Cara Mengunci Folder di Windows 7, 8, dan 10 Tanpa Aplikasi

Lock Folder memang sangat penting untuk menyembunyikan file maupun data yang ada pada laptop kita. Apalagi berkaitan dengan privasi kita, Apabila dibiarkan terbuka begitu saja akan mudah untuk diakses oleh orang lain terutama bagi yang sering meminjamkan laptopnya kepada teman, pacar, orang tua, adik dan yang lainnya.

Memberi password pada folder juga bukanlah hal yang baru karena ini sudah ada sejak lama seperti pada sistem operasi linux jika teman-teman pernah menggunakannya.

Sama halnya pada linux, di windows sendiri juga bisa mengunci folder sekaligus menyembunyikan segala yang ada di dalamnya. Cara ini bisa kamu lakukan pada laptop kamu yang menggunakan windows XP, 7, 8, dan 10. Karena semuanya adalah produknya microsoft windows.

Berikut afrizatul rangkum beberapa cara mengunci folder di windows yang bisa kamu gunakan tanpa software atau aplikasi apapun.

Agar tidak terjadi yang tidak kita inginkan diharapkan untuk membackup terlebih dahulu sistem windows kamu agar dapat di repair kembali. Karena ini berkaitan dengan sistem. Walaupun kemungkinan rusaknya hanya 1%

Baca juga : Cara Uninstal Aplikasi Di Laptop Windows 7, 8 dan 10

Cara Mengunci Folder di Windows Tanpa Aplikasi

Nah untuk cara pertama kita tidak menggunakan aplikasi atau software apapun. Lalu apa yang akan kita gunakan? Sebuah software yang ada pada setiap versi windows baik itu dari windows XP, 7, 8, hingga windows 10 yaitu Notepad. Disini kita akan membuat file berformat .bat, Berikut langkah-langkahnya.

1.Pertama, silahkan buat folder pada hardisk laptop teman-teman. Disini saya ambil contoh dengan nama folder Afrizatul yang saya letakkan pada DATA (E:).

cara mengunci folder di windows tanpa aplikasi

2.Buka folder tersebut, dan di dalamnya buat sebuah file baru dengan cara klik kanan kemudian pilih New > Text Document. Lalu beri nama afrizatul-kunci-folder.txt

Jika format .txt di belakang file tidak muncul kamu bisa mensetting terlebih dahulu. Silahkan baca : Cara Merubah Fomat Ekstensi File dengan Cepat

cara mengunci folder di windows tanpa software

3.Jika sudah, buka file nya dengan cara klik dua kali maka akan otomatis terbuka dengan software notepad, Jika tidak terbuka dengan notepad kamu bisa klik kanan kemudian open with > notepad.

cara mengunci folder di windows 10 tanpa aplikasi

4.Copy kode di bawah ini kemudian paste pada notepad tersebut.

cls
 
@ECHO OFF
 
title Folder Locker
if EXIST "Control Panel.{21EC2020-3AEA-1069-A2DD-08002B30309D}" goto UNLOCK
if NOT EXIST Locker goto MDLOCKER

:CONFIRM
echo Are you sure u want to Lock the folder(Y/N)
set/p "cho=>"
if %cho%==Y goto LOCK
if %cho%==y goto LOCK
if %cho%==n goto END
if %cho%==N goto END
echo Invalid choice.goto CONFIRM

:LOCK
ren Locker "Control Panel.{21EC2020-3AEA-1069-A2DD-08002B30309D}"
attrib +h +s "Control Panel.{21EC2020-3AEA-1069-A2DD-08002B30309D}"
 
echo Folder locked
 
goto End

:UNLOCK
 
echo Enter password to Unlock folder
 
set/p "pass=>"
 
if NOT %pass%== afrizatul goto FAIL
 
attrib -h -s "Control Panel.{21EC2020-3AEA-1069-A2DD-08002B30309D}"
 
ren "Control Panel.{21EC2020-3AEA-1069-A2DD-08002B30309D}" Locker
 
echo Folder Unlocked successfully
 
goto End

:FAIL
 
echo Invalid password
 
goto end

:MDLOCKER
 
md Locker
 
echo Locker created successfully
 
goto End

:End

Keterangan : Pada baris ke 32, ganti “afrizatul” dengan password atau kata sandi yang ingin kamu gunakan. Jika tidak ketemu, Ctrl + F pada keyboard.

5. Jika sudah, Simpan dengan cara Klik File > Save As. Pada filename berikan nama afrizatul-kunci.bat (bukan txt), Dan pada Save as type ganti dari txt ke All Files.

cara kunci folder tanpa aplikasi

6.Maka akan muncul file baru yang telah kita buat tadi dengan ekstensi .bat, Klik dua kali untuk membukanya.

cara kunci folder tanpa software

7. Dan taraa.. otomatis akan muncul folder baru yang kita buat menggunakan script diatas tadi. Nah di folder Locker ini lah kamu bisa menyimpan data apa saja yang ingin kamu sembunyikan.

cara kunci folder tanpa software apapun

8. Jika sudah kamu masukkan datanya, kembali klik dua kali lagi pada file afrizatul-kunci.bat tadi. Dan akan muncul pesan seperti dibawah. Ketik Y jika ingin mengunci foldernya atau N untuk tidak.

cara kunci folder di laptop tanpa software

9. Karena kita ingin mengunci nya ketik Y dan Enter, maka otomatis folder Locker tadi akan hilang. Untuk memunculkannya kembali. Klik dua kali pada file afrizatul-kunci.bat dan masukkan password yang ada pada script tadi. Dan folder tadi akan kembali muncul.

Jadi untuk memunculkan dan menghilangkan folder Locker tadi kita membutuhkan file .bat, Jadi jangan sampai file tersebut hilang ataupun rusak.

Nah itulah bagaimana cara mengunci folder di windows tanpa aplikasi atau software sehingga mudah untuk dipraktekkan. Karena hanya menggunakan sotware bawaan yang ada pada semua windows seperti windows XP, 7, 8 dan juga 10.

Sekarang kamu bisa menyembunyikan file apa saja pada windows kamu tanpa takut ketahuan ataupun dilihat oleh orang lain. Semoga artikel ini dapat membantu, jika teman-teman ada yang tidak paham silahkan tinggalkan di kolom komentar..

YAKIN GAK MAU KOMENTAR?