Cara Mengirim Video Whatsapp Durasi Panjang dan Size Besar

Cara Mengirim Video Whatsapp Durasi Panjang

Untuk mengirim video whatsapp dengan durasi panjang dan tidak terpotong sedikitpun, kamu bisa menggunakan beberapa cara baik menggunakan aplikasi atau tanpa aplikasi.

Seperti yang kita ketahui bahwa pada whatsapp, kita dapat mengirim berbagai jenis media seperti foto, video, dokumen, rekaman suara dan stiker animasi.

Hanya saja untuk mengirim dan menerima video di whatsapp memiliki aturan dan ketentuan khusus, Jadi kita tidak bisa asal kirim video yang sangat panjang apalagi sizenya yang besar.

Oleh karena itu, kamu perlu mengetahui beberapa ketentuan whatsapp terkait durasi dan size video yang diizinkan berikut ini.

Ketentuan Durasi Dan Size Video Di Whatsapp

Mungkin kamu pernah mengalami pada saat mengirim video ke story whatsapp atau teman kamu, video tersebut tidak langsung terkirim atau terpotong.

Nah masalah tersebut bukanlah error dari whatsapp, melainkan disebabkan size atau ukuran dan juga durasi video yang kamu gunakan.

Jadi, perlu kamu ingat untuk durasi video yang bisa kamu gunakan dalam whatsapp baik itu mengirim ke chat maupun status wa yaitu maksimal durasi 16 detik dan size 16 MB.

Jika kamu mengirim video melebihi limit yang telah ditentukan whatsapp tersebut, maka video perlu dipotong terlebih dahulu atau akan gagal dikirim.

Durasi video sangat berpengaruh kepada size video, jadi semakin pendek durasi video maka akan semakin kecil pula size dari file video tersebut.

Cara Mengirim Video Whatsapp Durasi Panjang Dengan Aplikasi

Cara yang paling praktis dan juga mudah untuk mengirim video whatsapp dengan durasi panjang yaitu menggunakan aplikasi tambahan.

Tapi kamu tidak perlu khawatir karena aplikasi tambahan tersebut mungkin sudah kamu gunakan saat ini.

1. WhatsApp MOD

Whatsapp mod merupakan aplikasi yang sudah dimodifikasi oleh pihak ketiga, adapun perbedaan aplikasi whatsapp mod dibandingkan whatsapp resmi yaitu penambahan fitur.

Salah satu fitur yang paling banyak digunakan yaitu dapat mengirim video dengan durasi yang sangat panjang baik melalui chat obrolan atau story wa.

Selain itu, kamu juga tidak perlu mengkompress atau mempotong durasi video repot-repot jika menggunakan whatsapp mod.

Jadi tidak heran aplikasi whatsapp mod sangat banyak digunakan saat ini karena terkenal bisa menyembunyikan status online, melihat status orang lain tanpa diketahui dan fitur menarik lainnya.

Akan tetapi kekurangan dari whatsapp mod, kamu tidak bisa membackup chat lewat google drive seperti yang ada pada whatsapp aslinya.

kirim video durasi panjang di whatsapp mod

Berikut cara kirim video wa dengan durasi panjang lewat whatsapp mod :

  1. Buka aplikasi whatsapp mod, disini saya menggunakan yo whatsapp.
  2. Tap pada ikon titik tiga di pojok kanan atas.
  3. Lalu pilih Yo Mods.
  4. Pilih menu Umum.
  5. Dan Pengaturan.
  6. Di bagian kirim gambar atau video dalam resolusi penuh naikkan hingga maksimal.
  7. Selesai.

2. Aplikasi Kompress Video

Seperti yang telah saya jelaskan sebelumnya, bahwa penyebab video bisa berukuran besar bisa dari resolusi dan juga durasi video tersebut.

Akan tetapi kalau kamu bingung, kamu bisa langsung menggunakan aplikasi kompress video yang berguna untuk memperkecil size dari video tanpa perlu memotong durasinya sama sekali.

Setelah video terkompress secara maksimal, nantinya size video tersebut menjadi lebih kecil tanpa memperburuk kualitas dari video dan bisa langsung kamu kirim ke whatsapp.

Inilah cara mengirim video whatsapp tanpa terpotong lewat aplikasi kompress video :

  1. Download dan install aplikasi vidcompact di android atau ios.
  2. Pada halaman utama aplikasi tap pangkas dan kompress video.
  3. Pilih video yang diinginkan.
  4. Setelah itu download dengan resolusi yang kamu inginkan.
  5. Dan kirim ke whatsapp.

Cara Mengirim Video Whatsapp Durasi Panjang Tanpa Aplikasi

Jika menurut kamu cara di atas terlalu ribet, karena harus menginstall aplikasi tambahan yang tentu memerlukan ruang penyimpanan lebih.

Maka cara kedua ini cocok untuk kamu, karena disini kita akan mengirim video whatsapp dengan durasi panjang dan size besar tanpa aplikasi.

Sederhananya kita akan memanfaatkan beberapa sosial media yang cukup populer sebagai tempat untuk berbagi video. Lalu mengupload dan membagikan link dari video yang ingin kita kirim ke whatsapp.

