Contoh Abstrak Skripsi: Pengertian dan Strukturnya Lengkap

Abstrak merupakan karangan yang dirangkum secara singkat dan keseluruhan bisa disebut Inti dari sebuah karangan tersebut. Abstrak terdapat di halaman depan sebelum karya ilmiah atau jurnal yang telah dibuat. Pada artikel kali ini terdapat contoh abstrak pada skripsi yang bisa kamu jadikan rujukan.

Abstrak menjadi salah satu syarat yang harus ada di halaman Skripsi. Maka tak jarang penulis atau mahasiswa mencari contoh abstrak yang digunakan sebagai acuan dan pertimbangan untuk membuat abstrak di sebuah penelitian tersebut.

Jika kita membuat abstrak maka pembaca sudah mengetahui gagasan atau ide pokok yang terdapat pada jurnal atau karya ilmiah kita.

[rb_related title=”Baca juga : ” total=”2″]

Pengertian Abstrak

pengertian Abstrak secara umum yaitu sebuah ringkasan yang mencakup gagasan atau ide pokok dan juga inti dari sebuah penelitian dari sejumlah keseluruhan pembahasan yang ada disampaikan. Ringkasan ini bukan seperti kesimpulan yang membahas pengertian dari penelitian yang kita buat.

Tetapi ringkasan yang memang berbentuk seperti kesimpulan, Namun terdapat kata kunci seperti Screening EOR, Metode mamdani, Java . Kata kunci yang bisa kita gunakan dalam abstrak yaitu 3 atau bisa lebih.

Sudah terbayang bukan bagaimana Abstrak ini ? Bagaimanakah penulisan abstrak yang tepat ?

Struktur Penulisan Abstrak

Penulisan Abstrak juga harus terstruktur, maka dari itu dalam penulisannya pun harus menggunakan kaidah yang harus diterapkan, antara lain :

1 – Latar Belakang

Latar belakang yang terdapat di abstrak hampir sama dengan latar belakang yang tercantum di skripsi contohnya. Namun, tidak semua yang tercantum di bagian skripsi di salin juga dibagian abstrak, Karena abstrak hanya singkat, padat dan jelas.

Maka kamu harus bisa merangkum latar belakang yang dihadapi oleh peneliti dan juga latar belakang permasalahan yang ada. Contohnya, Latar belakang mengenai Supermarket yang membutuhkan struk pembelian, maka permasalahan yang harus peneliti selesaikan yaitu membuat program untuk struk pembelian.

Dengan adanya inti permasalahan dari latar belakang, maka akan memudahkan peneliti dalam memberikan solusi dari sebuah penelitian yang dilakukan.

2 – Metode/Pendekatan

Metode dalam abstrak yaitu kita harus menjelaskan secara ringkas dan jelas dengan penggunaan metode/pendekatan apa yang sesuai dalam penelitian yang sedang dilakukan.

Dengan adanya metode ini, maka memudahkan peneliti dalam mengambil langkah yang harus digunakan untuk menyelesaikan penelitian tersebut. Contohnya metode kuantitatif dan juga kualitatif.

3 – Hasil Utama / Penelitian

Hasil penelitian ini merupakan penjabaran peneliti dalam sebuah penelitian terkait hubungan latar belakang dan metode yang digunakan, apakah saling berhubungan dan menyelesaikan masalah dari sebuah penelitian tersebut.

Maka penjabaran latar belakang dan metode haruslah jelas agar hasil penelitian juga jelas dan tepat. Contohnya, seandainya kamu membuat sebuah penelitian menggunakan hasil berupa persenan, kamu bisa mencantumkan kedalam abstrak ini.

4 – Kesimpulan

Kesimpulan merupakan akhir dari penjabaran latar belakang, metode dan hasil penelitian. Maka kamu harus merincikan secara detail hasil dari penelitian ini. Apakah penelitian ini berhasil 100% dan kurang dari itu.

