Cara Verifikasi Akun YouTube dan Masalah Tidak dapat Kode

Cara Verifikasi Akun YouTube

Cara verifikasi akun youtube merupakan salah satu hal penting yang wajib kamu ketahui khususnya konten kreator, hal ini sangat erat kaitannya dengan keamanan dan akun serta fitur yang tersedia.

Pada awal membuat channel youtube kamu biasanya tidak diharuskan untuk memverifikasi akun youtube terlebih dahulu, oleh karena itu banyak yang tidak tau bagaimana caranya.

Padahal jika akun youtube atau channel belum diverifikasi akan diberikan fitur yang terbatas, selain itu akun juga rentan terkena serangan hacker.

Biasanya seorang konten kreator video youtube baru sadar channel nya belum terverifikasi pada saat tidak dapat mengupload video dengan durasi yang panjang. Bukan hanya itu saja masalah yang akan dialami, untuk itu simak cara verifikasi akun youtube berikut ini!

Cara Verifikasi Akun YouTube Di HP

Bagi kamu yang menggunakan smartphone android atau ios untuk membuat konten video youtube. Sayangnya, kita tidak dapat memverifikasi akun youtube melalui aplikasi yt studio.

cara verifikasi channel youtube lewat hp

Berikut cara verifikasi youtube di hp :

  1. Buka browser di hp kamu baik google chrome, uc browser atau bawaan.
  2. Jika sudah login ke akun google terlebih dahulu.
  3. Setelah itu, kunjungi link berikut ini : https://www.youtube.com/verify.
  4. Tap verify dan masukkan nomor telepon.
  5. Cek sms atau panggilan telepon lalu masukkan kode verifikasi.
  6. Apabila sudah, akan muncul pesan nomor telepon sudah terverifikasi.

Cara Verifikasi Akun YouTube Di PC

Pada dasarnya, untuk memverifikasi akun maupun channel youtube terutama di pc sangatlah mudah. Namun karena youtube baru-baru ini memperbarui tampilannya cukup signifikan, membuat beberapa konten kreator bingung.

cara mengupload video durasi panjang ke youtube

Berikut ini cara verifikasi akun youtube di laptop :

  1. Buka dashboard youtube creator di browser.
  2. Pada bilah sisi kiri pilih Setelan.
  3. Pergi ke tab Channel.
  4. Lalu pada sisi kanan pilih Kelayakan Fitur.
  5. Buka fitur menengah dan verifikasi nomor telepon.
  6. Selesai.

Fitur Setelah Verifikasi Akun YouTube

Seperti yang telah kami jelaskan sebelumnya, bahwa channel youtube akan mendapatkan keuntungan apabila telah melakukan verifikasi. Berikut daftar fitur yang akan kamu nikmati jika memverifikasi akun youtube :

1. Mengupload Video Dengan Durasi Panjang

Fitur yang pertama setelah berhasil memverifikasi akun youtube yaitu kamu dapat mengunggah video di channel dengan durasi panjang di atas 15 menit.

Untuk ukuran file video yang dapat diupload ke youtube maksimal 256 GB atau dengan durasi 12 jam. Hal ini adalah aturan baru di youtube, jadi jangan heran kalau kamu masih bisa melihat video dengan durasi lebih dari itu.

2. Thumbnail Video Youtube Custom

Selain bisa mengupload video yang panjang, fitur thumbnail video youtube custom ini juga akan kamu muncul ketika kamu sudah menverifikasi akun youtube.

Thumbnail video youtube custom merupakan gambar atau sampul depan video yang dapat kamu ubah dengan foto kamu sendiri baik itu dari hp atau pc.

Jadi kamu bebas berkreasi dan membuat thumbnail youtube secara kreatif. Bisa menggunakan aplikasi editor di hp seperti picsart atau software editor di pc seperti photoshop.

Untuk mengubah thumbnail video pun ada 2 cara yang bisa kamu lakukan yaitu ketika video baru saja di unggah atau sudah di upload ke channel youtube kamu.

Mengenai hal ini kami sudah pernah membahasnya, silahkan cek disini : Cara Mengganti Thumbnail YouTube

3. Fitur Live Streaming

Live streaming atau siaran langsung adalah fitur yang memungkinkan kamu untuk berinteraksi dengan penonton video secara langsung atau real time seperti memberi komentar dan lain-lain.

Fitur ini seringkali digunakan pada youtuber gaming yang menampilkan wajah serta gamplay permainan yang dimainkan. Adapun alat yang dipakai meliputi kamera digital, hp ataupun webcam.

Untuk melakukan live streaming di youtube kamu wajib memverifikasi akun youtube, tidak memiliki teguran apapun, serta mematuhi pedoman komunitas dan persyaratan layanan youtube.

4. Mengajukan Banding Atau Klaim Hak Cipta

Segala bentuk konten dilindungi oleh youtube, salah satu fitur upaya youtube untuk mendukung para konten kreator yaitu dengan adanya banding atau klaim hak cipta.

Dengan fitur ini kamu dapat mengajukan banding apabila terdapat kesalahan di youtube seperti video asli kamu diklaim oleh orang lain. Untuk melakukan klaim hak cipta kamu perlu mengisi content ID, dan pemilik hak cipta dengan proses paling lama 30 hari.

Penyebab Tidak Bisa Verifikasi Akun YouTube

Jika kamu sudah mengikuti semua cara di atas dengan benar, tetapi kamu tidak bisa memverifikasi akun atau channel youtube. Karena belum menerima kode apapun, berikut solusinya. Cara mengatasi verifikasi youtube gagal :

1. Operator Tidak Mendukung SMS Google

Perlu kamu ketahui beberapa negara atau wilayah dengan operator tertentu tidak seluruhnya support dalam menerima kode SMS dari google. Alternatif lain silahkan gunakan pengiriman kode verifikasi youtube melalui telepon atau ganti dengan kartu SIM lain.

Jadi silahkan cek apakah kartu yang kamu gunakan saat ini apakah telkomsel, axis, tri, indosat, xl atau yang lainnya. Jika tidak mau ganti ke provider lain, Biasanya operator telkomsel mendukung sms kode verifikasi dari google.

2. Kode Masih Tertunda

Sinyal atau koneksi jaringan juga mempengaruhi kenapa kode verifikasi youtube kamu masih belum masuk. Penyebabnya bisa dari operator dan juga lokasi tempat kamu tinggal.

Tips dari kami apabila belum menerima kode sms dari youtube, coba gunakan panggilan telepon. Apabila tetap belum ada kode apapun ke hp kamu, coba cek nomor yang digunakan sudah benar atau tidak dan silahkan jeda beberapa menit lalu coba lagi.

3. Terlalu Banyak Akun dengan Nomor yang Sama

Poin yang tidak jauh penting yaitu pihak youtube membatas penggunanya untuk mengkaitkan nomor telepon pada akun youtube. Jadi jangan menggunakan nomor yang sama pada 1 akun youtube. Jika tidak, kamu akan menerima pesan “Nomor ini sudah melebihi batas maksimum.”

Solusinya kamu bisa menggunakan nomor telepon yang lain. Namun pastikan pula nomor tersebut akan tetap aktif seterusnya untuk menghindari hal yang tidak diinginkan.

Sekian cara verifikasi akun youtube yang dapat kamu lakukan di hp atau pc dan juga beberapa solusi untuk masalah terkait kode verifikasi youtube. Jika kamu punya pertanyaan silahkan tinggalkan di kolom komentar postingan ini, Semoga bermanfaat.