Cara Screenshot di Laptop

Cara Screenshot di Laptop

Screenshoot merupakan kata lain dari tangkap layar. Tangkap layar adalah hasil dari sebuah merekam tampilan dari handphone maupun dari laptop/PC. Jika di hp saat kita tangkap layar maka kita tinggal tekan tombol volume + tombol restart secara bersamaan. Tetapi bagaimanakah cara screenshot di laptop atau hp? Mungkin kedengarannya sangat mudah untuk menangkap layar di laptop/PC, tetapi banyak diantara kita tidak tahu bagaimana melakukannya.

Seperti yang kita ketahui bahwa meskipun sederhana tetapi fitur screenshot sangat dibutuhkan apabila kita ingin menyimpan sesuatu yang menurut kita penting dan ingin mengabadikannya melalui foto. Fitur screenshot juga dimiliki di semua sistem operasi baik itu windows 10, 7, 8, android, ios dan lainnya.

Screenshot di laptop terdapat banyak cara salah satu nya bisa menggunakan dari bawaan laptop atau menggunakan pihak ke 3. Cara penggunaannya pun berbeda-beda seperti pada laptop asus, hp, lenovo, acer, toshiba, dell dan sejenisnya. Berikut penjelasaan cara screenshot yang terdapat di pc ataupun laptop!

Cara Screenshot di Laptop Tanpa Aplikasi

Screenshot bawaan dari laptop yaitu aplikasi yang sudah ada di laptop itu sendiri atau menggunakan tombol untuk mengscreenshot. Screenshot kebawaan laptop ini terdapat dua cara yaitu pertama, kamu bisa menggunakan tombol dari laptop. Kedua, kamu bisa menggunakan snipping tools yang sudah ada di laptop kamu.

Berikut panduan cara mengscreenshot di laptop :

1. Menggunakan Tombol Prt ScSysrq (PrintScreen)

Tombol Prt ScSysrq ini biasa disebut dengan print screen yaitu tangkap layar. Cara penggunaan tombol ini sangat mudah yaitu kamu bisa mengedit terlebih dahulu atau bisa dengan menyimpan secara otomatis. Perlu kamu ketahui bahwa seandainya Prt ScSysrq kamu tidak berfungsi kamu harus tekan FN + Prt ScSysrq secara bersamaan, hal ini dilakukan untuk mengaktifkan fungsi dari Prt ScSysrq. Berikut adalah cara screenshot di laptop dengan tombol printscreen :

  • Cara 1 : Tekan “Tombol Prt ScSysrq” pada layar yang ingin di print screen, Kemudian kamu bisa menyalin hasil print screen di microsoft word atau di paint dengan cara klik paste. Maka hasil print screen tadi akan muncul.
    cara screenshot di laptop asus
  • Cara 2 : Kamu bisa menekan “Tombol Prt ScSysrq” bersamaan dengan windows. Hasilnya yaitu ketika kamu tekan (win + Prt ScSysrq) ini maka hasil tangkap layar tadi sudah tersimpan secara otomatis. Kamu bisa lihat hasil tangkap layar tadi di Drive C/Picture/.
    cara screenshot di laptop hp

Itulah cara simpel untuk menscreenshot layar di laptop tanpa menggunakan aplikasi apapun, cukup menggunakan keyboard pada laptop atau pc kamu. Selain cepat cara ini juga sangat efisien apabila kamu ingin mengambil tangkapan layar dengan jumlah yang banyak.

Namun kekurangannya adalah kamu mendapatkan screenshot full sesuai dengan apa yang ada pada layar kamu saat itu, Oleh karena itu untuk mengambil screenshot sebagian hal yang penting saja maka kamu bisa menggunakan sebuah software yang sudah ada di semua versi windows yaitu snipping tool.

Baca juga : Cara Menghapus File Yang Tidak Bisa Dihapus

2. Menggunakan Snipping Tool

cara screenshot di laptop lenovo

Snipping Tool ini pada umumnya sudah terdapat di laptop, tidak jarang banyak orang-orang mengatakan bahwa snipping tool ini merupakan kebawaan dari laptop. Berdasarkan dari namanya snipping tool yang berarti alat pemotong, snipping tool ini biasanya digunakan untuk memotong bagian tertentu saja. Cara penggunaan Snipping Tool sangat mudah, kamu hanya tinggal klik New pada aplikasi ini maka akan muncul tanda + seperti ini. Kamu hanya tinggal menariknya ke bawah, kanan, kiri dan atas sesuai dengan bagian yang ingin kamu potong.

Baca juga : Cara Mengaktifkan Bluetooth Di Laptop

Jadi mungkin itu saja cara yang bisa kamu gunakan untuk menscreenshot layar di laptop atau pc tanpa aplikasi, Dari kedua cara di atas tentunya memiliki kelebihan serta kekurangannya masing-masing. Solusi lain kamu juga bisa mengambil tangkapan layar di laptop menggunakan software screenshot pc.

Cara Screenshot di Laptop Dengan Aplikasi

Selain screenshot secara otomatis atau menggunakan tombol dan kebawaan laptop, screenshot di laptop juga bisa menggunakan aplikasi tambahan dan tentunya aplikasi ini gratis digunakan. Kamu bisa mengunduh salah satu dari aplikasi ini yang sesuai dengan kebutuhan kamu. Berikut ini cara screenshot di laptop dengan aplikasi aplikasi penangkap layar yang terdapat di PC atau Laptop yang bisa kamu gunakan!

1. Monosnap

cara screenshot di laptop acer

Monosnap merupakan aplikasi screenshot yang bisa kamu gunakan di pc atau laptop kamu. Fitur yang tersedia diaplikasi ini yaitu terdapat penambahan keterangan dan menggunggah ke cloud. Cara penggunaan Monosnap ini juga terbilang mudah. Terlebih dahulu kamu harus mendownload dan menginstall aplikasi ini dan kamu ikuti langkah-langkah yang tersedia di monosnap.

Baca juga : Cara Memindahkan Data Dari Hp Ke Laptop

2. Lingshot

cara screenshot di laptop toshiba

Lingshot merupakan aplikasi yang sangat populer digunakan saat ini. Lingshot ini bisa digunakan untuk MAC atau windows dan juga disemua jenis laptop tersedia. Aplikasi ini gratis dan sangat mudah digunakan. Fitur yang disediakan pada lingshot ini yaitu tangkap layar dengan cepat diarea yang dipilih, Dapat membagikan tangkapan layar melalui internet dan mengunggah keserver, interface aplikasi ini sangat sederhana dan membuat pekerjaan lebih efisien, kamu bisa mengedit secara instan saat mengambil screenshot.

Baca juga : Cara Menyambungkan Hotspot HP Ke Laptop

Demikianlah cara screenshot di laptop atau pc yang bisa kami bagikan. Kamu bisa menggunakan aplikasi tambahan jika sangat diperlukan. Tetapi jika kamu ingin yang mudah maka kamu dapat memanfaatkan salah satu fitur bawaan laptop. Nah selain itu screenshot ini sangat diperlukan dalam memudahkan pekerjaan dan juga menyimpan hal yang dianggap penting.