Cara Menyalakan Lampu Keyboard Laptop Semua Merek Terbaru

Cara Menyalakan Lampu Keyboard Laptop

Backlight merupakan salah satu fitur yang dimiliki oleh hampir seluruh laptop gaming saat ini, Ada banyak cara menyalakan lampu keyboard laptop yang perlu kamu ketahui.

Untuk model backlight pada keyboard laptop terdapat bermacam varian baik RGB maupun satu warna yang biasanya dikombinasikan dengan transisi perpindahan warna yang cantik.

Selain memperindah tampilan keyboard, lampu backlight ini juga bertujuan untuk memberikan efek cahaya sehingga dapat dengan mudah dilihat terutama pada saat malam hari.

Jadi kamu tidak perlu meraba-raba huruf atau angka apa yang kamu tekan pada keyboard, jika berada di tempat yang kurang cahaya.

Cara menyalakan lampu keyboard pada laptop hp, asus, acer atau merk lainnya menggunakan metode yang berbeda-beda. Untuk itu simak tutorial selengkapnya berikut ini!

Cara Menyalakan Lampu Keyboard Laptop Semua Merek

Perlu diketahui, disini kami hanya membagikan tutorial cara menyalakan lampu keyboard pada semua merk laptop. Jadi mungkin setiap seri laptop memiliki cara yang berbeda.

1. Laptop HP

cara menyalakan lampu keyboard laptop hp

Buat kamu yang menggunakan laptop hp dan lampu keyboardnya tidak mau menyala, maka kamu bisa menggunakan dua cara ini.

Cara yang pertama yaitu menggunakan kombinasi shorcut FN + (ikon backlight). Pada setiap keyboard laptop hp terdapat posisi tombol yang berbeda-beda. Oleh karena itu kamu bisa tekan tombol FN tahan dan coba F1,F2 hingga seterusnya.

Cara yang kedua yaitu cara simpelnya dan biasanya laptop HP model terbaru sudah menggunakannya. Contohnya saja untuk menyalakan lampu keyboard pada laptop HP 14s dk0126au, kamu cukup menekan tombol F5. Tekan F5 kembali untuk mengubah mode backlit.

2. Laptop Asus

cara menyalakan lampu keyboard laptop asus

Bagi kalian pengguna laptop ASUS, kamu juga bisa menghidupkan lampu keyboard laptop tersebut asalkan terdapat symbol backlight pada tombol F3 atau F4 pada keyboard kamu.

Oleh karena itu silahkan cek pada keyboard laptop ASUS kamu, jika memang ada ikon backlit di tombol F3 dan juga F4. Coba beberapa shorcut backlight keyboard asus berikut ini :

  • FN+F4 (tekan bersamaan) untuk menghidupkan backlight.
  • Tekan FN tahan lalu F4 terus menerus untuk membuat cahaya lebih terang.
  • dan FN + F3 untuk meredupkan cahaya.

Pada seri laptop asus ada pula yang menggunakan shorcut keyboard F7 untuk mengaktifkan lampu backlight nya. Jadi itulah pentingnya mengetahui seri laptop yang digunakan terlebih dahulu.

3. Laptop Acer

cara menyalakan lampu keyboard laptop acer

Acer merupakan salah satu brand laptop yang cukup terkenal lama hingga saat ini, Produk laptop acer seperti seri swift, aspire dan serinya yang terbaru pun sudah dilengkapi dengan backlight keyboard.

Berbeda dengan merk laptop lainnya, untuk menyalakan lampu keyboard laptop acer di semua seri biasanya menggunakan cara yang sama yaitu dengan menekan tombol FN + F9 di keyboard secara bersamaan.

Baca juga : Cara Mengatur Kecerahan Laptop Windows 10 yang Tidak Berfungsi

4. Laptop DELL

cara menyalakan lampu keyboard laptop dell

Tidak mau kalah, dell juga memproduksi laptop yang sudah dibekali dengan backlight keyboard. Adapun seri laptop dell yang sudah support backlit seperti seri latitude, inspiron dan lain-lain.

Pada setiap seri dell memiliki metode yang berbeda untuk mengaktifkan fitur backlight keyboard, contohnya untuk laptop dell seri latitude 5400 kamu bisa menggunakan shorcut FN + F5 atau tekan F5 langsung.

Tips lainnya yaitu kamu bisa mengecek manakah tombol keyboard yang terdapat ikon tapak tangan beruang seperti gambar :

Jika lampu keyboard di laptop dell juga tidak mau menyala ikuti cara berikut :

  1. Tekan F10 pada keyboard.
  2. Lalu FN tahan dan tekan ESC.
  3. Selanjutnya tekan dan tahan tombol FN + F6 atau FN + Panah kanan (di pojok kanan bawah keyboard).

5. Laptop Toshiba

cara menyalakan lampu keyboard laptop toshiba

Agak unik selain cara di atas, untuk mengaktifkan fitur backlight pada keyboard laptop toshiba kita hanya bisa melakukannya lewat bios.

  1. Pastikan laptop dalam kondisi mati.
  2. Tekan power laptop untuk menghidupkan kembali.
  3. Setelah itu tekan tombol F12 pada keyboard secepatnya.
  4. Akan muncul beberapa pilihan di Boot menu silahkan pilih <Enter Setup>.
  5. Jika sudah masuk ke BIOS pergi ke tab Power management dengan menekan tanda panah ke kanan di keyboard.
  6. Pada bagian keyboard backlight control mode tekan Enter.
  7. Pilih ON dan enter.
  8. Tekan F10 untuk menyimpan lalu Enter.
  9. Tunggu hingga proses restart selesai.

6. Laptop Lenovo

cara menyalakan lampu keyboard laptop lenovo

Laptop lenovo mendukung fitur backlight atau lampu keyboard seperti pada seri thinkpad, idepad, thinkbook, flex dan sebagainya.

Untuk menyalakan lampu keyboard pada laptop lenovo cara nya mudah, kamu cukup tekan shorcut FN + Spasi pada tombol keyboard kamu. Ada 3 mode backlight yang bisa kamu gunakan yaitu mati, redup dan juga nyala.

Cara ini hanya berlaku pada beberapa laptop seri lenovo saja. Misal nya laptop lenovo seri thinkpad R, T, X dan Z, kamu bisa menggunkan tombol FN + Panah atas.

7. Laptop Samsung

cara menyalakan lampu keyboard laptop samsung

Untuk kamu yang memiliki laptop samsung seri apapun, kamu tidak perlu bingung karena untuk mengaktifkan lampu backlight pada keyboard laptop samsung sangatlah mudah.

Kamu hanya perlu menekan tombol FN + F9 dan dengan begitu lampu keyboard otomatis akan menyala.

Jika lampu keyboard juga belum menyala, kamu bisa mengupdate versi windows ke versi terbaru atau merestart laptop kamu terlebih dahulu.

Baca juga : Cara Screenshot di Laptop Windows (Semua Versi)

Jadi itulah beberapa merk laptop yang bisa kami bagikan dalam tutorial cara menyalakan lampu keyboard laptop.

Apabila kamu memiliki seri laptop yang berbeda dan tidak berhasil menggunakan cara di atas. Maka kamu bisa meninggalkan komentar di bawah postingan ini supaya kami bisa membantu.