Contoh Buku Non Fiksi Biografi dan Penjelasannya Lengkap

Contoh buku non fiksi – Buku non fiksi merupakan sebuah karangan yang berbentuk buku dan dibuat berdasarkan kejadian yang pernah terjadi didalam kehidupan sehari-hari dan mengandung unsur Fakta. Sifat dari buku non fiksi ini yaitu bersifat faktual ( dapat di percaya ) karena cerita yang dibuat berdasarkan kisah nyata.Buku Non fiksi ini berbeda dengan jenis buku fiksi, jauh perbedaannya karena karangan buku fiksi ini ditulis berdasarkan imajinasi penulis dan tidak mengandung unsur fakta, Sehingga dapat dikatakan bahwa buku fiksi ini tidak dapat di percaya kebenarannya.

Ciri Ciri Buku Non Fiksi

Ciri-ciri bahasa yang digunakan dalam membuat buku non fiksi ini adalah hendaklah menggunakan kata baku, Tidak mencampurkan bahasa-bahasa asing yang sulit dimengerti pembaca kedalam kalimat dan menggunakan gaya bahasa formal. Dari ciri-ciri yang dipaparkan, berarti pembaca tahu bahwa buku yang dibuat termasuk kedalam genre buku non fiksi.

[rb_related title=”Baca juga : ” total=”2″]

Jenis-jenis Buku Non Fiksi

Dalam penulisan buku atau karangan non fiksi dapat dibedakan menjadi beberapa jenis, kita bisa melihat buku apa saja yang menjadi buku non fiksi beserta penjelasannya yaitu :

  1. Buku Biografi – Buku biografi merupakan buku yang berikan tentang perjalanan kisah hidup dan pengamalan seseorang. Contohnya perjalanan hidup pahlawan indonesia seperti Ir. Soekarno dan Kisah BJ Habibie.
  2. Buku Motivasi – Buku yang dibuat dengan adanya kajian psikologis untuk membangkitkan semangat pada pembaca. Contohnya merry riana
  3. Buku Literatur – Buku yang mempunyai fungsi sebagai rujukan kajian keilmuan
  4. Buku Pendamping – Buku yang mempunyai fungsi dalam mendampingi buku utama.

Baca juga : Contoh Gagasan Pokok

Contoh Buku Non fiksi Biografi

Contoh 1 – R.A Kartini

contoh buku non fiksi biografi tokoh

Buku R.A karini merupakan buku inspirasi para perempuan di dunia. Beliau merupakan pahlawan indonesia yang memperjuangkan hak-hak perempuan. R.A Kartini menolak mentah-mentah keadaan perempuan indonesia yang saat itu banyak yang menilai kaum perempuan hanya penuh dengan kegelapan, kehampan dan tidak berpendidikan. Demi memperjuangkan hak perempuan maka R.A Kartini, mendorong para kaum perempuan untuk bersekolah dan mengejar pendidikan yang tinggi, serta mengejar cita-cita sama seperti perempuan pemerintah dikolonial belanda. Akhirnya R.A Kartini berhasil memperjuangkan dan menempatkan kaum perempuan dari kegelapan ketempat terang benderang, yang dicurahkan kedalam buku yang berjudul ” Habis Gelap Terbitlah Terang”.

Contoh 2 – Ki Hadjar Dewantara

contoh cerita non fiksi biografi pahlawan

Ki hadjar Dewantara merupakan seorang jurnalistik dan juga tokoh pendidikan di Indonesia. Dikatakan sebagai tokoh indonesia atau pahlawan indonesia, dikarenakan beliau memperjuangkan hak-hak pendidikan masyarakat indonesia. Beliau juga mendirikan tempat pendidikan yang dinamakan Taman siswa. Beliau merupakan lulusan pendidikan dasar di ELS (Sekolah dasar di eropa/Belanda). Karya tulis ki hadjar dewantara yaitu “Als lk Eens Nederlander Was” yang artinya seandainya aku seorang belanda. Buku ini dibuat semata-mata untuk menyindir perasaan orang belanda, dikarenakan Belanda menyurut rakyat Indonesia ikut serta dalam pembebasan orang belanda dari tangan bangsa portugis.

Contoh Buku Non Fiksi Motivasi

buku non fiksi motivasi

Contoh buku non fiksi motivasi yaitu berjudul “A Gift From a friend” dan “Mimpi sejuta Dollar” yang dibuat oleh penulis Merry Riana. Buku ini menceritakan tentang perjalanan yang dialami dirinya sendiri yaitu Merry Riana. Merry riana pada saat itu mahasiswi di singapura, dikarenakan terbatasnya ekonomi, dengan keadaan yang sedang dialaminya, maka merry riana harus kuliah sambil bekerja. Tetapi dengan kondisi saat itu, merry riana tidak patah semangat dalam mengejar mimpi dan cita-citanya. Dan pada saat umur belum memasuki 30 tahun, merry riana telah berhasil dalam menggapai kebebesan finansial. Karya tulis yang diciptakan oleh merry riana ini berjudul ” Mimpi setuja dollar” yang diperuntukkan mahasiswa/i dan generasi muda saat ini. Tetapi siapa pun berhak atas motivasi inspirasi perjalan meraih kesuksesan.

Baca juga : Pengertian Dan Cara Membuat Cerita Fantasi

Demikianlah penjelasan mengenai contoh buku non fiksi. Buku non fiksi ini bisa dikembangkan lagi atau pun bisa dijadikan judul skripsi sesuai kebutuhan kamu. Biasanya kamu bisa melanjutkan buku literatur sebagai panduan dalam pembahasan skripsi atau buku pendamping. Tetapi buku biografi selalu ada dan selalu dibuat untuk catatan pribadi, baik itu biografi sendiri maupun biografi orang lain.

Tinggalkan komentar