Cara Uninstal Aplikasi Di Laptop

Halo teman-teman, jumpa lagi dengan saya di blog afrizatul.com pada seri tutorial komputer, Pernah gak sih kamu melihat ada aplikasi yang mengganggu di laptop kamu? sementara kamu tidak tahu persis kapan kamu menginstall aplikasi tersebut. Mungkin juga, kamu ingat kamu menginstall nya tetapi ingin menghapus nya dari laptop windows 7,8 atau 10 kamu dikarenakan aplikasi tersebut tidak penting. solusinya kamu bisa menggunakan cara uninstall aplikasi di laptop.

Nah kebanyakan dari para pengguna windows terutama kamu yang belum pernah menginstall windows dan pertama kalinya menggunakan windows, untuk menghapus aplikasi langsung dari desktop yaitu dengan cara mengklik shorcut pada desktop kemudian menekan keyboard delete secara langsung.

Cara ini sebenarnya tidak benar teman-teman, karena jika kamu hanya menghapus shorcut nya saja. Maka kamu tidak akan menghapus filenya secara menyeluruh. Kenapa begitu? karena ibarat sebuah laptop. Kamu hanya menghapus atau menghilangkan keyboardnya saja sementara benda laptop tersebut masih ada. Kamu hanya perlu mencari keyboard baru untuk mengganti keyboard yang sudah kamu buang sebelumnya.

Begitu juga dengan shorcut. Oke, berikut ini mimin berikan bagaimana cara menghapus atau uninstall aplikasi pada laptop kamu khususnya pengguna windows. Untuk itu silahkan simak tutorial lengkapnya dibawah ini :

Ingin mengubah format atau ekstensi file di windows dengan cepat? kamu wajib membaca ini : Cara Merubah Fomat Ekstensi File dengan Cepat

Langkah-langkah Menguninstal Aplikasi di Windows

Disini mimin tidak hanya akan memberikan tutorial menghapus aplikasi di windows 7, tetapi juga pada windows 8 dan windows terbaru yaitu windows 10.

Dua Cara Uninstal Aplikasi di Windows 10

Terdapat 2 cara yang bisa kamu pakai untuk menguninstall beberapa aplikasi di windows 10 yaitu melalui control panel atau pun menu start secara langsung.

1.Menu Start

Cara yang pertama bisa dibilang cara yang simpel dan cepat untuk kamu gunakan sebagai cara menghapus aplikasi pada laptop kamu.

Pertama, silahkan masuk pergi ke pojok kiri bawah kemudian klik menu start atau logo yang berbentuk gambar windows biru seperti gambar berikut ini :

cara uninstal aplikasi di laptop win 10

Kemudian cari aplikasi yang kamu ingin uninstal, Untuk folder kamu bisa membukanya terlebih dahulu selanjutnya klik kanan pada shorcut aplikasi nya seperti dibawah ini.

cara uninstal aplikasi di laptop windows 10

Dan pilih deh Uninstall, maka otomatis laptop kamu akan melakukan proses penghapusan aplikasi tersebut hingga bersih total.

2.Pengaturan

Nah cara kedua, kamu juga bisa menguninstal aplikasi melalui menu pengaturan. Caranya juga hampir sama dengan cara pertama yang mimin sebutkan sebelumnya.

Pergi ke pojok kiri dan klik menu start, kemudian pilih pengaturan atau simbol gear seperti gambar dibawah.

cara uninstal aplikasi di laptop sampai bersih

Kemudian pada halaman pengaturan pilih Apps seperti yang mimin lingkarin di gambar ini.

Sekarang kamu bisa melihat apa saja aplikasi yang terinstal di laptop windows 10 kamu pada menu Apps ini, Pilih salah satu aplikasi yang ingin kamu uninstal, kemudian klik kiri dan pilih Uninstall. Selesai..

Windows 8

Hampir sama dengan windows 10, Berikut cara uninstall aplikasi di komputer atau laptop kamu yang menggunakan windows 8. dan 8.1

  1. Pertama Tekan Tombol Windows atau menu start di pojok kiri bawah.
  2. Kemudian Cari aplikasi yang ingin kamu uninstal.
  3. Lalu klik kanan pada shorcut nya dan terakhir pilih Uninstall.

Tambahan : Kamu juga bisa menguninstall atau menghapus aplikasi dari windows 8 pada menu Program & Features yang bisa kamu cari pada tampilan awal dari windows 8.

Windows 7

Tapi bagi kamu yang masih menggunakan windows 7 gak masalah kok, cara nya juga hampir sama. Apalagi menurut mimin, windows 7 adalah windows paling sempurna hehe menurut mimin ya.. Berikut caranya.

  1. Pilih Logo windows atau start menu di pojok kiri bawah.
  2. Kemudian cari atau klik pada menu Control Panel.
  3. Lalu Program and Features.
  4. Disana akan ada semua aplikasi yang bisa kamu pilih untuk kamu hapus.
  5. Klik Pada program nya kemudian terakhir pilih Uninstall.

Nah itulah bagaimana cara menguninstal aplikasi di laptop windows 7,8/8.1,dan 10 yang mimin berikan.Buat kamu ada yang mendapatin masalah atau eror silahkan berikan komentar dibawah agar mimin bisa mencari solusinya.. Terima kasih.

2 pemikiran pada “Cara Uninstal Aplikasi Di Laptop”

Tinggalkan komentar