Melihat dari hasil akhir, dapat membuat pembaca tau bahwa penelitian ini berhasil tidaknya dan juga kita memberikan masukan serta saran dalam penelitian yang sudah dilakukan.

Contoh Abstrak Skripsi Bahasa Indonesia dan Inggris

Contoh 1 – Abstrak Bahasa Indonesia

SISTEM CERDAS BERBASIS FUZZY UNTUK MENENTUKAN SCREENING CRITERIA PADA ENHANCED OIL RECOVERY TECHNOLOGIES

Widya Lestari
Jurusan Teknik Informatika Fakultas Teknik Universitas Islam Riau
Email : [email protected]  

ABSTRAK
            Menurut Aladasani (2010) Peningkatan Oil Recovery saat ini sedang berfokus pada penelitian dan pengembangan metode Enhaced Oil recovery yang tepat pada suatu lapangan. Screening Criteria dapat digunakan sebagai panduan atau langkah pertama dalam pelaksanaan Enhanced Oil Recovery (EOR). Jika Screening Criteria berhasil dilakukan, maka pemilihan metode tahapan selanjutnya menjadi lebih mudah dilakukan. Penelitian ini mencoba untuk membangun suatu sistem cerdas yang menerapkan metode mamdani dalam pengaplikasiannya membuat pekerjaan dibuat menjadi lebih mudah. Dalam penelitian ini, informasi yang dimasukan dalam sistem berupa data studi care dan informasi yang ditampilkan dalam sistem berupa hasil perhitungan Screening Criteria tertinggi dari 14 method EOR. Pengujian akurasi system cerdas berbasis fuzzy logic mamdani adalah 88%. Penilaian performance dengan pengisian kuisioner sebesar 86,9% sehingga dapat dimplementasikan.
 
Kata Kunci : Mamdani, Fuzzy logic, Enhanced Oil Recovery, Screening Criteria

Contoh 2 – Abstrak Bahasa Inggris

IMPLEMENTATION OF AUGMENTED REALITY IN POSTGRADUATE BUILDING AND LIBRARY BUILDING IN THE RIAU ISLAMIC UNIVERSITY

Bayu Afrizatul Rizki
Department of Informatics, Faculty of Engineering, Islamic University of Riau.
Email : [email protected]
 
ABSTRACT
Augmented reality (AR) is an environment that inserts 3D virtual objects into a real-time environment. The method in this study is the waterfall begins with observation, application design and application testing. Observations were made in 2 places, the Postgraduate Building and the Islamic Islamic University Riau Building. The application was developed using SketchUp, Unity, Kudan, Android software. Application testing is done in a black box, comparison with other studies and Beta End Users, while the analysis of application testing of visitor attraction is done through a questionnaire with question item scale using a Likert scale in 6 value scales. 20 respondents who filled out the questionnaire were community members. Performance assessment by filling out the questionnaire by 88% so that it can be implemented
 
Keywords: Android, SketchUp, Kudan, Unity, Augmented Reality
Note : Penulisan Abstrak di dalam Bahasa Indonesia yaitu penggunaan kata maksimal 250 kata, dengan spasi 1 dan mencantumkan 3 kata kunci atau lebih menggunakan penulisan huruf Arial dan ukuran huruf 11. Abstrak ini terletak didepan sebelum latar belakang yang menjelaskan tentang keseluruhan penelitian yang telah dilakukan dengan singkat dan jelas. 

Demikianlah penjelasan mengenai Abstrak, Teruntuk kamu yang dalam penyusunan tugas akhir atau sebuah tugas yang mengharuskan adanya abstrak, kamu harus lebih memahami dan menganalisis bagaimana cara meringkas dengan tepat dan benar untuk abstrak. Seringlah melakukan ringkasan seperti diatas agar kamu terbiasa dalam merangkum yang hanya memerlukan inti penelitiannya saja.

Tinggalkan komentar