Cara Mengisi Absen Di Google Classroom

Sama seperti halnya saat datang ke sekolah, Terdapat juga cara mengisi absen di google classroom mengingat saat masa pandemi ini semua kegiatan pembelajaran dilakukan secara daring.

Absensi berguna agar dapat mengetahui siapa saja siswa, mahasiswa atau murid yang mengikuti sebuah mata pelajaran atau mata kuliah dan berstatus hadir.

Tetapi berbeda halnya pada absensi di sekolah yang dilakukan secara tatap muka langsung di hadapan guru yang mengajar, di google classroom kamu hanya bisa mengisi absen atau daftar hadir tanpa perlu datang ke sekolah dan bisa dilakukan di rumah saja.

Meskipun begitu, kamu tidak dapat menitip absen atau membantu teman kamu untuk mengisi absen tersebut. Karena di google classroom absensi yang melewati waktu yang ditentukan atau jika waktu pembelajaran selesai otomatis daftar absen juga akan ditutup.

Nah, bagi yang baru saja bergabung di google classroom dan masih bingung bagaimana cara mengisi absen di google classroom. Silahkan simak ulasan lengkapnya dari afrizatul berikut ini! Baca juga : Cara Melihat Kode Classroom

Cara Mengisi Absen Di Google Classroom Melalui HP

Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengisi absen di aplikasi google classroom, baik itu melalui pc/komputer, atau pun hp. Nah berikut ini cara mengisi absen di google classroom menggunakan hp android atau iphone.

  1. Buka aplikasi google classroom.
  2. Setelah itu masuk ke dalam Kelas yang ingin diisi daftar hadir.
  3. Kemudian cek pada bagian Status yang diberikan guru atau dosen dengan judul absen siswa.
  4. dan tap Mark and Done untuk tandai sudah selesai atau hadir.
    cara mengisi absen di google classroom di hp
  5. Selesai.

Jika terdapat tulisan missing berwarna merah di pojok kanan bawah, itu artinya kamu terlambat untuk mengisi absen dan tidak akan terhitung dalam absensi tersebut.

Baca juga : Cara Menghapus Jawaban Di Google Classroom

Cara Mengisi Absen Di Google Classroom Melalui Google Form

Beberapa pengajar mungkin akan menggunakan layanan dari google yaitu google form untuk mengumpulkan daftar siswa yang hadir di dalam kelas google classroom. Nah berikut inilah cara mengisi absen melalui google form.

  1. Masuk ke akun google classroom
  2. Lihat postingan yang telah diberikan oleh guru.
  3. Buka Daftar Hadir tersebut dan kamu akan diarahkan ke url google formulir.
    cara mengisi absensi di google classroom
  4. Kemudian isi nama, nis atau npm, mata pelajaran atau mata kuliah, dan juga kelas.
  5. Lalu Kirim.
    cara isi absen di google classroom

Jika semua data telah terisi maka semua jawaban kamu akan terkirim ke guru atau pengajar dengan otomatis, Harap mengisi data dengan benar dan melakukan pengisian hanya satu kali untuk mencegah terjadinya duplikasi data.

Demikian lah cara mengisi absen di google classroom melalui hp, komputer dan juga google form yang paling umum digunakan saat ini. Jika kamu masih kebingungan silahkan tinggalkan pertanyaan di kolom komentar. Baca juga : Cara Keluar Dari Google Classroom

Share on:

Tinggalkan komentar