Cara Screenshot Panjang Xiaomi

Mengambil tangkapan layar di hp xiaomi sangatlah mudah, kamu bisa menggunakan beberapa cara tetapi hasilnya akan sama dengan apa yang ada di depan layar hp kamu saat itu. Buat kamu yang ingin mengambil screenshot secara fullscreen, berikut cara screenshot panjang xiaomi dengan mudah.

Seperti yang kita ketahui semua bahwa sebenarnya mengambil ss di hp xiaomi bisa kamu lakukan tanpa aplikasi tambahan, salah satu cara yang paling sering digunakan oleh mifans yaitu mengambil tangkapan layar melalui ikon screenshot pada menu swipe up bagian atas.

Namun ternyata saat ini sudah ada aplikasi yang memungkinkan kamu untuk mengambil screenshot di hp android, Dengan aplikasi ini kamu akan menemukan berbagai fitur menarik terkait screenshot seperti mengambil screenshot panjang dan fitur yang tidak akan kamu dapatkan di fitur screenshot bawaan xiaomi.

Ini cocok banget buat kamu yang ingin mengambil screenshot di sebuah halaman situs atau website, chattingan, foto dan hal penting lainnya. Tentunya hasil screenshot akan menjadi panjang ke bawah secara penuh tanpa perlu kamu ambil screenshot manual satu persatu.

Baca juga : Cara Mengatasi Xiaomi Tidak Bisa Instal Aplikasi

Cara Screenshot Panjang Xiaomi Tanpa Aplikasi

Cara yang pertama kita bisa menggunakan fitur screenshot bawaan di hp xiaomi untuk mengambil tangkapan layar atau screenshot dengan mudah. Berikut panduan cara screenshot panjang di xiaomi tanpa aplikasi tambahan :

Perlu diingat bahwa disini kami menggunakan Xiaomi S2 dengan MIUI Global 11 dan versi Android 9 (Pie). Jika kamu menggunakan hp xiaomi seri lainnya dan miui 10, 9 atau ke bawah maka caranya juga hampir sama.

Bayu Afrizatul Rizki
  1. Silahkan buka halaman website, aplikasi, obrolan chat atau area yang ingin kamu screenshot.
  2. Lalu kamu bisa mengambil screenshot dengan cara swipe up menu atas dan tap ikon screenshot, atau menekan tombol volume atas dan power secara bersamaan.
    cara screenshot panjang xiaomi 6a
  3. Jika sudah maka biasanya akan terdengar suara cekrek yang menandakan area berhasil di screenshot.
  4. Tap Gulir pada hasil screenshot yang ditampilkan.
    cara-screenshot-panjang-xiaomi-note-5
  5. Tunggu hingga screenshot berhasil di ambil dengan proses gulir ke bawah secara otomatis.
  6. Apabila dirasa sudah silahkan tap Selesai.
    cara screenshot panjang xiaomi mi a1
  7. Dengan begitu screenshot akan tersimpan ke galeri xiaomi kamu.
  8. Selesai.

Silahkan buka hasil screenshot tadi melalui galeri, Kamu juga bisa memotong, mencoret, memberikan teks, mozaik hingga mengirim hasil screenshot kamu kepada orang lain tanpa aplikasi editing foto tambahan hanya melalui aplikasi galleri xiaomi.

Kekurangan dari cara ini adalah ada beberapa browser yang tidak mendukung screenshot panjang di hp xiaomi, Salah satunya yaitu browser google chrome. Padahal kebanyakan orang saat ini menggunakan browser chrome sebagai browser default pada hp xiaomi mereka.

Untuk itu kamu bisa mencoba beberapa aplikasi screenshot di android yang kami rekomendasikan berikut ini agar mempermudah kamu untuk mengambil screenshot di hp xiaomi pada semua browser.

Baca juga : Cara Split Screen Xiaomi

Cara Screenshot Panjang Xiaomi Dengan Aplikasi

Sebenarnya ada banyak sekali aplikasi screenshot yang tersedia di google playstore, hanya saja kami akan memberikan satu contoh aplikasi yang kami anggap lebih baik dari yang lainnya. Ikuti cara menggunakan aplikasi screenshot panjang di android :

  1. Buka google playstore di hp xiaomi.
  2. Lalu download aplikasi Longshot untuk menangkap layar panjang dengan ukuran 4 MB.
  3. Jika sudah silahkan install dan buka aplikasi longshot.
  4. Tap Izinkan agar aplikasi longshot dapat mendeteksi dan menyimpan screenshot ke galeri xiaomi.
    cara screenshot panjang xiaomi note 7
  5. Di halaman depan pilih menu Tangkap halaman web dan kunjungi situs web yang ingin kamu ambil screenshotnya secara full. (Contoh : afrizatul.com).
    cara screenshot panjang xiaomi redmi 5
  6. Setelah itu pilih titik awal yang ingin kamu screenshot dan juga gulir ke bawah dan pilih titik akhirnya.
    cara screenshot panjang di hp xiaomi
  7. Tunggu sejenak hingga screenshot berhasil disimpan ke galeri kamu secara otomatis.
  8. Selesai.

Bisa kita simpulkan bahwa perbedaan mengambil screenshot panjang melalui aplikasi memungkinkan kamu untuk menggunakan segala fitur unik yang disediakan, Namun kamu perlu menginstall aplikasi tambahan yang biasanya terdapat iklan terlebih dahulu dan membuka aplikasi setiap kali ingin mengambil screenshot.

Meskipun begitu kelebihan dari aplikasi longshot untuk screenshot ini yaitu memungkinkan kamu untuk mengambil screenshot walaupun hp android kamu belum support screenshot panjang. Selain itu kamu juga bisa mengaktifkan fitur autoscroll dan juga membuka gambar dalam tampilan penuh di dalam aplikasi.

Baca juga : Cara Screenshot di Laptop

Sekian pembahasan kita mengenai cara screenshot panjang xiaomi menggunakan aplikasi dan tanpa aplikasi dengan mudah. Apabila kamu memiliki rekomendasi aplikasi screenshot lainnya silahkan berikan tanggapakan kamu di kolom komentar postingan ini, Terimakasih.

Share on:

Tinggalkan komentar