Cara Menulis Daftar Pustaka Dari Jurnal

Cara Menulis Daftar Pustaka Dari Jurnal

Cara Menulis Daftar Pustaka Dari Jurnal — Daftar pustaka merupakan kutipan yang kita ambil sebagai rujukan. Rujukan ini yang akan menjadi pedoman dalam penelitian kita. Hal ini dilakukan karena setiap penelitian dari sebelumnya bisa di teliti lagi lebih spesifik. Rujukan ini sangat penting dalam sebuah penelitian, jurnal, proposal, makalah atau yang lainnya. Hal ini juga dibuat karena tidak adanya terjadi pelanggaran hak cipta. Rujukan yang terdapat dalam daftar pustaka yaitu nama pengarang, tahun terbit, judul buku, tempat terbit dan lainnya. Tetapi tahukah kamu bahwa daftar buku tidak hanya terdapat dibuku saja ?

Daftar pustaka tidak hanya diambil dari buku saja tetapi juga terdapat di jurnal. Jurnal yang kita ambil juga bebas, bisa jurnal internasional atau jurnal dari nasional. Rujukan yang terdapat di jurnal sangat berbeda dengan rujukan yang diambil dari buku. Tetapi juga terdapat persamaan, yang menjadi perbedaannya adalah jika rujukan dari sebuah buku maka di akhir daftar pustaka terdapat halaman. Sedangkan pada jurnal menggunakan Volume (Vol).

Pengertian Jurnal Penelitian

Jurnal Penelitian adalah sebuah laporan dari hasil penelitian yang dilakukan secara ilmiah dan semua jurnal penelitian mempunyai pertanggungjawaban secara keilmiahannya tergantung dari metode yang digunakan dalam membuat laporan jurnal penelitian ini. Isi dari jurnal ini sendiri terdiri dari judul, abstrak, deskripsi pengantar, kajian pustaka, metodologi, hasil analisis, hasil implementasi.

Manfaat dalam sebuah jurnal penelitian adalah :

  • Sebagai bahan ilmiah yang dijadikan rujukan atau referensi untuk pengambilan keputusan.
  • Sebagai bahan bertukarnya informasi secara ilmiah dengan fakta yang ada.
  • Sebagai bahan referensi untuk menguji kebenarannya pada ilmiah sebelumnya

Baca juga : Konsep Jurnal Dan Buku Besar

Ciri-Ciri Daftar Pustaka

Contoh penulisan daftar pustaka ini diharuskan untuk kita mengetahuinya, karena dari penulisan daftar pustaka yang diambil dari buku tidak jauh beda dengan merujuk ke jurnal. Inti dari penulisan daftar pustaka yaitu kita harus mengetahui konsep dalam merujuk. Ciri – ciri dalam penulisan daftar pustaka yaitu :

  1. Nama Pengarang, Penulisan nama pengarang pada daftar pustaka yaitu kebalikan dari nama si pengarang. Contohnya Widya Lestari, maka menjadi Lestari, Widya. tidak menggunakan gelar.
  2. Jika terdapat dua (2) nama pengarang maka nama pertama saya dibalikkan, nama yang kedua tidak perlu dibalikkan. Contohnya widya lestari dan bayu afrizatu rizki, maka menjadi Lestari, Widya dan Bayu afrizatul Rizki.
  3. Jika tidak terdapat nama pengarang yang terdapat dalam sebuah buku maka kita bisa membuat diganti dengan nama instansi yang telah menerbitkan.
  4. Pada umumnya batas minimum dalam pengambilan referensi yaitu 5 tahun
  5. Penulisan judul buku harus dibedakan dengan memberikan tulisan bermiring dan diapit tanda petik dua.
  6. Biasanya dalam membuat daftar pustaka sangat jarang menggunakan kutipan dari blogsot, wikipedia, wordpress.

Baca juga : Cara Membuat Daftar Isi Otomatis Di Word

Contoh Penulisan Daftar Pustaka Pada Jurnal

Didalam penulisan daftar pustaka pada jurnal kamu bisa mengingat awalan depan dalam pembuatan rujukan pada jurnal seperti NTJJVNH Penjelasannya yaitu :

  • N = Nama Pengarang
  • T = Tahun Terbit
  • J = Judul Jurnal
  • J = Nama Jurnal
  • V = Volume
  • N = Nomor
  • H = halaman

Volume dan nomor tidak harus ada didalam satu rujukan, maksudnya kamu bisa menggunakan salah satunya saja atau menggunakan keduanya. Contohnya kamu hanya menggunakan Volume yang terdapat dalam jurnal dan tidak menggunakan nomor jurnal maka tidak apa-apa.

Cara Menulis Daftar Pustaka Dari Jurnal yang Benar

1. Membuat Rujukan Terlebih Dahulu

Sebelum kamu membuat daftar pustaka ada baiknya kamu menyusun apa -apa saja yang terdapat dalam sebuah daftar pustaka. Hal ini akan memudahkan mu dalam penyusunan daftar pustaka hingga sampe puluhan yang harus didata. Berikut adalah cara penyususan daftar pustaka yaitu :

  • Nama Pengarang : Bayu Afrizatul Rizki dan widya lestari
  • Judul jurnal : Implentasi augmented reality pada gedung pascasarjana dan gedung perpustakaan
  • Nama Jurnal : Augmented Reality
  • Tahun terbit : 2020
  • Volume : 1
  • Nomor : 1
  • Hal : 1 – 9

Baca juga : Cara Membuat Daftar Pustaka Otomatis Di Microsoft Word

2. Hasil Penulisan Daftar Pustaka 2 Orang

Jika sudah membuat daftar rujukan seperti langkah 1, maka kita tinggal mengurutkannya saja sesuai dengan jumlah jurnal yang ada. seperti contoh dibawah ini :

Rizki, Bayu Afrizatul, dan widya lestari. 2020. Implentasi augmented reality pada gedung pascasarjana dan gedung perpustakaan. Augmented Reality, 1(1), 1- 9.

Demikianlah cara menulis daftar pustaka dari jurnal. Didalam jurnal pasti terdapat tidak hanya 2 atau 3 nama pengarang saja, bahkan bisa terdapat 4 nama pengarang. Pada contoh diatas, saya hanya mengambil 2 contoh nama pengarang, jika terdapat 3 contoh nama pengarang kamu bisa menuliskan nama seperti berikut : Rizki, Bayu Afrizatul, widya lestari dan Ameera putri.