1. Youtube

Siapa disini yang ingin menjadi youtuber atau sering menonton video di youtube? Yap, youtube adalah salah satu platform berbagi video dengan durasi panjang dan size besar.

Oleh karena itu, kamu bisa mengupload video tidak bisa kamu kirim ke whatsapp terlebih dahulu di youtube lalu membagikan link yt tersebut setelahnya.

Kamu tidak perlu khawatir apabila video tersebut akan dilihat oleh banyak orang, karena di youtube kamu bisa menyembunyikannya agar hanya kamu yang dapat melihat dan membukanya.

mengirim video whatsapp lewat youtube

Berikut cara kirim video whatsapp dengan durasi panjang via youtube :

  1. Buka aplikasi youtube.
  2. Setelah itu login dengan akun gmail yang kamu punya.
  3. Tap pada ikon upload dan masukkan video dari galeri.
  4. Setelah itu pada visibilitas ubah ke Pribadi.
  5. Buka video yang telah diupload.
  6. Tap bagikan di bawah video lalu salin linknya.
  7. Dan kirim ke whatsapp.

2. Kompress Video Online

Apabila kamu tidak ingin menginstall aplikasi kompress video di hp kamu, maka kamu bisa menggunakan alternatif lain seperti kompress video secara online.

Jadi kamu cukup membuka browser google chrome, uc browser atau bawaan hp untuk mengakses situs kompress video. Dan mengupload video yang ingin diperkecil size nya.

kompress video whatsapp secara online

Inilah cara mengirim video di whatsapp dengan durasi panjang lewat kompress video secara online :

  1. Kunjungi situs video compressor online.
  2. Tap pada choose files dan masukkan video yang ingin dikompres.
  3. Tunggu hingga proses selesai.
  4. Dan download lalu kirim ke whatsapp.

Bisa kamu lihat, di menu advanced options ada beberapa settingan yang bisa kamu sesuaikan dari video codec, compression method, select target size, dan make video compatible with old devices.

3. Google Drive

Sesuai namanya google drive merupakan salah satu layanan cloud atau penyimpanan di internet yang disediakan langsung oleh perusahaan google.

Jadi kamu cukup menggunakan akun google yang sudah ada, lalu mendapatkan akses ke google drive. Akan tetapi setiap akun memiliki limit atau batas ruang penyimpanan.

kirim video wa lewat google drive

Berikut cara upload video di google drive untuk whatsapp :

  1. Pergi ke halaman google drive atau kamu bisa menggunakan aplikasinya.
  2. Tap pada menu baru lalu upload file.
  3. Masukkan video yang ada di galeri hp.
  4. Jika sudah, klik kanan dan dapatkan link.
  5. Setelah itu tempel link video tersebut ke whatsapp.

4. Membagi Video

Jika video yang ingin kamu kirim ke status wa atau orang lain di whatsapp dengan durasi yang sangat panjang. Kamu sebenarnya tidak diharuskan untuk menghilangkan sebagian durasi dan memperkecil size dari video tersebut.

Karena kamu bisa membagi video tersebut menjadi beberapa bagian atau part. Sehingga videonya tetap dengan durasi yang sama dari awal sampai akhir. Akan tetapi dibagi menjadi lebih dari 1 video.

Untuk memotong video menjadi beberapa bagian di hp android atau ios, kamu bisa memanfaatkan berbagai macam aplikasi editor video favorit kamu.

Cara membagi video menjadi beberapa part untuk whatsapp :

  1. Download dan install aplikasi kinemaster.
  2. Tap ikon plus dan pilih ukurang layar yang akan digunakan.
  3. Setelah itu tap media dan masukkan video yang akan dipotong.
  4. Geser ke arah durasi video yang dipotong.
  5. Lalu tap ikon gunting pada sebelah kiri aplikasi.
  6. Jika video sudah terbagi menjadi beberapa bagian simpan ke galeri.
  7. Dan kirim ke teman kamu di whatsapp.

5. Lewat Dokumen

Dalam pengiriman media di whatsapp terdiri dari beberapa cara yaitu foto, video, rekaman suara, stiker dan juga dokumen.

Nah fitur dokumen ini sebenarnya banyak digunakan pada media file berbentuk PDF, Doc, zip, rar dan lainnya. Tetapi ternyata kamu juga bisa mengirim foto dan video melalui menu dokumen bahkan untuk ukuran di atas 100 MB.

kirim video wa lewat dokumen

Cara kirim video lewat menu dokumen whatsapp :

  1. Jalankan aplikasi whatsapp.
  2. Buka salah satu obrolan chat.
  3. Tap ikon lampiran.
  4. Pilih dokumen.
  5. Pilih video yang ingin dikirim atau hasil kompress sebelumnya.
  6. Dan tap Send.

Itulah beberapa cara mengirim video whatsapp durasi panjang menggunakan dan tanpa aplikasi yang bisa kamu praktekkan di hp kamu. Tentunya setiap metode memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Bagi kamu yang sudah menemukan cara paling praktis untuk mengirim video di whatsapp tanpa memotong dan memperkecil video. Silahkan tinggalkan di kolom komentar postingan ini.

Terima kasih sudah berkunjung.