2 Contoh Deskripsi Diri PPPK Guru 3000 Karakter yang Benar

Contoh Deskripsi Diri PPPK Guru 3000 Karakter

Contoh Deskripsi Diri PPPK Guru ini dapat dijadikan rujukan dalam mengisi deskripsi diri pada saat mendaftarkan PPPK guru yang mewajibkan penggunaan maksimal 3000 karakter jadi tidak boleh lewat dari itu.

Berikut afrizatul rangkum beberapa contoh esai deskripsi diri yang baik dan optimis dalam dunia pendidikan untuk diunggah di kolom riwayat PPPK guru 2022 serta apa saja yang harus ada.

Unsur Penting Untuk Deskripsi Diri PPPK Guru

Berikut ini unsur-unsur atau bagian yang penting yang perlu dimuat pada deskripsi diri PPPK Guru.

    1. Tulis Data Informasi Dasar dengan Jelas

    Bagian awal deskripsi diri PPPK Guru diisi dengan informasi pribadi, seperti nama lengkap, tempat tanggal lahir, dan asal daerah. Tuliskan informasi pribadi ini dengan jelas dan tidak bertele-tele.

    2. Cantumkan Informasi Riwayat dan Pengalaman Mengajar

    Informasi yang’tak kalah penting adalah riwayat dan pengalaman mengajar. Cantumkan informasi mengenai sekolah tempat mengajar, mulai dari nama sekolah hingga berapa lama mengajar.

    3. Ceritakan Prestasi dan Kontribusi yang pernah diberikan

    Sertakan pula prestasi yang pernah diraih selama mengajar. Informasi ini bisa menjadi Nilai Plus bagi pelamar.

    4.Ceritakan Motivasi Diri yang Kuat

    Jangan lupa untuk menceritakan motivasi diri yang memuat apa saja hal yang melatarbelakangi sehingga pelamar ingin menjadi seorang guru, serta kontribusi apa yang akan diberikan ke depannya.

    Contoh ESAI Deskripsi Diri PPPK Guru 2022 dengan 3000 Karakter

    1. PERKENALKAN DIRI ANDA DAN LOKASI TEMPAT KITA BEKERJA.

    Perkenalkan, nama saya (nama), saya adalah seorang guru di SD A, SMP A, SMA A.

    2. LAMA MENGAJAR, LINEAR/TIDAK SELAMA INI ANTARA JURUSAN DGN
    MAPEL YANG DIAJAR.

    Saya mulai mengajar dari tahun 2010, tepatnya sudah 12 tahun saya menjalankan profesi yang sangat saya cintai ini. Saya berlatar pendidikan S1 dengan jurusan Bahasa Indonesia dan saya mengampu mata pelajaran bahasa Indonesia ditambah Pembina ekstrakurikuler sastra di SD A, SMP A, SMA A.

    3. PRESTASI SELAMA MENJADI GURU

    Selama menjalankan profesi sebagai seorang guru saya pernah berhasil menjuarai lomba karya tulis ilmiah di Provinsi A. selain itu juga saya pernah menjadi guru Pembina untuk dua siswa saya yang berhasil menjuarai lomba syair di tingkat kabupaten. Sungguh, hal seperti ini membuat saya lebih bersemangat, dan selalu berusaha untuk menjadi guru yang update dan bisa memberi jalan ke siswa-siswi saya untuk menemukan bakat dan minatnya.

    4. PENGEMBANGAN PROFESI APA SAJA YANG SUDAH DIIKUTI SELAMA
    MENJADI SEORANG GURU

    Selain perihal prestasi, saya juga mengikuti program pengembangan profesi yang membuat saya selalu ingin belajar dan menemukan teman-teman baru yang di dunia pendidikan. Program pengembangan profesi yang saya ikuti di antaranya program guru penggerak, PPG dalam jabatan, mengikuti diklat pkp, dan menjadi anggota aktif MGMP yang ada di kabupaten saya. Khusus acara MGMP, rutin saya ikuti sebulan sekali, dari mulai membahas RPP hingga penilaian serta mengembangkan diri menjadi guru yang dirindukan siswa di bahas disini bersama teman teman yang selalu siap menjadi kolaborator sesuai jurusan yang saya ampu. Sungguh kegiatan seperti ini sangat menyenangkan dan menambah wawasan serta pengalaman.

