Cara Reset Xiaomi

cara reset xiaomi

Banyak pertanyaan yang muncul dari para mifans terkait “bagaimana cara reset hp xiaomi dengan mudah dan aman?”

Memang kasus ini bukan pertama kalinya muncul pada forum MIUI ataupun grup fb komunitas pengguna xiaomi. Tetapi faktanya masih banyak yang belum paham bagaimana melakukannya.

Untuk itu, jika hp xiaomi kamu mengalami error, atau dirasa sudah terlalu berat, mereset atau kembali ke pengaturan pabrik pada xiaomi adalah solusi yang tepat.

Caranya juga cukup mudah, dan seharusnya kamu juga bisa melakukannya tanpa mengantar hp kamu ke konter, servis center yang mungkin memakan biaya lebih.

Perlu diingat bahwa pada tutorial kali ini kami menggunakan xiaomi redmi S2. Tetapi cara ini juga berlaku ke semua tipe merk xiaomi seperti: Redmi 2, Redmi 3s, Redmi 3s Pro, Seri Mi, Redmi S2, Redmi 4A, 4X, Redmi Note 4/4X, Redmi 5A, Redmi Note 5A dan masih banyak lagi.

Penting! Sebelum masuk ke cara reset xiaomi disarankan untuk membackup data penting terlebih dahulu agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Nah, berikut ini cara reset xiaomi yang afrizatul bagi dengan 2 cara. Apa saja itu? yuk simak ulasan lengkapnya berikut ini :

Baca juga : Cara Mengatasi Lag Saat Bermain Game di Xiaomi

Cara Factory Reset Xiaomi Semua Tipe

cara factory reset xiaomi redmi 3

Cara pertama ini menggunakan factory reset, kamu bisa menerapkan cara ini ketika kasusnya hp kamu masih bisa masuk ke homescreen atau kondisi normal.

Tetapi, jika beda kasus seperti bootloop, dan lain-lain bisa gunakan cara hard reset pada cara kedua.

Disarankan untuk mempersiapkan baterai yang cukup banyak agar tidak terjadi kesalahan pada saat proses factory reset.

  1. Pergi ke Pengaturan
  2. Lalu ke Tentang Telepon
  3. Dan tap pada Cadangkan & Setel ulang
  4. Terakhir, Reset ke Setelan pabrik

Sebelum melakukan reset disana kamu bisa melihat berbagai fitur seperti pencadangan yang bisa digunakan untuk membackup terlebih dahulu data yang ada pada hp xiaomi kamu.

Jika kamu pernah login ke akun Mi sebelumnya, kamu akan diminta untuk login terlebih dahulu.

Setelah itu, proses factory reset akan berjalan dan tunggu hingga selesai sampai hp kamu akan reboot secara otomatis.

Mungkin pada xiaomi kamu akan berbeda seperti posisi menu, dan tampilan. Tapi caranya sama kok tinggal disesuaikan saja.

Cara Hard Reset Xiaomi Semua Tipe

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, hard reset ini bisa kamu gunakan ketika kondisi hp kamu sudah tidak bisa lagi masuk ke menu homescreen. Contohnya bootloop, lupa password atau pola layar kunci.

Jangan lupa untuk membackup data karena ini sangat penting kemudian pastikan baterai sudah terisi lebih dari 40% atau lebih banyak lebih baik.

  1. Matikan HP kamu terlebih dahulu.
  2. Masuk ke Recovery Mode dengan cara tekan volume atas (up) dan tombol power secara bersamaan. Kemudian muncul logo Xiaomi dan kamu akan masuk ke halaman Recovery mode
  3. Lalu Pilih Bahasa Inggris. Caranya menggunakan tombol volume untuk mengganti bahasa dan tombol power untuk memilih bahasa.
  4. Selanjutnya Tap pada Wipe Data/Factory Reset lalu Wipe All data dan terakhir pilih Confirm. Dan tunggu hingga proses Hard Reset selesai kurang lebih 10 menit.
  5. Jika proses Hard Reset selesai, Terakhir reboot / restart hp kamu.

Kamu akan diberikan beberapa pengaturan dasar yang bisa kamu atur sendiri. Dibeberapa kasus setelah hard reset akan diminta login ke akun Mi terlebih dahulu agar dapat masuk ke home screen.

Jadi, usahakan untuk mengingat dan sudah mempersiapkan username dan password mi kamu sebelum melakukan hard reset.

Demikianlah cara reset xiaomi dengan factory reset, maupun hard reset untuk semua tipe seperti redmi 2, note 2, redmi 3, redmi 3s, redmi 4x, redmi 4a dan seri lainnya.

Jika kamu memiliki kendala silahkan komentar di bawah ya. Semoga bermanfaat

Afrizatul Rizki
Lulusan Universitas Islam Riau jurusan Teknik Informatika yang hampir 24 jam melakukan kegiatan di depan komputer seperti menulis artikel teknologi di blog Afrizatul.com