Contoh Biografi

Contoh Biografi

Contoh Biografi – Setiap kita pasti sudah pernah mendengar atau membaca sebuah biografi. Biografi biasanya terdapat di akhir buku atau halaman belakang sampul buku. Dari biografi yang kita baca banyak yang menarik dan ada juga memotivasi kita.

Ternyata dalam penulisan biografi tidak hanya mengarang berdasarkan pengalaman saja, tetapi juga memiliki struktur – struktur dalam pembuatan biografi. Teruntuk kamu yang menyukai biografi, kamu juga bisa lo membuat biografi kamu sendiri. yuk disimak bagaimana cara menulis biografi .

Baca juga : Kalimat Efektif

Pengertian Biografi

Biografi adalah karya tulis yang mengulas segala sesuatu tentang kehidupan seseorang seperti peristiwa yang pernah dialami, kelebihan atau kekurangan seorang, dan hal-hal yang menarik agar menginspirasi dan memberikan motivasi banyak orang. Dengan adanya biografi kita bisa mengetahui penjelasan, keterangan serta hubungan dari sebuah tindakan kehidupan seorang biografi tersebut.

Pada umumnya biografi sering bercerita tentang tokoh-tokoh sejarah yang sering kita ketahui dan sering kita pelajari, tetapi biografi ini tidak hanya di buat untuk tokok-tokoh pahlawan saja. Biografi juga bisa di tulis untuk menjelaskan kehidupan pribadi, orang tua, sahabat, dan yang lainnya.

Biografi meliputi informasi-informasi yang bersifat penting, dikisahkan kembali secara lengkap dan menyeluruh dengan bahasa atau gaya cerita yang lebih menarik. Biografi biasanya terdapat di buku, majalah, koran atau media lainnya.

Ciri – Ciri Biografi

ciri – ciri biografi adalah :

  • Biografi bersifat Fakta. di ceritakan berdasarkan pengalaman yang sudah pernah terjadi dan sesuai dengan kenyataan.
  • Teks Biografi wajib memiliki 3 struktur yang jelas yaitu Orientasi, Masalah dan Reorientasi.
  • Teks biografi memiliki unsur memecahkan masalah dari awal hingga sukses yang dapat di jadikan motivasi untuk si pembaca atau semua orang.
  • Hak yang terdapat di teks biografi yaitu Judul, Cerita yang menarik, Berisikan Motivasi dalam kehidupan tokoh biografi, Tokoh yang di ceritakan memiliki daya tarik tersendiri

Struktur Biografi

berikut ini 3 struktur yang terdapat pada teks biografi :

  1. Orientasi. Orientasi di sini yaitu gambaran awal tentang tokoh yang di ceritakan dalam teks biografi tersebut. Orientasi ini biasanya terletak pada awal dalam pembuatan teks biografi.
  2. Peristiwa dalam masalah yaitu bagian tengah yang berisikan tentang peristiwa atau kejadian yang pernah dialami oleh seorang biografi secara fakta atau kenyataan. Seperti masalah yang di hadapi dalam kehidupan sehari-hari atau cita-cita dalam hidupnya dan bagaimana memecahkan masalahnya. Terdapat juga hal-hal yang menarik , mengesankan, mengagumkan dan menyedihkan yang pernah dialami sang tokoh biografi tersebut.
  3. Reorientasi yaitu bagian penutup dalam biografi. Bagian ini berisi tentang padangan penulis terhadap tokoh biografi yang diceritakan dalam teks biografi tersebut. Reorientasi bersifat opsional, yang artinya pada bagian ini boleh ada atau boleh tidak.

Baca juga : Contoh Gagasan Pokok

Contoh Biografi

1. Contoh Biografi Tokoh Pahlawan Indonesia

Salah satu jenis biografi yang paling sering ditemukan adalah biografi tokoh pahlawan. Tokoh Pahlawan indonesia banyak sekali di ceritakan pada buku-buku pelajaran. Untuk membuat sebuah biografi tentang tokoh pahlawan, maka penulis di wajibkan untuk mencari informasi seputar tokoh pahlawan tersebut. Karena Informasi yang di dapatkan haruslah Akurat dan sesuai fakta. Berikut adalah contoh biografi Pahlawan Wanita Martha ChirtinaTiahahu

Martha ChirtinaTiahahu lahir di Maluku pada tanggal 4 Januari 1800, Belia merupakan putri dari Bapak Kapitan Paulus Tiahahu yang ikut serta dalam perang 1817 yaitu Pattimura melawan belanda. Masa kecil Martha ChirtinaTiahahu selalu ikut ayah nya dalam rapat pembentukan kubu pertahanan, Maka dari itu ketika Martha ChirtinaTiahahu berumur 17 tahun ia sudah berani melawan para penjajah.

Martha ChirtinaTiahahu termasuk dalam pemimpin pejuang wanita yang mendampingi para pria untuk melawan penjajah belanda dalam merebut kembali desa Ouw, Ulath pulau Saparua. Pasukan Martha ChirtinaTiahahu pernah membunuh pemimpin belanda yang bernama Richemont. Setelah kejadian pembunahan yang terjadi pada pemimpin belanda peperangan terus terjadi di maluku, hingga pada akhirnya ayah Martha ChirtinaTiahahu tertangkap dan dijatuhi hukuman mati.

