Cara Mereset MPIN BNI Mobile Banking yang Terblokir

MPIN merupakan password yang digunakan untuk membuka aplikasi BNI Mobile banking, dimana MPIN harus sama dengan USER ID dan MPIN juga berbeda dengan password transaksi.

Password transaksi digunakan ketika kita ingin bertransaksi seperti mengirim uang, membayar tagihan serta lainnya. Namun dalam mengganti MPIN maka juga harus mengganti password transaksi. Hal ini dikarenakan MPIN terdaftar sama dengan password transaksi.

MPIN kita dapatkan dari pendaftaran BNI Mobile Banking, Maka dari itu kita harus mengingat dan menyimpan MPIN agar terhindar dari pemblokiran.

MPIN hanya bisa kita coba pengulangan sebanyak 3x, lebih dari 3x maka akan terjadi pemblokiran.Jika terjadi pemblokiran kamu tidak perlu khawatir kamu bisa membuat MPIN dan Password transaksi baru dengan menggunakan aplikasi BNI Mobile tanpa harus ke Bank.

MPIN BNI Mobile Banking

MPIN di aplikasi bni mobile banking hampir sama dengan pin yang ada di kartu ATM, jika kita lupa password pin kartu BNI maka kita tidak bisa melihat saldo, transfer, atau melakukan kegiatan transaksi lainnya.

Hal ini juga akan kita alami ketika lupa password MPIN atau User ID BNI mobile banking, jadi kita tidak bisa melakukan apa saja di aplikasi bni mobile. Akan tetapi perbedaannya, di aplikasi bni mobile banking sudah ada fitur untuk mereset password ketika kita lupa atau salah memasukkan pin lebih dari 3x.

Jika kamu bertanya apakah mpin bni mobile sama dengan password yang digunakan pada saat transaksi jawabannya adalah tidak, karena mpin bni terdiri dari 6 digit angka sedangkan password transaksi mengandung beberapa kombinasi karakter yaitu angka, nomor dan juga symbol.

Mereset MPIN BNI Mobile Banking

Reset ini dilakukan melalui aplikasi BNI Mobile, Maka jika yang belum mempunyai aplikasi tersebut kamu bisa mendowload di playstore maupun ios dan jangan lupa untuk mengupdate agar kita bisa melakuan berbagai transaksi.

Berikut adalah langkah-langkah untuk membuat MPIN kembali yang sudah terblokir :

1 – Lupa MPIN

Terlebih dahulu kamu buka aplikasi BNI Mobile Banking kemudian klik “Lupa MPIN”.

lupa mbin bni mobile banking

Selanjutnya kita pengisian data seperti :

  • User ID yang sudah terdaftar sebelumnya
  • Nomor rekening BNI
  • 8 Digit terakhir No. Kartu ATM BNI ( nomor ini sesuai dengan nomor rekening yang di input.)
  • Pin Kartu ATM BNI.

isilah data-data diatas dengan lengkap dan benar agar terhindar dari gagal dalam membuat MPIN.

lupa password bni mobile banking

2 – PIN OTP Verifikasi

kemudian kita akan lanjut ke verifikasi kode OTP yang di akan dikirim lewat sms melalui nomor Handphone yang sudah terdaftar sebelumnya. Oleh karena itu pastikan no hp yang digunakan masih aktif untuk menerima sms dan juga memiliki pulsa saat melakukan verifikasi.

kode otp lupa password bni mobile

Jika sudah cek sms masuk, nantinya kamu akan mendapatkan kode OTP sebanyak 6 digit. maka masukan kode tersebut ke kolom yang telah disediakan pada aplikasi mobile banking. Kirim ulang kode otp jika kode sms belum masuk.

reset password bni mobile banking

3 – Membuat MPIN

Buatlah kembali MPIN terbaru kamu sebanyak 6 digit angka, hindari penggunaan tanggal lahir maupun 123456 karena mudah di ingat. Hal ini dikarenakan agar Mobile banking yang kita gunakan tidak terjadinya penyalahgunaan.

Dan buatlah password transaksi yang mengkombinasikan antara huruf dan angka sebanyak 12 karakter dan lakukan konfirmasi ulang password transaksi.

mpin bni mobile terblokir

Kemudian akan ada pemberitahuan bahwa MPIN dan Password transaksi sudah diganti dan bisa menggunakan kembali BNI Mobile dalam bertransaksi.

ganti password bni mobile

Dan Kamu bisa mencoba masuk kembali ke aplikasi BNI mobile dengan memasukkan MPIN dan Password Transaksi yang terbaru.

Cara ini bisa kamu lakukan setiap kali akun bni mobile banking lupa password dan terblokir. Oleh karena itu pastikan kamu masih memiliki nomor hp dan juga email yang digunakan pada saat pertama kali mendaftar.

Demikian penjelasan mengenai cara Mereset MPIN dan Password Transaksi BNI Mobile banking tanpa harus ke Bank, kamu bisa mengganti sendiri jika terblokir dengan melakukan cara-cara di atas. Untuk mereset MPIN juga harus membuat baru password transaksi karena saling berhubungan.

Ikuti juga panduan berikut ini jika kamu tertarik untuk mendaftar rekening BNI online.

Tinggalkan komentar