Cara Menyambungkan Hotspot HP Ke Laptop

Cara Menyambungkan Hotspot Hp Ke Laptop

Sama halnya dengan menghidupkan tethering wifi dari hp ke hp, Kamu juga bisa menyambungkan hotspot hp ke laptop menggunakan berbagai cara seperti melalui kabel data/usb dan juga bluetooth.

Dengan cara ini kamu bisa menggunakan hotspot di laptop dari internet yang ada di hp supaya lebih menghemat kuota dan juga mengakses internet dengan mudah.

Cara menyambungkan hotspot dari hp ini juga berlaku untuk kamu yang mempunyai laptop dengan sistem operasi windows 7, 8, dan 10 berbagai tipe seperti laptop asus, acer, toshiba, compaq dan laptop dengan os windows lainnya.

Disini afrizatul akan memberikan beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menyambungkan hotspot hp ke laptop, Dari masing-masing cara yang diberikan mempunyai kelebihan dan kekurangan. Oleh karena itu silahkan simak tutorial lengkap menyambungkan hotspot hp ke laptop windows berikut ini.

Baca juga : Cara Memindahkan Data Dari Hp Ke Laptop

Cara Menyambungkan Hotspot HP Ke Laptop Tanpa Aplikasi

Cara menyambungkan hotspot dari hp ke laptop yang pertama adalah tanpa aplikasi tambahan, Selain mudah dipraktekkan. Kamu juga tidak perlu mengeluarkan paket data internet untuk menghubungkan hotspot hp ke laptop.

1. USB / Kabel Data

Kabel data atau kabel usb yang biasa kamu gunakan untuk men-charge baterai dan mengirim atau menerima file melalui laptop bisa kita gunakan untuk menyambungkan hotspot dari hp ke laptop.

Fungsi dari kabel data ini adalah agar hp bisa tersambung ke laptop, tentunya kabel data/ usb yang digunakan adalah kabel data atau usb original atau bawaan hp.

Selain itu, menggunakan kabel data sebagai cara untuk mengkoneksikan hotspot dari hp ke laptop merupakan cara yang sangat direkomendasikan agar dapat menggunakan hotspot di laptop dengan cepat dan stabil.

Hal yang perlu kita lakukan terlebih dahulu adalah menghubungkan hp ke laptop dengan kabel data yang kamu punya, Jadi silahkan persiapkan kabel data kamu terlebih dahulu. Usahan kabel data original ya..

Cara hotspot dari hp ke laptop dengan kabel data :

  • Colokkan kabel data port USB atau bagian yang paling besar ke laptop dan yang port kecil ke hp.
  • Setelah itu akan muncul pilihan Gunakan USB untuk, pilih Transfer File.
    cara hotspot dari hp ke laptop dengan kabel data
  • Masuk ke menu Pengaturan.
  • Lalu tap pada Koneksi & Berbagi.
    cara menyambungkan hotspot dari hp ke laptop menggunakan kabel data
  • Setelah itu aktifkan Tethering USB.
    cara menghubungkan hotspot hp ke laptop dengan kabel data
  • Hotspot hp akan terhubung ke laptop secara otomatis menggunakan kabel data dan akan menampilkan ikon komputer pada wifi seperti ini.
    cara hotspot hp ke laptop pake kabel data

Nah itulah cara menyambungkan berbagi wifi hp ke laptop tanpa mengaktifkan hotspot portable sekalipun, Kekurangan dari cara ini adalah hotspot dari hp tidak bisa digunakan banyak orang melainkan hanya laptop yang terkoneksi dengan kabel data tersebut. Selain itu kamu juga bisa menyambungkan hotspot hp ke laptop tanpa kabel data.

