Cara Print Excel Agar Tidak Terpotong

Cara Print Excel Agar Tidak Terpotong

Cara print excel agar tidak terpotong menjadi kekhawatiran pekerja administrasi. Hal ini dikarenakan sebagian kita tidak mengetahui bagaimana cara agar ketika mengeprint seperti judul di kertas f4 tidak terpotong. Pekerjaan yang satu ini sangat perlu diketahui terutama bagi seorang yang berprofesi sebagai administrasi, karena akan menambah efektifitas dalam bekerja dan tidak terjadinya pemborosan terhadap kertas.

Lebih tepatnya menghemat dalam penggunaan kertas ini sangat diperlukan, selain minimnya pengeluaran juga tidak pusing membolak balik lembar kerja. Dalam mencetak lembar kerja ternyata menjadi masalah tersendiri buat kita yang belum paham. Microsoft Excel sendiri menyediakan fitur atau opsi yang memudahkan kita untuk mengatur bagaimana lembar kerja akan di print. Tidak cukup menggunakan tombol shorcut keyboard CTRL + P kemudian print saja, tetapi juga terdapat pengaturan di page layout ataupun page setup. Berikut penjelasannya!

Catatan tambahan : cara ini dapat dilakukan di semua versi microsoft excel seperti excel 2003, 2010, 2013, 2016 dan versi terbaru, hanya saja mungkin terdapat sedikit perbedaan pada posisi menu dan tampilan.

Cara Print Excel Agar Tidak Terpotong Dan Besar

Cara mengeprint di microsoft excel terdapat 3 cara yaitu menggunakan page breaks, Mencetak dalam Skala print dan menggunakan Scalling. Disini langkah-langkah dalam menggunakan fitur sudah disertai gambar agar kamu lebih memahami nya ada baiknya kamu langsung mempraktekkannya. Berikut 3 cara print di microsoft excel agar kertas tidak terpotong :

1. Mencetak Dengan Menggunakan Page Breaks

Cara pertama yaitu dengan menggunakan page breaks. Page breaks ini berfungsi sebagai memisahkan halaman pada suatu sheet. Hal ini akan memudahkan kita dalam mencetak lembaran kerja yang menurut kita tidak bisa dijadikan satu dan bisa jadi terpotong di bagian bawah, atau sisi samping. Fungsi lainnya dalam page breaks yaitu membuat halaman baru dengan adanya perubahan dalam mengatur margin yang terdapat pada halaman berikutnya dan bisa membuat footer dan header dengan format yang berbeda. Berikut langkah-langkah penggunaan page breaks dalam mencetak :

  • Pilih menu View–> Page Break Preview. Maka akan muncul garis putus-putus berwarna biru yang memisahkan halaman. Dan ternyata setelah di page break preview lembar kerja saya terbagi menjadi 3 halaman.
    cara print excel 2016 agar tidak terpotong
  • Jika sudah muncul garis biru di tengah-tengah halaman, maka selanjutnya kamu letakkan kursor tepat di garis berwarna biru sampai muncul garis panah kanan kiri.
  • Kemudian kamu hanya tinggal menggeser garis biru ke kanan agar semua halaman bisa menjadi satu. Caranya kamu tekan dan geser hingga akhir. Jika sudah digeser maka page yang awalnya 3 halaman sekarang menjadi 1 halaman saja.
  • Untuk mengetahui apakah file excel terpotong seperti garis tabel dalam mengeprint, kamu hanya tinggal klik Print Preview.

Baca juga : Cara Menambahkan Tabel Di Excel

2. Mencetak Dalam Skala Print di Excel

Mencetak dalam skala print ini hanya mendukung untuk versi microsoft excel 2013 ke bawah. Jadi untuk yang masih memiliki microsoft excel 2007, 2010 maka kamu bisa menggunakan cara ini. Berikut langkah-langkah mencetak dalam skala print :

  • Skala print ini merupakan bagian pengaturan yang terdapat pada printnya sendiri. kamu bisa klik File –> Print atau bisa langsung menekan tombol CTRL + P
  • Kemudian lihatlah bagian-bagian yang terdapat pada Settings. Lalu Pilihlah bagian bawah yaitu No Scaling.
    cara print excel kertas a4 agar tidak terpotong
  • Pada bagian No Scaling ini terdapat 4 opsi yaitu no scaling, Fit Sheet On one page, Fit all columns on one page dan fit all rows on one page. Dianjurkan bagi kamu yang pemula mencari arti dari masing-masing pada bagian ini.
    cara print format excel agar tidak terpotong
  • Untuk menjadikan lembar kerja menjadi 1 halaman maka kamu tinggal memilih Fit sheet on one page yang berarti memuat lembar dalam satu halaman.
  • Untuk mengetahui apakah lembar kerja kita sudah menjadi halaman, kamu bisa melihat pada bagian bawah kotak lembar kerja. Biasanya terdapat tulisan “1 of 4” yang berarti halaman 1 dari 4 halaman. Jika “1 of 1 ” maka lembar kerja kita sudah menjadi satu halaman.
    cara print excel agar judul tetap ada

Baca juga : Cara Menghilangkan Spasi Di Excel

3. Menggunakan Scalling Excel

Penggunaan scalling ini hampir sama dengan menggunakan Skala print, tetapi juga terdapat perbedaannya. Berikut cara menggunakan scalling dalam mengatur lembar halaman untuk mengatasi print tanpa terpotong di excel 2016 :

  • Pilih File –> Print atau bisa kamu tekan tombol CTRL + P. ctrl + p ini berfungsi untuk menampilkan halaman print atau lebih tepatnya untuk mengeprint.
  • Kemudian klik Page Setup. Maka akan muncul kotak yang berisikan page, margins, header/footer dan sheet.
    cara mengatur print excel agar full kertas
  • Cara lain menampilkan page setup adalah dengan memilih menu Page Layout.
    cara print excel 2010 agar tidak terpotong
  • Jika sudah muncul Page setup maka pilihlah bagian Scalling –> Adjust to. Pada bagian ini dikarenakan kita ingin menjadikan 1 halaman saja maka kita kurangi Normal Size nya dari 100% menjadi sesuai kebutuhan kita. Disini saya akan mengganti 55 %.
  • Maka hasil dari pengurangan normal sizenya yaitu seperti gambar di bawah ini.
    cara print excel agar pas di kertas

Mungkin sebagian dari kita ingin bertanya apakah tulisan nya bisa diperbesar ? dan apakah hasil tulisannya sekecil ini ? Saya akan menjelaskan langsung, bahwa tulisan yang terdapat pada gambar diatas tidak bisa di perbesar dan hasil tulisannya memang sekecil itu, tetapi ketika di print masih bisa jelas daripada di pc/laptop kamu. Hal ini dikarenakan kita mengkompres atau kita membuat lembar kerja yang awalnya 4 lembar kerja menjadi 1 halaman kerja. Maka hasil kompres akan akan merubah tulisan menjadi lebih kecil.

Nah sekian penjelasan saja mengenai cara print di excel agar tidak terpotong. Kamu bisa menggunakan salah satu cara diatas yang mana menurut kamu sangat memudahkan perkerjaan kamu. Inti dari cara kerjanya sama yaitu melakukan pengkompresan halaman agar bisa menjadi pone page. Jika menurut kamu 1 halaman tidak efektif dikarenakan tulisan nya terlalu kecil, maka kamu bisa menggantikan menjadi 2 halaman, tentunya tulisan juga akan terlihat sedikit lebih besar dari sebelumnya.