana cara membuat dan mengetahui bahwa dalam satu paragraf terdapat contoh gagasan pendukung ? Kamu bisa liat contoh dibawah ini !

Pengertian Gagasan Pendukung

Gagasan Pendukung adalah penjelasan atau tambahan informasi untuk gagasan pokok. Gagasan pendukung di sebut juga sebagai gagasan penjelas. Gagasan pendukung ini berfungsi untuk menjelaskan gagasan pokok. Gagasan pendukung dinyatakan lebih dari satu kalimat saja dan gagasan pendukung biasanya terdapat di kalimat ke dua dan seterusnya pada setiap paragraf.

Baca juga : Contoh Observasi

Contoh Gagasan Pendukung

Contoh 1 : Pengenalan Suku Jawa

Suku jawa berasal dari pulau jawa. Jawa sendiri terdiri dari bagian yaitu jawa timur, jawa tengah, dan jawa barat. Bahasa yang digunakan oleh suku jawa adalah jawa. Alat musik tradisional jawa yaitu berbagai macam seperti jawa timur musik tradisional nya gamelan, jawa barat angklung, jawa tengah Bonang. Suku jawa juga mempunyai tarian daerah yaitu tarian gambyong, tari kuda lumping, tari serimpi dan lainnya. Rumah adat suku jawa yaitu rumah joglo, rumah kampung, Rumah limasan, Rumah tajug. Pada saat ini pulau jawa menjadi salah satu kota pariwisata yang sering dikunjungi wisatawan.

Pada teks bacaan diatas contoh pertama Pengenalan suku jawa, terdapat beberapa contoh gagasan pendukung yaitu :

  1. Bagian-bagian dari pulau Jawa
  2. macam-macam alat musik tradisional Pulau jawa seperti jawa timur, jawa barat, dan jawa tengah
  3. Tarian tradisional pulau jawa
  4. Rumah tradisional pulau jawa.

Contoh 2 : Virus Corona Di Indonesia

Virus Corona Di Indonesia

Pada hari senin 2 maret 2020 Indonesia dinyatakan telah positif terinfeksi virus corona. mereka merupakan seorang ibu yang berumur 64 tahun dan anak berumur 31 tahun. Meraka tertular virus corona diakibatkan oleh adanya kontak langsung dengan tamu orang jepang.

Setelah itu wabah virus corona telah menular di berbagai kota, kemudian pemerintah berupaya mencegah penyebaran virus corona dengan cara menjaga 135 pintu masuk indonesia baik melalui darat, laut dan udara. Hal ini dilakukan agar di kota-kota Indonesia tidak menghadapi covid 19 dengan zona merah.

Wabah covid 19 ini di indonesia membawa dampak negatif bagi seluruh warga indonesia
contohnya dalam dunia pendidikan anak-anak diliburkan selama pandemi ini beakhir, terjadi nya PHK, bekerja WFH dan sebagainya.

Gagasan pendukung pada teks diatas merupakan per paragraf yaitu :

  • Gagasan Pendukung Paragraf 1 : Mereka merupakan seorang ibu yang berumur 64 tahun dan anak berumur 31 tahun
  • Gagasan Pendukung Paragraf 2 : pemerintah berupaya mencegah penyebaran virus corona dengan cara menjaga 135 pintu masuk indonesia baik melalui darat, laut dan udara.
  • Gagasan Pendukung Paragraf 3 :
  • dalam dunia pendidikan anak-anak diliburkan selama pandemi ini beakhir, terjadi nya PHK, bekerja WFH dan sebagainya.

Hal-Hal Dalam Menentukan Gagasan Pendukung :

  1. Bacalah setiap paragraf dengan teliti dan pahamilah.
  2. perhatikan kalimat pertama hingga akhir, bentuklah mana yang menjadi gagasan pokok dalam kalimat pertama hingga akhir dalam satu paragraf, dan mana yang menjad gagasan pendukung pada satu paragraf.
  3. Carilah gagasan pokok terlebih dahulu, baru menentukan gagasan pendukung. Perlu kamu ketahui bahwa gagasan pokok merupakan isi dari suatu paragraf atau inti dari suatu paragraf dan letak dari gagasan pokok bisa terdapat di awal, tengah dan akhir.
  4. Pada umumnya setelah gagasan pokok maka terdapat gagasan pendukung. Gagasan pendukung ini sama dengan gagasan penjelas, biasanya gagasan pendukung ini menguraikan atau menjelaskan dari gagasan pokok.

Demikianlah penjelasan tentang gagasan pendukung. Gagasan pendukung ada dikarenakan adanya gagasan pokok. Maka gagasan pokok dan gagasan pendukung saling berkaitan dalam satu paragraf.