Cara Menghilangkan Spasi Di Excel

Cara Menghilangkan Spasi Di Excel

Cara Menghilangkan Spasi Di Excel – Banyak sekali diantara kita mengabaikan spasi di excel. Tapi tahukah kamu bahwa spasi yang berlebihan akan memperngaruhi cara kerja excel. Hal ini dikarena pada microsoft excel menggunakan bagian-bagian seperti cell yang nantinya akan di eksekusi perbagian, dan jika terlalu banyak spasi atau ekstra spasi akan mengakibatkan eror pada halaman kerja.

Berbeda dengan microsoft word, microsoft word sepanjang apapun spasi tidak akan mempengaruhi apapun. Ternyata banyak diantara kita menghilang spasi di excel dengan mengecek satu-persatu cell lalu di hapus, Tetapi langkah ini tidak efektif dikarenakan banyak menyita waktu dan kurangnya ketelitian.

Kamu bisa menggunakan cara di bawah ini untuk menghilang spasi di excel. Disini akan dijelaskan dengan 3 cara yaitu menghilang spasi secara otomatis, menggunakan rumus, dan menghilangkan spasi panjang di excel menggunakan find & replace.

Baca juga : Cara Mengisi Suara Pada Power Point

Cara Menghilangkan Spasi Di Excel Dengan Rumus

cara kedua yaitu menghilangkan spasi dengan rumus. Di Excel terdapat banyak rumus yang bisa kita gunakan, contohnya saja menghilangkan spasi di excel menggunakan rumus TRIM. Fungsi Trim yaitu menghilangkan spasi berlebihan yang terdapat di dalam kalimat sel atau spasi di awal dan ujung teks, Menjadikan 1 spasi diantara kalimat atau teks yang terdapat spasi ekstra.

Contoh Penggunaan Trim yaitu : =TRIM (Text)

Kita juga bisa melihat jumlah jarak spasi yang terdapat dalam satu cell. Rumus yang digunakan dalam melihat jumlah jarak spasi yang terdalam satu cell yaitu : =LEN (Text)

cara menghilangkan spasi di excel 2010

Pada gambar diatas adalah contoh dari rumus menggunakan trim. Cara cepat menggunakan trim yaitu letakkan kursor pada cell kanan ujung sampai muncul tanda plus, lalu tarik hingga bawah. Perlu di ketahui bahwa fungsi TRIM tidak bisa kamu gabung kan secara langsung dengan cell lainnya. Hal ini akan menimbulkan pesan Value atau Error.

Contohnya : TRIM= (A3:A4)

Baca juga : Cara Membuat Daftar Isi Otomatis Di Word

Menghilangkan Spasi Panjang Di Excel Secara Otomatis

Cara ketiga yaitu menghilangkan spasi panjang atau ekstra spasi di excel yang mudah digunakan yaitu menggunakan Find & Replace. Tetapi cara ini kurang efektif dikarenakan cara ini tidak menghilangkan spasi secara keseluruhan, tetapi akan menyisakan 1 spasi di pangkal kalimat. Contohnya seperti pada gambar di bawah ini.

cara menghilangkan spasi depan di excel

Berikut cara penggunaannya :

  • Blok atau seleksi semua cell yang akan di hilangkan ekstra spasi nya.
  • Selanjutnya memunculkan kotak Find & Replace yaitu dengan cara tekan tombol CTRL + H.
    cara menghilangkan spasi di belakang excel
  • Pada gambar di atas terdapat 2 bagian yaitu Find what dan Replace with.
  • isilah find what dengan 2 spasi sedangkan Replace what isi dengan 1 spasi.
  • lalu tekan replace all, ketika muncul pemberitahuan maka ulangi replace all dan tekan ok hingga 4 kali. Hingga muncul pemberitahuan “We couldn’t find anything to replace

Demikianlah 3 cara menghilang spasi di excel. lanjutkan ya biiiiiiiiiiiiiiiiii

Afrizatul Rizki
"Blogger, Wibu, dan Maniak Komputer"