Cara Mengunci File Word

Cara Mengunci File Word

Mengunci file word adalah cara memprivasi file karena setiap kita pasti memiliki file atau dokumen yang bersifat rahasia (privasi). Terkadang kita selalu menyimpan file atau dokumen kita di laptop atau juga yang di email, ataupun google drive.

Nah kamu yang suka menyimpan file atau dokumen di laptop kamu bisa mengunci file atau dokumen. Mengunci File atau dokumen word bisa menghindari terjadinya copy paste file oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

Mengunci file juga sangat efektif digunakan semua orang banyak, tidak hanya di gunakan untuk suatu pekerjaan tetapi juga bisa digunakan untuk pribadi.

Selain itu, kamu juga akan lebih mudah membagikan file tersebut kepada orang lain dengan syarat orang tersebut juga mengetahui password pada file yang kamu buat. Berkaitan dengan password tentunya kita bisa menggunakan kata sandi dan password yang terdiri dari angka, huruf, simbol dan bahkan kombinasi antar ketiganya.

Oleh karena itu untuk mengunci file word disini sangatlah mudah, karena kita tidak membutuhkan aplikasi tambahan dan langsung bisa dilakukan di Microsoft word.

Microsoft yang di gunakan pada cara ini menggunakan microsoft word 2010. Bagi kamu yang menggunakan versi lama seperti microsoft word 2007, 2009, 2013, 2016 atau terbaru juga bisa menggunakan cara ini, mungkin hanya sedikit berbeda.

Baca juga : Cara Mengubah Format Pdf ke Word Agar Bisa Diedit Tanpa Aplikasi

Cara Mengunci File Word Menggunakan Password

Sebenarnya untuk mengunci file di microsoft word, sudah ada fitur yang memang ada ketika kita pertama kali menginstall software microsoft office.

Langkah 1 – Membuka Protect Document

  • Buka terlebih dahulu dokumen kamu yang akan di kunci menggunakan password.
  • Selanjutnya buka Menu File yang terdapat di taskbar menu pada word.
  • Lalu pilih Protect Document yang ada tulisan Permissions (anyone can open, copy, and change any part of this document)
    cara mengunci file word 2007

Langkah 2 – Membuat Password Pada document

  • Setelah melakukan pada tahap 1, lalu akan muncul beberapa pilihan.
  • Kamu cukup pilih “encrypt with password” yang artinya mengengkripsi dengan kata sandi.
    cara mengunci file word 2010
  • Gunakan kata sandi yang cukup mudah kamu ingat, Kombinasikan huruf dan angka. jika sudah kamu masukkan password yang sesuai maka kamu tinggal klik OK .
cara mengunci file word agar tidak bisa di copy paste

Baca juga : Cara Menggabungkan File Word Dengan Mudah dan Sangat Rapi

Demikianlah Langkah-langkah yang afrizatul bagikan terkait cara mengunci file di word. Saya sarankan untuk kamu yang ingin mengunci file penting kamu atau yang bersifat privasi, jangan menggunakan kata sandi yang rumit.

Karena mengunci file ini bersifat case-sensitive. File yang telah dikunci ini hanya bisa di akses oleh orang yang tau kata sandi yang telah di buat.