Contoh Daftar Pustaka Makalah dari Internet yang Benar

Daftar pustaka merupakan salah satu bab terakhir yang selalu ada di makalah, penelitian, jurnal serta skripsi. Daftar pustaka ini sama dengan kita merujuk dari sebuah buku, penelitian yang harus kita cantumkan sumber aslinya, hal ini agar tidak terjadinya pencurian hak cipta atau plagiat. Maka setiap buku, penelitian atau jurnal pasti ada identitas nya dan dari identitas yang ada bisa kita membentuk daftar pustaka. Agar tidak bingung perhatikan beberapa contoh daftar pustaka makalah ini.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Daftar pustaka adalah susunan daftar yang mencantumkan nama pengarang yang membuat buku, judul buku yang telah dibuat, tahun terbit buku dibuat, penerbitnya dimana. Daftar pustaka dibuat dan disusun berdasarkan abjad dengan tata cara penulisannya yang sudah ditetapkan. Berikut contoh Penulisan daftar pustaka :

Baca juga : Contoh Tinjauan Pustaka Penelitian, Laporan, Skripsi dan Makalah

Contoh Daftar Pustaka Yang Benar

Penulisan daftar pustaka pada umumnya sama, tetapi untuk penulisannya terdapat perbedaan, Perbedaannya yaitu di skripsi dan di jurnal tentu berbeda, di internet dan di buku tentu juga berbeda. Daftar pustaka terdiri dari :

  1. Nama pengarang ( Biasanya untuk penulisan nama dalam daftar pustaka jika dua suku kata maka di balikkan)
  2. Tahun terbit
  3. judul buku
  4. Terbitan
  5. Kota Penerbit

Contohnya : A.S., Rosa., dan Shaluddin, M., 2014, Rekayasa Perangkat Lunak, INFORMATIKA, Bandung

Agar lebih memahami tentang daftar pustaka, maka berikut penulisan yang benar untuk membuat daftar pustaka makalah dari berbagai media seperti internet, makalah jurnal, buku dan skripsi.

Contoh Daftar Pustaka Makalah Dari Internet

Daftar pustaka dari internet biasanya banyak digunakan dikalangan pelajar dan mahasiswa, selain praktis juga biasanya hanya tinggal copy paste dalam pembuatan makalah. Tetapi ada baiknya jika mengambil rujukan dari sumber internet dipahami terlebih dahulu agar tidak terjadi kesalahan dalam makalah. Ternyata walaupun kita mengambil dari sumber internet kita harus membuat daftar pustaka, hal ini juga menghindari adanya plagiat atau melanggar hak cipta. Contoh penulisan jika merujuk dari internet.

  1. Alamat : https://afrizatul.com/contoh-gagasan-pokok/
  2. Judul Artikel : Gagasan Pokok
  3. Tahun Terbit : 2020
  4. Nama Penulis : widya lestari
  5. Waktu Akses : 08 Maret 2021

Penulisan yang benar pada rincian diatas adalah : ” Lestari, Widya. 2020. Contoh gagasan pokok dan penjelasannya. https://afrizatul.com/contoh-gagasan-pokok/ (diakses pada tanggal 08 Maret 2021) “.

Simak : Cara Membuat Daftar Pustaka Otomatis Di Microsoft Word

Contoh Daftar Pustaka Makalah Jurnal

Penulisan daftar pustaka makalah jurnal berbeda dengan penulisan daftar pustaka pada umumnya, karena rujukannya berupa jurnal yang sudah diteliti. Biasanya daftar pustaka jurnal terdapat volume pada akhir penulisannya. berikut contohnya :

  1. Nama pengarang : Mohammed Nageh, E, E
  2. Tahun : 2013
  3. Judul Jurnal : Aplication of Using Fuzzy Logic as an Artificial Intelegence Technique in the screening criteria of the EOR technologies,
  4. Kota terbit : Spe North africa Technical conference and exhibition held.
  5. Volume : 2

Penulisannya adalah : Nageh Mohamed., E. E., 2013, Aplication of Using Fuzzy Logic as an Artificial Intelegence Technique in the screening criteria of the EOR technologies, Spe North africa Technical conference and exhibition held. Vol. 2

Contoh Daftar pustaka dari jurnal lainnya :

