Cara Menyematkan Pesan Di Telegram

Cara Menyematkan Pesan Di Telegram

Apabila kamu ingin membuat salah satu chat dari seseorang ke posisi paling atas di telegram maka kamu bisa menggunakan cara menyematkan pesan di telegram, Dengan begitu kamu seberapapun banyak pesan yang masuk maka posisi chat yang telah disematkan tetap berada di atas.

Selain itu, jika kamu menyematkan salah satu pesan atau chat yang kamu anggap penting maka kamu akan lebih mudah mengakses dan membalas chat tersebut tanpa perlu menggulir dan mencari chat terlebih dahulu.

Terlebih lagi bagi kamu yang merupakah seorang admin dari salah satu grup atau channel telegram, maka fitur ini sangat cocok buat kamu karena kamu bisa menyematkan salah satu chat atau pesan yang paling penting ke bagian atas agar tidak terganggu oleh percakapan yang diluar tujuan grup.

Kebanyakan orang juga memanfaatkan fitur sematan pesan ini di telegram untuk mempromosikan produk, jasa, atau memberikan informasi penting agar dapat terkirim dan dibaca oleh semua anggota grup. Mengingat jumlah anggota maksimal di grup channel telegram sangat banyak. Baca juga : Cara Menambahkan Teman Di Telegram

Cara Menyematkan Chat Di Telegram

cara menyematkan chat di telegram

Cara yang pertama adalah kamu bisa menyematkan chat di halaman depan daftar obrolan telegram yang kamu anggap penting dari seseorang, Sehingga walaupun terdapat pesan masuk dari orang lain tetap saja chat yang telah kamu sematkan akan berada di atas dan percakapan tersebut tetap lebih diutamakan.

Berikut ini cara sematkan pesan di telegram :

  1. Buka aplikasi Telegram.
  2. Lalu masuk menggunakan nomor hp atau nama pengguna akun telegram kamu.
  3. Pada halaman chat aplikasi kamu bisa memilih salah satu chat yang ingin kamu sematkan.
  4. Tap dan tahan lalu pada bagian atas akan muncul ikon pin, Tap pada ikon tersebut.
  5. Dengan begitu otomatis chat yang kamu pilih akan disematkan, untuk membatalkannya kamu bisa mengulangi cara di atas.

Baca juga : Cara Menonton Film Di Telegram

Cara Menyematkan Pesan Di Channel Telegram

cara menyematkan pesan di channel telegram

Yang kedua adalah memprioritaskan cukup 1 pesan saja yang berada di paling atas pada channel atau grup telegram, Biasanya pesan yang disematkan berisi informasi penting seperti pengumuman atau lainnya yang wajib dibaca oleh seluruh member atau anggota grup.

Jangan lupa hak akses untuk menyematkan pesan di grup telegram ini hanya berlaku apabila kamu merupakan seorang admin di grup channel tersebut, Karena jika tidak maka kamu tidak bisa menyematkan pesan atau fitur yang hanya diperuntukkan admin.

Inilah cara menyematkan pesan di grup telegram :

  1. Silahkan buka aplikasi telegram, lalu masuk ke akun telegram kamu.
  2. Buka grup channel telegram yang kamu miliki.
  3. Kemudian buat lah sebuah pengumuman atau informasi penting yang akan kamu sematkan, jadi silahkan kirim pesan tersebut terlebih dahulu.
  4. Jika pesan telah dikirim, tap pada pesan tersebut lalu pilih Sematkan.
  5. Centang pada bagian beritahu seluruh anggota atau hilangkan centang jika tidak diperlukan, kemudian Oke.
  6. Untuk membatalkan pesan yang telah disematkan tap ikon tanda x atau silang tepat di sebelah kanan pesan tersemat.

Baca juga : Cara Hapus Akun Telegram

Cara Agar Pesan Yang Disematkan Tidak Bisa Dihapus Orang Lain

cara menyematkan pesan di grup telegram

Hal yang perlu kamu ketahui lagi bahwa siapapun di dalam anggota grup atau channel telegram yang kamu miliki berhak untuk menghapus pesan yang telah kamu sematkan dan tampil paling atas di obrolan grup. Nah untuk mengatasinya kamu bisa mengatur izin agar anggota grup tidak dapat menyematkan pesan bahkan menghapusnya.

Langkah-langkah mengatur agar member grup tidak bisa menyematkan pesan di channel telegram :

  1. Silahkan buka aplikasi telegram kemudian masuk ke channel yang kamu kelola sebagai admin.
  2. Setelah itu masuk ke pengaturan grup dengan cara tap pada nama channel tersebut.
  3. Pada halaman edit tap menu Izin.
  4. Lalu hilangkan tanda centang di bagian Semat pesan.

Dengan begitu seluruh anggota grup di telegram tersebut tidak dapat menyematkan dan menghapus pesan yang telah disematkan, Selain itu dengan cara ini kamu juga dapat mengatur agar anggota grup tidka bisa mengirim link tautan, mengirim stiker, foto, video, atau mengundang anggota.

Demikianlah beberapa cara menyematkan pesan di telegram baik itu pesan pribadi maupun pesan atau chat di channel grup telegram serta mengatur perizinan penyematan pesan di grup tersebut. Baca juga : Cara Mengubah Nama Di Telegram

Afrizatul Rizki
Lulusan Universitas Islam Riau jurusan Teknik Informatika yang hampir 24 jam melakukan kegiatan di depan komputer seperti menulis artikel teknologi di blog Afrizatul.com