Cara Retur Barang Di Shopee yang Sudah Diterima

Cara Retur Barang Di Shopee

Cara Retur Barang Di Shopee – Dengan kemajuan teknologi digital, banyak inovasi baru untuk mempermudah manusia dalam memenuhi kebutuhan. Inovasi ini termasuk dalam hal berbelanja yang sangat berkembang. Saat ini sudah banyak toko belanja online yang menjamur di masyarakat yang bisa mempermudah masyarakat untuk membeli kebutuhan seperti Shopee.

Shopee adalah salah satu tempat belanja yang menjadi favorit banyak orang di beberapa negara. Di bawah SEA Group, aplikasi yang terkenal dengan nama toko oren ini memiliki jumlah pengunjung hingga hampir 130 juta di tahun ini.

Tentu saja berbelanja secara online memiliki cerita manis dan pahitnya sendiri. Salah satu hal manisnya adalah bisa untuk menghemat waktu, karena untuk berbelanja cukup menggunakan ponsel saja. Tetapi, ada juga pahitnya seperti jika barang yang diterima tidak sesuai dengan pesanan di aplikasi. Apakah kamu pernah mengalami hal tersebut?

Jika pernah, apa yang harus kamu lakukan apabila barang yang penjual Shopee kirimkan tidak sesuai dengan pesanan? Tenang, toko oren ini memiliki fitur pengembalian barang yang bisa kamu gunakan jika pesanan tidak sesuai. Cari tahu cara retur barang di Shopee berikut ini.

Tutorial Lengkap Retur Barang di Shopee

Langkah untuk melakukan pengembalian pesanan jika tidak sesuai seperti deskripsi sangat mudah. Sebagai informasi, untuk pengembalian barang dapat dilakukan sebelum garansi dari toko oren berakhir atau sebelum dana milikmu dikirimkan ke penjual. Berikut langkah-langkahnya:

1. Masuk ke Aplikasi Shopee dan Pilih Pesanan Saya

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah masuk ke halaman profile atau halaman “Saya”. Setelah masuk ke halaman tersebut, kamu bisa memilih pesanan saya.

cara cancel barang di shopee

2. Pilih Halaman Pesanan Yang Sedang Dikirim

Pada halaman pesanan saya, ada beberapa kategori pemesanan. Langkah selanjutnya adalah memilih halaman pesanan yang sedang ‘Dikirim’. Halaman tersebut akan menampilkan pesanan-pesanan yang sedang dikirim atau sudah sampai ke pembeli tetapi belum mendapatkan konfirmasi dari pembeli.

Cara membatalkan pesanan di Shopee yang ditolak penjual

3. Lihat Rincian Pesanan dan “Ajukan Pengembalian”

Selanjutnya, silakan kamu pilih pesanan barang yang ingin kamu lakukan pengembalian. Kemudian, aplikasi ini akan menampilkan rincian pesanan barang kamu. Scroll ke bawah pada lihat rincian pesanan dan kamu akan menemukan tombol “Ajukan Pengembalian”.

Setelah menekan tombol tersebut, ada beberapa data yang perlu untuk kamu lengkapi agar pengembalian barang bisa diterima.

4. Lengkapi Data

Langkah selanjutnya adalah melengkapi data untuk pengembalian barang. Ada rincian pesanan kamu, alasan kamu ingin melakukan retur barang tersebut, foto barang yang ingin kamu kembalikan, keterangan, dan alamat email yang kamu gunakan.

Untuk alasan pengembalian ada beberapa pilihan seperti barang tidak sesuai, tidak lengkap, cacat, tidak bisa untuk kamu gunakan, atau produk yang dikirimkan tidak sesuai dengan deskripsi. Pastikan kamu memilih alasan yang sesuai dan melengkapi data retur tersebut dengan lengkap.

cara batalkan pesanan di shopee

5. Tekan Tombol “Kirimkan”

Jika kamu sudah melengkapi semua datanya dan sudah sesuai, kamu bisa mengajukan pengembalian barangmu dengan menekan tombol “Kirimkan”. Setelah itu, Shopee akan memproses pengembalian barang yang sudah kamu ajukan.

Perbedaan Retur Barang di Shopee Untuk Produk Shopee Mall

Untuk cara retur barang di Shopee mall, langkah-langkahnya sedikit berbeda dengan produk non Shopee mall. Berikut perbedaannya:

1. Pilihan Opsi Pengiriman

Untuk barang dari Shopee mall, jika kamu yang ingin melakukan pengembalian maka perlu memilih jasa kirim untuk pengembalian barang. Kamu bisa mengisi bagian ini setelah memasukkan keterangan retur.

