Cara Menghilangkan Kamus Di Keyboard Xiaomi

Cara Menghilangkan Kamus Di Keyboard Xiaomi

Afrizatul – Kamus pada keyboard memang tidak hanya terdapat pada smartphone xiaomi, Bisa dikatakan bahwa semua merk smartphone seperti Samsung, Asus, Oppo telah memiliki fitur ini.

Kamus ini berguna untuk memberikan saran (prediksi kata), emoji, kontak, koreksi otomatis, spasi otomatis setelah tanda baca, kapitalisasi otomatis, titik spasi ganda, dan juga memeriksa apakah ejaan kata tersebut benar atau salah.

Selain kelebihan dari fungsi utamanya tersebut, ada juga kekurangan yang sering kita temui disaat mengetik menggunakan keyboard seperti : Lebih sulit untuk mengetik kata yang singkat, bahasa menjadi lebih formal (sesuai EYD), ejaan kata sering salah bahkan hingga keluar konteks kata yang ingin kita ketik.

Selama ini hingga sekarang 2020, xiaomi telah meluncurkan versi MIUI nya yang terbaru yaitu MIUI 11 (Android Pie) dan masih terdapat kamus pada keyboardnya.

Oleh karena itu, tak sedikit para MiFans yang ingin menghilangkan kamus di keyboard xiaomi.

Dengan menonaktifkan atau menghilangkan fitur kamus ini hp xiaomi kamu akan menjadi lebih ringan, lebih mudah mengetik kata singkat, tidak kaku, dan juga tentunya akan lebih cepat.

Mengingat kita sering mengirim pesan melalui keyboard manual pada hp jaman dulu yang sering singkat. Dikarenakan keyboardnya yang masih belum sebagus atau seefisien keyboard touchscreen sekarang.

Nah, berikut cara menghilangkan prediksi kata atau kamus di keyboard xiaomi yang bisa kamu coba dengan mudah.

INFO : Pada tutorial kali ini Saya menggunakan xiaomi S2, Jadi buat kamu yang menggunakan xiaomi jenis lain seperti: Redmi 4a, 4x, 5a, note 5a dll. Tetap bisa menerapkan cara ini hanya saja mungkin perbedaannya terletak pada posisi menu, atau tampilannya saja.

Baca juga : Cara Menghilangkan Gboard Di Xiaomi

Langkah-Langkah Menghilangkan Kamus Di Keyboard Xiaomi

Untuk menghilangkan kamus di xiaomi caranya sangatlah mudah, kamu bisa langsung melakukannya tanpa harus menginstal aplikasi tambahan. Yuk simak langkah-langkahnya berikut ini.

cara menghilangkan kamus di keyboard xiaomi redmi 6a

  1. Pergi ke menu Pengaturan
  2. Lalu pilih Setelan tambahan
  3. Tap pada Bahasa & Masukan
  4. Kemudian pada Metode Masukan pilih Atur Keyboard
  5. Dan Setelan
  6. Pada halaman setelan terdapat beberapa setelan mengenai Keyboard yang kita gunakan. Pilih Koreksi Teks
  7. Disini teman-teman bisa menghilangkan semua fitur saran dan koreksi yang dirasa tidak penting seperti : Tampilkan strip saran, Koreksi otomatis, dan lain-lain. (Saya sendiri hanya mengaktifkan atau mencentang pada bagian kapitalisasi otomatis)

cara menghilangkan kamus di keyboard xiaomi note 5a

Selesai.. Jika dirasa semua sudah pas sesuai keinginan kamu, Silahkan coba buka keyboard pada aplikasi pesan, whatsapp, DM instagram atau aplikasi chatting lainnya.

Dengan menghilangkan fitur kamus atau prediksi kata ini kita jauh lebih leluasa untuk mengetik kata atau sesuatu yang kita mau.

Untuk fitur yang ingin diaktifkan tidak ada aturan pasti, kamu bisa mensetting sesuai kebutuhan mengingat setiap orang memiliki kepribadian yang berbeda-beda saat mengetik.

Jika ada yang ingin ditanyakan atau punya kendala lain bisa kirim komentarnya dibawah.

Menurut kamu seberapa pentingkah kamus pada keyboard terutama di hp xiaomi ini?

Afrizatul Rizki
Lulusan Universitas Islam Riau jurusan Teknik Informatika yang hampir 24 jam melakukan kegiatan di depan komputer seperti menulis artikel teknologi di blog Afrizatul.com