Cara Mengirim Foto Ke Google Classroom

Tidak semua tugas yang diberikan oleh guru di google classroom berbentuk jawaban dari soal pertanyaan, dan jawaban dalam format file pdf atau doc, Ada juga soal yang mengharuskan kamu untuk mengirim foto ke google classroom sebagai cara menjawabnya.

Oleh karena itu banyak sekali mungkin dari kamu yang kebingungan bagaimana cara memasukkan foto ke dalam google classroom, Beberapa orang pernah mengalami bahwa pada saat mengupload sebuah foto dari galeri hp mereka ke google classroom akan muncul pesan eror.

Bagi kamu yang ingin mengirim foto ke kelas di google classroom, disini afrizatul akan memberikan beberapa cara yang bisa kamu gunakan yaitu menggunakan aplikasi tambahan atau pihak ketiga dan juga tanpa aplikasi apapun. Yuk simak ulasannya berikut ini! Baca juga : Cara Mengetahui Kunci Jawaban Di Google Classroom

Cara Mengirim Foto Ke Google Classroom Tanpa Aplikasi

1. Lewat Google Drive

Cara yang pertama adalah dengan memanfaatkan fitur google drive, Karena aplikasi google classroom sendiri memang sudah terintegrasi atau terhubung ke layanan google drive. Sehingga kamu bisa memasukkan file apa saja yang sudah kamu upload sebelumnya di google drive ke dalam aplikasi google classroom.

Tentu saja akun google classroom yang digunakan juga sebisa mungkin sama dengan akun yang kamu gunakan saat menggunakan google drive.

  • Buka aplikasi Google drive.
  • Tap pada ikon Plus atau tanda tambah di pojok kanan bawah.
    cara mengirim foto ke google classroom lewat hp
  • Dan pilih Upload.
  • Pilih foto yang ingin kamu upload ke google drive.
  • Tunggu hingga proses upload selesai.
  • Jika sudah masukkan ke google classrom dengan mengupload melalui google drive.
    cara mengirim foto ke google classroom lewat drive

2. Lewat Photos

cara mengirim foto ke google classroom di laptop

Selain google drive, kamu juga dapat memasukkan foto tersebut dengan mengakses aplikasi galeri langsung dari hp kamu. Cara yang digunakan juga sama dengan melalui google drive, Hanya saja kamu memilih menu File > Photos setelah Add Attachment dan Turn In untuk menyerahkan tugas.

Baca juga : Cara Mengubah Bahasa Di Google Classroom

Cara Mengirim Foto Ke Google Classroom Dengan Aplikasi

Cara yang kedua adalah dengan mengirim foto ke google classroom dengan bantuan aplikasi tambahan, Aplikasi yang kita butuhkan adalah aplikasi kompres file seperti Winrar. Disini kita akan mengkompres atau mengubah format foto yang awalnya jpeg, png atau jpg ke rar atau zip, Lebih tepatnya kita akan membungkus foto tersebut terlebih dahulu.

Akan tetapi yang kita kirim kan adalah file berbentuk zip atau rar, nah jadi tentu saja file yang akan diterima oleh guru atau dosen tersebut juga sama. Oleh karena itu mereka akan mengekstak file tersebut terlebih dahulu untuk melihat foto yang ada di dalamnya, Jadi pastikan bahwa tugas tersebut memang diperbolehkan untuk mengirim file dalam format rar atau zip.

  • Pertama, Silahkan download aplikasi Winrar terlebih dahulu.
  • Buka aplikasi winrar.
  • Pilih foto sesuai tempat penyimpanan yang ada pada hp kamu.
  • Klik kanan lalu tap Add to Archive
  • Sesuaikan format, dan nama file yang diinginkan.
  • Lalu Kompress dan kirim ke tugas di google classroom.
    cara mengirim foto ke google classroom tanpa aplikasi

Selain melalui hp, kamu juga bisa menggunakan aplikasi winrar ini yang sudah tersedia di laptop atau komputer. Dengan aplikasi ini kamu dapat dengan mudah menggabungkan beberapa foto atau file menjadi satu untuk mempermudah kita dalam berbagi seperti mengirim semua file tersebut sekaligus di google classroom.

Itulah beberapa cara mengirim foto ke google classroom yang bisa kamu coba, karena memang setiap hp memiliki masalah yang berbeda-beda seperti tidak bisa upload foto di google classroom. Jadi cobalah untuk menggunakan aplikasi dan mengkompress foto tersebut ke dalam bentuk zip atau rar terlebih dahulu. Baca juga : Cara Menghapus Jawaban Di Google Classroom

Share on:

Tinggalkan komentar