    5. BAGAIMANA HUBUNGAN DENGAN ATASAN, SESAMA GURU, SISWA DAN
    ORTU SISWA (LINGKUNGAN SEKOLAH).

    Hubungan antara saya dengan atasan, dengan rekan kerja serta siswa dan juga wali murid selama ini berjalan dengan sangat baik. Segala sesuatu yang terjadi selalu didiskusikan terlebih dahulu sehingga menghasilkan kata mufakat yang baik.

    6. TULIS KEPRIBADIAN KITA YANG OPTIMIS DI DUNIA PENDIDIKAN DAN IDE
    KITA UNTUK PENDIDIKAN YANG LEBIH BAIK DI KEHIDUPAN YG AKAN
    DATANG.

    Inilah, sepenggal data diri saya sebagai seorang guru (pendidik), saya meyakini dengan adanya pengangkatan PPPK ini, nantinya dunia pendidikan akan semakin maju dan bergelora serta dapat menjadikan pendidikan yang diimpikan tercapai ke depannya dengan harapan saya berada di dalamnya dan ikut andil bersama-sama untuk memajukan pendidikan di Indonesia tercinta ini.

    Baca juga : 5 Contoh Pidato Perpisahan Kelas 6 Singkat dan Jelas

    Contoh 2 Deskripsi Diri PPPK Guru 3000 Karakter

    1. INFORMASI DASAR

    Perkenalkan Nama saya (nama). Lahir di (tempat) pada (tanggal lahir), saat ini saya menjadi guru honorer di (tempat dan nama sekolah).

    2. PENGALAMAN

    Saya telah menjabat sebagai guru honorer selama 5 tahun dan masih mengajar hingga saat ini. Berbagai macam karakter siswa telah saya temui selama mengajar di (nama sekolah). Saya juga pernah menjadi wali kelas selama 3 tahun untuk siswa kelas 6.

    3. PRESTASI

    Dalam kegiatan belajar mengajar, saya berupaya mewujudkan suasana kelas yang menyenangkan, menarik, dan mudah dipahami sesuai karakteristik siswa.
    Di samping itu, saya sering melakukan kolaborasi dengan guru lainnya untuk memajukan sekolah menjadi lebih unggul. Hal itu saya lakukan agar bisa belajar banyak hal dari guru-guru lainnya yang lebih berpengalaman di sekolah tersebut.
    Selama 5 tahun pengalaman mengajar, ada banyak kesempatan berharga yang saya dapat. Terutama untuk terus mengembangkan diri agar menjadi tenaga pengajar profesional. Pada tahun keempat menjadi guru, saya memperoleh penghargaan sebagai guru teladan di tingkat kabupaten dan kota.

    4. MOTIVASI

    Menurut saya sendiri, guru adalah salah satu profesi dari semua pekerjaan di luar sana yang memiliki keistimewaan khusus dibandingkan yang lainnya. Karena selain mengajarkan dan mendidik anak, saya juga dapat mempelajari hal baru yang mungkin belum pernah saya ketahui.

    Sekian Contoh Deskripsi Diri PPPK Guru untuk guru SD, SMP, maupun SMA dengan 3000 karakter, Semoga dapat membantu dalam pembuatan deskripsi diri PPPK Guru 2022 lebih mudah.

    Lulusan Universitas Islam Riau jurusan Teknik Informatika yang hampir 24 jam melakukan kegiatan di depan komputer seperti menulis artikel teknologi di blog Afrizatul.com