  1. Taber J.J., M. F., 1997, EOR Screening Criteria Revisited – Part 1:  Introduction to Screening Criteria and Enhanced Recovery Field Projects, SPE Reservoir Engineering.
  2. Trujillo, M.et.at, 2010, Selection Methodology for Screening Evaluation  of Enhanced-Oil-Recovery. In: Proceedings of the 2010 LACPEC – SPE Latin  American & Caribbean Petroleum Engineering Conference ‘Latin America’s  Energy Challenge: Sustainable & Responsible Economic Development’,  Lima, Decembre 2010, Society of Petroleum Engineers.
  3. Arifin, Saiful., Muslim, Much Aziz., dan Sugiman., 2015, Implementasi Logika Fuzzy Mamdani untuk Mendeteksi Kerentanan Daerah Banjir di Semarang Utara, Scientific Journal of Informatics, Vol.2
  4. Asih, Munjiat Setiani., 2018, Sistem Pendukung Keputusan Fuzzy Mamdani pada Alat Penyiraman Tanaman Otomatis, Jurnal Sistem Informasi, Vol.2

Contoh Daftar Pustaka Makalah Buku

Buku termasuk didalam kategori yang banyak dirujuk untuk sebuah penelitian, hal ini dikarenakan buku merincikan semua cara – cara atau langkah yang bisa menyelesaikan suatu permasalahan pada sebuah penelitian. Selain itu buku merupakan referensi yang sangat mudah di pahami dan banyak terdapat dimana saja. Berikut contoh daftar pustaka yang diambil dari buku yaitu :

  1. F.K. Sibero, Alexander., 2011, Kitab Suci Web Programming, MediaKom, Yogyakarta.
  2. Kusumadewi, Sri, 2003, Artificial Intelligence, Graha Ilmu, Yogyakarta.
  3. Ladjamudin, Al-Bahra Bin., 2006, Analisis dan Desain Sistem Informasi, Graha Ilmu, Yogyakarta
  4. Muharam, Aris., dan S. Rositawaty., 2008, Senang Belajar Ilmu Pengetahuan Alam, Pusat Perbukuan Depdiknas, Jakarta

Contoh diatas sudah tercantum bagaimana penulisan 2 nama pengarang dalam satu buku terbitan dan 2 suku kata nama pengarang dan 3 suku kata nama pengarang dalam buku terbitan.

Baca juga : Cara Menulis Daftar Pustaka Dari Jurnal

Contoh Daftar Pustaka Makalah Dari Skripsi

Biasanya selain merujuk di jurnal, buku dan internet, kita juga bisa merujuk sebuah penelitian dari skripsi (Tugas akhir mahasiswa/mahasiswi), Skripsi ini bisa menjadi acuan untuk penelitian kita atau bisa juga mengembangkan kembali hasil skripsi yang sudah ada. Didalam skripsi selain terdapat daftar pustaka juga terdapat tinjauan pustaka yang bisa kita pelajari. Contoh penulisan daftar pustaka untuk makalah yaitu :

  1. Fauziah, Puspita., 2008, Pengembangan Algoritma Logika Fuzzy Untuk Optimasi Daya Listrik pada Suatu Ruangan, Skripsi Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah, Jakarta
  2. Rizky, Bayu Afrizatul., 2021, Implementasi Augmented Reality pada gedung pascasarjana dan gedung perpustakaan di Universitas Islam Riau, Universitas Islam Riau, Pekanbaru
  3. Lestari, widya., 2020 , Sistem cerdas berbasis fuzzy untuk menentukan screening criteria pada Enhanced Oil Recovery Technologies, Universitas Islam Riau, Pekanbaru.

Untuk penulisan daftar pustaka pada skripsi dan buku tidak ada perbedaan, hanya saja untuk buku terdapat penerbitnya seperti erlangga, graha ilmu dan yang lainnya. Sedangkan pada skripsi penerbitnya yaitu nama pendidikan tempat kita belajar.

Demikianlah penjelasan mengenai contoh daftar pustaka makalah ini. Perlu diketahui dalam penulisan ini haruslah dengan ketelitian dan pemahaman, agar kita salah merujuk dalam buku yang kita ambil. Hal ini juga berpengaruh dalam hak cipta yang sudah dibuat.

Tinggalkan komentar