Cara Menonaktifkan WhatsApp Sementara Tanpa Mematikan Wifi

Sedang asik-asiknya bermain game, Tiba-tiba masuk pesan atau notifikasi WhatsApp yang pastinya ngenganggu banget. Terutama notifikasi yang masuk berasal dari grup whatsapp dengan jumlah yang tidak sedikit, Akibatnya hp jadi ngelag dan sangat boros baterai bahkan hingga membuat hp menjadi crash dan blank sendiri.

Oleh karena itu, Kamu bisa mematikan atau menonaktifkan aplikasi WhatsApp kamu untuk sementara waktu. Dengan ini setiap pesan WA yang masuk ke WhatsApp kamu akan tertahan atau tidak masuk sebelum kamu mengaktifkannya kembali.

Ada dua cara yang bisa kita lakukan dalam menonaktifkan aplikasi WhatsApp untuk sementara tanpa mematikan koneksi internet dari data seluler maupun WiFi, Dan terbagi menjadi dua metode yaitu menggunakan sebuah aplikasi maupun tanpa aplikasi tambahan.

Cara ini juga berlaku untuk semua tipe smartphone android seperti pada hp xiaomi, oppo, vivo, Iphone, asus, samsung dan hp android lainnya.

Penasaran bagaimana cara menonaktifkan WA untuk sementara waktu di android? Yuk simak pembahasan menarik berikut ini!

Baca juga : Cara Menyambungkan Hotspot HP Ke Laptop

Cara Menonaktifkan Aplikasi WhatsApp Tanpa Aplikasi

Cara yang pertama kita bisa langsung mematikan aplikasi whatsapp sementara tanpa aplikasi tambahan dengan fitur Paksa Berhenti, Yap benar sekali fitur ini sudah pasti ada di jenis hp android dan kita dapat mengaturnya langsung dengan mudah.

Dalam hal ini saya akan memberikan cara memberhentikan aplikasi WhatsApp dengan fitur Paksa Berhenti di HP Xiaomi dan iPhone, Bagi kamu yang menggunakan hp jenis lain silahkan sesuaikan saja ya karena memang tentunya akan ada perbedaan di letak menu serta tampilan yang dimiliki setiap hp android.

Cara Menonaktifkan WhatsApp Sementara Di Xiaomi

Disini saya menggunakan seri Xiaomi S2 dengan versi android 9 (pie) dan juga MIUI 11, Oh iya sebentar lagi akan ada MIUI 12 lhoo.. Kebetulan hp saya termasuk ke dalam seri xiaomi yang akan mendapatkan update-tan versi MIUI terbaru ini. Berikut fitur terbaru yang hadir di MIUI 12.

  1. Pengaturan Aplikasi

    Pertama, Silahkan masuk ke menu pengaturan lalu pilih Apl > Kelola Aplikasi
    cara menonaktifkan wa sementara di xiaomi

  2. Pada kolom pencarian ketikkan “WhatsApp”

    Jika kamu memiliki banyak aplikasi kamu bisa melakukan pencarian atau kamu bisa scroll ke bawah untuk mencari nya.
    cara menonaktifkan wa sementara di hp oppo

  3. Paksa Berhenti

    Pada bagian bawah Tap di bagian menu Paksa Henti yang letaknya sejajar dengan menu Uninstal dan Hapus Data, Jika Muncul Pesan Pertanyaan Tap Oke.
    cara menonaktifkan wa grup sementara

Sangat mudah sekali, Oh iya kamu juga dapat memberhentikan aplikasi whatsapp kamu secara paksa pada bagian Home dengan cara Tap dan Tahan pada icon aplikasi whatsapp lalu pilih Info Apl dan kamu akan diarahkan sama seperti cara di atas.

Dengan ini otomatis aplikasi whatsapp kamu berhenti untuk sementara, Kebanyakan orang khususnya pengguna xiaomi hanya menghapus log aplikasi whatsapp yang padahal itu hanya Membersihkan Cache Aplikasi Whatsapp tidak untuk memberhentikannya.

Cara Menonaktifkan Whatsapp Sementara Di Iphone

Bagaimana jika kamu menggunakan iOS atau HP Iphone? Sebenarnya hampir sama, yang jadi perbedaan disini adalah jika tadi di android kita memang benar-benar bisa menutup atau paksa berhenti aplikasi whatsapp, di iPhone kita hanya dapat menghilangkan notifikasi WA nya saja.

Tentunya cara ini juga dapat kamu lakukan tanpa menggunakan aplikasi, Hanya saja whatsapp sebenarnya masih aktif dan berjalan dan menerima semua pesan masuk dari personal chat maupun grup whatsapp. Tetapi tidak akan muncul pemberitahuannya.

Berikut cara mematikan whatsapp di iphone :

  • Pertama, Silahkan masuk ke menu Settings di iPhone
  • Lalu tap pada menu Notifications
  • Pada kolom Pencarian ketikkan aplikasi “WhatsApp
  • Hilangkan Centang pada Allow Notifications.

Gampang banget ya, Sekarang kamu gak perlu takut lagi jika ada pesan yang masuk ke WhatsApp kamu dan menggangu. Kamu dapat mengaktifkannya kembali dengan memberikan centang seperti semula untuk mendapatkan pemberitahuan atau notifikasi dari WhatsApp jika dibutuhkan.

Itulah cara menonaktifkan whatsapp dengan bantuan fitur yang biasa disebut force close atau paksa berhenti. Untuk pengguna hp jenis lainnnya bisa disesuaikan saja ya karena langkah-langkahnya hampir sama saja kok.

Cara Menonaktifkan WhatsApp Dengan Aplikasi

Masuk ke cara kedua, yaitu dengan bantuan aplikasi. Cara ini cocok banget buat kamu yang tidak menggunakan aplikasi whatsapp original atau pengguna WhatsApp MOD. Karena memang di aplikasi WA MOD sendiri sudah tersedia fitur yang kita butuhkan seperti fitur privasi centang biru, dan fitur untuk menonaktifkan whatsapp sementara.

Fitur tersebut bernama DND Mode, pada beberapa WhatsApp MOD fitur ini juga disebut Mode Pesawat karena memang cara kerjanya sama seperti mode pesawat di hp android yang mematikan semua panggilan masuk, SMS masuk, bahkan jaringan data seluler maupun WiFi.

Bedanya ini Mode Pesawat ini hanya mematikan aplikasi WhatsApp dan menahan semua pesan chat yang masuk dari orang lain atau grup whatsapp dan juga panggilan voice call atau video call.

cara menonaktifkan whatsapp di hp xiaomi

Caranya mudah Buka aplikasi WhatsApp kamu kemudian terdapat Ikon Pesawat dibagian atau tepat disebelah ikon cari kemudian OK. Aplikasi WhatsApp akan merestart secara otomatis dan fitur DND Mode berhasil di aktifkan.

Mematikan Whatsapp Dan Mengaktifkan Kembali

Demikianlah bagaimana cara mematikan whatsapp untuk sementara waktu pada semua tipe hp android seperti xiaomi dan iphone menggunakan aplikasi atau tanpa aplikasi. Sekarang kamu tidak usah takut lagi diganggu pas lagi asik main Game, fokus bermain dan jika sudah selesai kamu dapat mengaktifkan dan membuka WhatsApp untuk chat dan telponan dengan teman maupun pacar kamu menggunakan WhatsApp.

Share on:

Tinggalkan komentar