Baca juga : Cara Mengatasi Hotspot Xiaomi Connect (No Internet Access) ke Laptop

2. WiFi

Cara menggunakan internet di laptop dari hp kedua adalah menggunakan cara yang paling sering digunakan yaitu wifi, Walaupun cara ini terbilang mudah tetap saja banyak pengguna hp android mengalami masalah seperti wifi hotspot tidak bisa terhubung, tidak bisa konek, dan masalah hotspot lainnya.

Oleh sebab itu jika kamu hanya ingin menggunakan internet dari hp tersebut ke laptop kamu saja, kami menyarankan untuk menggunakan kabel data atau usb karena juga dapat menghemat daya tahan baterai.

Meskipun begitu, menggunakan hotspot portable memiliki kelebihan tersendiri seperti dapat digunakan banyak perangkat hp maupun laptop, dapat membatasi kuota, ip perangkat, dan juga memblokir perangkat yang tidak dikenal.

Cara menggunakan wifi hotspot dari hp ke laptop :

  • Pergi ke menu Pengaturan hp dan jangan lupa untuk mengaktifkan data seluler.
  • Tap pada menu Hotspot Portabel.
  • Pilih Atur hotspot portabel.
    cara menyambungkan hotspot hp ke laptop asus
  • Beri nama wifi pada SSID, dan juga sandi Wifi (minimal 8 karakter). Setelah itu Simpan.
  • Setelah itu berikan tanda centang pada hotspot portabel sehingga hotspot wifi akan diaktifkan.
    cara menyambungkan hotspot hp ke laptop windows 7
  • Buka menu Wifi pada sisi kanan bagian bawah taskbar.
  • Lalu pilih Nama Wifi yang sesuai dari hp dan masukkan sandi wifinya.
  • Terakhir, pilih Connect.
    cara menyambungkan hotspot hp ke laptop toshiba

Untuk mematikan koneksi laptop kamu bisa memilih disconnect pada menu wifi laptop atau mematikan hotspot portabel dengan cara menghilangkan centangnya kembali.

Jika kamu mengalami masalah seperti wifi hotspot dari hp tidak bisa konek ke laptop, Silahkan cek pada batas perangkat hotspot di hp atau daftar mac address yang diblokir karena biasanya masalah yang sering terjadi salah satu dari masalah tersebut.

Baca juga : Cara Restart Modem Indihome

3. Bluetooth

Bluetooth juga bisa menjadi solusi bagi kamu yang ingin cara hotspot dari hp ke laptop tanpa kabel data secara mudah dengan teknologi komunikasi wireless tanpa kabel.

Sayangnya cara ini hanya bisa digunakan untuk kamu pengguna laptop yang sudah dilengkapi fitur bluetooth. Menghubungkan hotspot hp ke laptop melalui fitur bluetooth ini sama halnya dengan menggunakan wifi, hanya saja perbedaannya terletak pada jumlah perangkat yang dapat menggunakan hotspot tersebut.

Cara menyambungkan bluetooth hp ke laptop :

  • Pergi ke Pengaturan HP.
  • Kemudian pilih Koneksi & Berbagi.
  • Lalu hidupkan Tethering bluetooth dengan cara memberi tanda centang.
    cara tethering bluetooth dari hp ke laptop
  • Setelah bluetooth hp hidup, Aktifkan pula bluetooth yang ada di laptop.
  • Dengan begitu otomatis kamu dapat menggunakan internet yang ada di hp dengan laptop.

Baca juga : Cara Menonaktifkan WhatsApp Sementara Tanpa Mematikan Wifi

Itulah beberapa cara menyambungkan hotspot hp ke laptop, agar kita mendapatkan akses ke internet melalui tethering hotspot dari hp. Sehingga kita tidak perlu lagi membeli modem atau perangkat berbagi wifi lainnya. Tentunya setiap cara memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing jadi silahkan sesuaikan dengan kebutuhan.

Afrizatul Rizki
Lulusan Universitas Islam Riau jurusan Teknik Informatika yang hampir 24 jam melakukan kegiatan di depan komputer seperti menulis artikel teknologi di blog Afrizatul.com