Untuk pemilihan ekspedisi, kamu bisa mendapatkan opsi pengiriman gratis dengan memilih jasa kirim yang tersedia pada pilihan opsi pengiriman tersebut. Jika kamu mengatur sendiri untuk jasa kirimnya, maka toko oren ini tidak menanggung biaya pengiriman retur barang tersebut.

cara membatalkan pesanan shopee sudah transfer

2. Petunjuk Pengembalian Barang Shopee Mall

Jika kamu mengembalikan produk non Shopee mall, maka kamu hanya perlu sampai ke halaman pengajuan pengembalian barang saja. Untuk Shopee mall sedikit berbeda, kamu perlu melihat instruksi selanjutnya untuk pengembalian barangnya.

Ada tiga langkah yang perlu kamu lakukan untuk melakukan retur barang Shopee mall, yaitu sebagai berikut:

  • Pertama, kamu perlu menuliskan nomor resi pada paket shopee yang akan kamu kembalikan.
  • Kedua, kamu perlu pergi ke ekspedisi atau jasa kirim dan memberikan nomor resinya.
  • Terakhir, kamu harus memeriksa kembali alamat pengembalian pada label pengirimannya.

Jika semua sudah lengkap, baru pengembalian barangmu bisa untuk diproses.

cara retur barang shopee lewat j&t

Tips Retur Barang di Shopee Agar Diterima

Setelah mengetahui cara retur barang di Shopee untuk produk Shopee mall dan non-mall, ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan agar pengembalian barang bisa penjual terima dan dana kamu bisa kembali jika memang barangnya tidak sesuai.

1. Bukti Pengembalian Barang Lengkap

Agar penjual berkenan menerima pengajuan pengembalian barang, pastikan kamu memiliki bukti yang sesuai dan lengkap untuk pengembalianmu. Kamu bisa merekam video terlebih dahulu sebelum membuka paketmu, sehingga jika ada barang yang tidak sesuai atau tidak lengkap kamu bisa memiliki buktinya.

Selain merekam video unboxing paket, kamu juga bisa menambahkan foto yang menunjukkan jika pesanan yang kamu terima tidak sesuai. Bukti-bukti ini bisa membantumu karena apabila kamu tidak memiliki bukti yang lengkap maka penjual dapat mengira kamu berbohong.

2. Memilih Alasan Yang Sesuai

Tips kedua agar penjual berkenan untuk menerima returmu adalah dengan memilih alasan yang sesuai. Untuk alasan ini bisa kamu pilih sesuai kendala yang kamu alami seperti kamu mendapatkan pesanan kurang, barang cacat, rusak, atau tidak lengkap.

Untuk pilihan pesanan tidak lengkap ada rincian khusus atau spesifikasinya seperti warna, merek, ukuran, atau jenis barang yang tidak sesuai dengan deskripsi yang sebelumnya penjual informasikan.

Jika selain alasan di atas atau seperti alasan pribadi, maka Shopee tidak bisa untuk memproses pengembalian barang. Alasan pribadi contohnya adalah kamu tidak tertarik lagi dengan barang tersebut, ingin mengubah pesanan, atau sebagainya.

3. Menyimpan Nomor Resi Barang

Tips terakhir yang bisa kamu lakukan saat melakukan retur barang adalah dengan menyimpan nomor resi barang. Hal ini penting apabila sewaktu-waktu kamu ingin melakukan retur barang dari Shopee mall.

Jika kamu menyimpan nomor resi produk pembelian kamu, saat kamu melakukan retur produk Shopee mall maka kamu bisa mendapatkan gratis ongkir dari opsi pemilihan kurir yang sudah disediakan. Sehingga, kamu bisa menghemat uang yang kamu miliki.

Sudah Tahu Cara Retur Barang di Toko Oren?

Sebelum memutuskan belanja online, pastikan kamu memahami salah satu resikonya seperti produk yang kamu terima tidak sesuai pesananmu. Ini merupakan salah satu kekurangan saat kamu belanja di e-commerce karena kamu tidak dapat melihat secara langsung produk yang ingin kamu beli.

Apabila kamu mengalami kendala tersebut, kamu bisa mengajukan pengembalian barang sesuai dengan kesepakatanmu dan penjual. Apabila penjual menyetujui returmu, maka dana kamu akan dikembalikan ke saldo akun kembali.

Semoga informasi cara retur barang di Shopee ini bermanfaat dan jangan lupa agar selalu berbelanja dengan bijak, ya!