Cara Ngeprint Power Point

Jika berbicara tentang presentasi, maka pasti kita akan berpikir tentang slide power point. Meskipun saat ini sudah banyak digunakan, Ternyata ada yang masih bingung bagaimana cara ngeprint power point terutama jika digabungkan dalam 1 lembar kertas.

Ada banyak tujuan mengapa orang ngeprint file power point mereka misalnya saja membuat slide powerpoint tersebut menjadi sebuah buku, memahami apa saja isi dari powerpoint sebelum melakukan presentasi dan juga menghafal teks.

Untuk itu buat kamu yang masih bingung cara print slide power point, Disini kami akan memberikan beberapa cara yang bisa kamu gunakan yaitu mengeprint power point full dan juga dalam bentuk handout yang bisa terdiri dari beberapa slide seperti 2, 4, 6 hingga banyak slide dalam 1 kertas f4 atau a4.

Tentunya hal ini dapat menghemat kertas, tinta dan pengeluaran biayara saat ngeprint, Asalkan teks pada slide power point dapat terlihat jelas dan bisa memahami apa informasi yang diberikan. Sebelum itu pastikan pula kamu sudah menginstal software power point pada pc kamu.

Cara Ngeprint Power Point Full Page

Di beberapa kasus ada jenis yang slide powerpoint yang perlu kita print secara penuh agar tidak terpotong dan membuang kertas, Contohnya seperti cover halaman atau gambar di ppt yang perlu kita print dengan ukuran besar. Berikut panduan cara ngeprint powerpoint secara full :

  1. Buka software Power point 2007, 2010, 2013 dan versi lainnya.
  2. Pergi ke cover atau masukkan foto ke dalam slide powerpoint terlebih dahulu.
  3. Atur ukuran kertas dengan cara tap pada menu Design > Page Setup.
  4. Pilih 4:3 untuk ukuran kertas A4 HVS, dan 16:10 untuk F4 (legal)
    cara ngeprint power point 1 kertas 2 slide
  5. Tekan CTRL+P dan sesuaikan dengan printer yang digunakan.
  6. Setelah itu klik pada bagian Printer properties.
    cara ngeprint power point jadi 2 slide
  7. Document Size atau ke A4 210 x 297 mm, untuk F4 pilih User-Defined dan atur tinggi dan lebarnya 8.5 x 13.10 inch.
    cara print landscape ppt
  8. Orientation atur ke Landscape untuk gambar horizontal, dan potrait utuk vertikal. Lalu OK.
  9. Kembali ke pengaturan print, pilih Full Page Slides dan aktifkan Scale to Fit Papers.
    cara ngeprint slide power point
  10. Terakhir Print.

Jadi untuk mengeprint slide power point yang berisi teks atau gambar maka kita perlu memberi sedikit settingan yang kebanyakan ada di ukuran kertas. Karena ukuran kertas F4 da A4 memiliki settingan yang berbeda. Selain itu jangan lupa untuk memilih Scale to fit papers agar gambar tepat berada di tengah kertas dan tidak terpotong.

Baca juga : Cara Mengisi Suara Pada Power Point

Cara Print Beberapa Slide PPT dalam 1 Lembar Kertas

Seperti yang telah kami jelaskan sebelumnya, mengeprint banyak slide power point dalam 1 lembar kertas dapat mengurangi biaya tambahan karena menghemat kertas. Apalagi hasil print tersebut hanya digunakan untuk pribadi. Berikut panduan cara ngeprint slide power point 1 hingga 9 slide dalam satu lembar kertas :

  1. Jalankan aplikasi powerpoint.
  2. Lalu buka slide powerpoint yang ingin di print.
  3. Setelah itu tekan shorcut CTRL + P untuk membuka pengaturan print.
  4. Di bagian handouts silahkan pilih tipe mana yang kamu inginkan, misalnya full page slides, notes pages, outline, 2 slide horizontal atau vertikal dan seterusnya.
    cara print slide power point penuh
  5. Untuk menghilangkan frame silahkan hilangkan tanda centang Frame slides.
  6. Kemudian berikan tanda centang pada Scale to Fit paper untuk mengoptimalkan ukuran secara otomatis dan jika perlu aktifkan juga High quality.
    cara print ppt agar full kertas
  7. Atur Orientation atau orientasi kertas apakah ingin portrait (vertikal) atau secara landscape (horizontal).
  8. Jika sudah, tekan tombol Print.

Jadi bukan hanya membuat 2 slide dalam 1 kertas saja yang bisa kita gunakan, terdapat juga pilihan 1 hingga 9 slides, ukuan kertas, orientasi, dan juga pengaturan yang perlu kita ketahui sebelum mengeprint.

Karena menggabungkan beberapa slide di dalam 1 lembar kertas pastinya ukuran dari tiap slide juga akan menyesuaikan secara otomatis, Oleh karena itu pastikan bahwa tulisan atau foto yang penting dalam slide powerpoint terlihat jelas.

Demikianlah pembahasan mengenai cara ngeprint power point yang bisa kamu praktekkan dengan mudah baik menggabungkan seluruh slide ke dalam satu kertas maupun ngeprint secara full agar terlihat jelas dan hemat kertas. Perlu diingat sebelum mengeprint sebaiknya cek pengaturan apakah sudah benar atau belum karena salah settingan saja bisa membuat biayar menjadi besar seperti kertas yang terbuang sia-sia.

Share on:

Tinggalkan komentar