Martha ChirtinaTiahahu berusaha untuk membebaskan ayahnya dari penjajah belanda, tapi sayangnya para pejuang maluku berhasil di tangkap oleh pihak belanda dan ayah Martha ChirtinaTiahahu meninggal dunia dengan hukuman mati

Hingga akhirnya Martha ChirtinaTiahahu dihukum dan di asingkan ke pulau jawa. Pada tanggal 2 januari Martha ChirtinaTiahahu meninggal dunia pada saat perjalanan menuju pulau jawa dan jasad Martha ChirtinaTiahahu hanya di buat kelautan. Perjuangan dan keberanian nya dalam melawan penjajah belanda, Martha ChirtinaTiahahu di berikan gelar kehormatan sebagai pahlawan perempuan nasional Indonesia.

2. Contoh Biografi Orang Tua

Biografi ini menceritakan tentang biografi orang tua penulis, biasanya teks biografi ini di tulis karena menceritakan kehebatan sosok kedua orang tua nya kepada penulis. Kata-kata yang digunakan pun biasanya menggunakan kata pujian. berikut contoh biografi orang tua yaitu ibu.

Ibuku bernama Maya, beliau memiliki seorang suami yang bernama bayu. dia memiliki 4 orang anak yaitu 1 anak laki-laki, dan 3 anak perempuan. Dia sangat menyayangi anak-anak nya dan selalu memikirkan kebahagian anaknya kelak.

ibuku seorang ibu rumah tangga yang mengurus semua pekerjaan rumah, beliau dahulu pekerjaannya adalah seorang ibu rumah tangga. Setelah menikah dengan ayah ku ibu ku tidak lagi bekerja diluar dan hanya mengurusi kami-kami anaknya.

Dahulu ibuku berasal dari keluarga kurang mampu, maka dari itu ibu selalu mengajarkan kami tentang betapa sulitnya mencari uang. Ibuku tidak lah seorang pendidikan, tetapi kami selalu di berikan pendidikan yang layak oleh ibu dan ayah seperti anak yang lainnya. berbagai rintangan dan masalah selalu muncul, tetapi ayah dan ibu selalu bisa mengatasinya. Mereka berdua adalah kebanggaan saya, dan inspirasi saya. “

3. Biografi Diri Sendiri

Biografi diri sendiri ini merupakan teks biografi yang di tulis tentang kehidupan sang penulis. Tujuan di buatnya biografi diri sendiri yaitu untuk memotivasi pembaca atau sesuai dengan kebutuhan penulis. Contoh biografi penulis.

” Perkenalkan nama saya widya lestari. Saya di lahirkan pada tanggal 05 September 1997, saya lahir dan besar di Riau. Semasa saya kecil, saya selalu ditinggal oleh orang tua saya untuk bekerja. Hal ini dilakukan untuk mencukupi kebutuhan saya, adik dan kakak saya. Keluarga Besar ibu saya di Riau sedangkan keluarga besar ayah saya di Jawa.

Dari SD sampai dengan SMK saya berada di kota yang sama yaitu Dumai, Ketika saya sudah lulus SMK saya melanjutkan pendidikan perguruan tinggi di kota pekanbaru. Saya menempuh pendidian S1 selama 4 1/5 tahun atau 9 semester. Selama saya kuliah saya sering melalukan pekerjaan part time seperti Mengajar Private, Sebagai Kasir, dan Jualan Online. Saya tidak pernah malu dengan pekerjaan part time. Dan sekarang saya menjadi penulis artikel di blog ini. Menjadi penulis di Blog ini sangat membantu saya disaat Musibah Corona ini. Tetap bersyukur pada saat ini, jangan menyerah meraih mimpi-mimpi. Itulah cerita singkat biografi saya, semoga menginpirasi teman-teman sekalian.

4. Biografi Artis

“Citra Kirana adalah seorang aktor atau artis cantik Indonesia dan juga seorang model. Dia lahir di Bogor, Jawa Barat Pada tanggal 23 April 1994. Citra kirana sering disapa dengan Ciki atau Citra merupakan Putri Bungsu dari 4 Bersaudara.

ketika umur 15 tahun citra kita memulai terjun ke dunia hiburan, ia mengikuti casting film dan iklan, walaupun sering gagal berkali-kali. Tetapi hal itu tidak membuat citra kirana patah semangat dan selalu mencoba lagi. Pada Tahun 2007 ia berhasil menjadi finalis dalam ajang Gadis sampul yang membuat karirnya mulai naik.

Pada tahun 2009 citra kirana mendapat tawaran menjadi seorang pemain sinetron hingga saat ini. banyak prestasi yang sudah di raih oleh citra kirana seperti penghargaan artis sinetron terpuji di ajang festival bandung pada tahun 2013, Kategori artis terfavorite dalam ajang panasonic Gobel Award dan prestasi lainnya

Itulah beberapa penjelasan tentang contoh biografi. Inti dari membuat biografi adalah Teks biografi ini di tulis dengan fakta (aktual) sumber informasi yang jelas, dan menggunakan 3 struktur yaiu orientasi, peristiwa atau kejadian dan Reorientasi.