Cara Menghilangkan Gboard Di Xiaomi

Gboard sering error dan terhenti sendiri saat mengetik, Begini cara menghilangkannya!
Cara Menghilangkan Gboard Di Xiaomi

Bagi kamu yang mengalami masalah yang sering terjadi saat mengetik seperti crash dan error lainnya pada google keyboard, Ada cara menghilangkan gboard di xiaomi yang dapat kamu lakukan.

Gboard sendiri merupakan salah satu produk luncuran dari google yang memiliki fitur lengkap seperti prediksi atau saran kata, ketik dengan cara menggeser, input suara, kamus, tampilan tema, emoji, hingga penelusuran.

Salah satu masalah yang paling sering dialami oleh pengguna xiaomi adalah gboard terhenti sendiri, Walaupun sebenarnya masalah pada gboard ini hanya dialami oleh beberapa pengguna dikarenakan baru saja memperbarui versi MIUI atau android.

Untuk mengatasi gboard yang error sebenarnya ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan yaitu seperti menghapus data atau paksa berhenti aplikasi gboard. Tapi jika kamu memang ingin beralih ke keyboard jenis lain dari gboard berikut ini cara menghilangkannya dengan mudah.

Baca juga : Cara Menghilangkan Kamus Di Keyboard Xiaomi

Cara Menghapus Gboard Di Xiaomi

Ada beberapa solusi yang akan kami berikan, salah satunya adalah dengan beralih ke keyboard jenis lain.

Oleh karena itu, sebelum menghapus aplikasi gboard lebih baik coba cara lain karena nantinya jika gboard dihapus maka hp xiaomi kamu tidak akan menampilkan keyboard apapun selain menginput melalui suara.

1.Mematikan Gboard

Apabila kamu mungkin tidak ingin menghilangkan gboard di hp xiaomi kamu karena takut jika terjadi apa-apa, Kamu dapat mematikan fitur keyboard dari gboard ini melalui langkah-langkah berikut ini.

Cara Menghapus Gboard Di Xiaomi
  • Pertama silahkan masuk ke menu Pengaturan di xiaomi
  • Kemudian pilih Setelan tambahan
  • Dan tap pada Bahasa & Masukan
  • Pilih menu Atur keyboard
  • Lalu hilangkan tanda centang yang ada pada Gboard.
  • Selesai.

Dengan begitu otomatis gboard kamu tidak lagi aktif dan tidak akan tampil jika kamu ingin mengetikkan sesuatu seperti pada aplikasi SMS, WhatsApp dan aplikasi yang memerlukan masukkan melalui keyboard lainnya.

Baca juga : Cara Mematikan Penyimpanan USB

2. Beralih ke Keyboard SwiftKey

cara menghilangkan gboard pada xiaomi

Jika kebetulan di hp xiaomi kamu hanya ada gboard, oleh karena itu setelah mematikan gboardnya kita perlu keyboard jenis lain untuk menggantikannya.

Ada banyak jenis keyboard yang bisa kamu temukan sendiri di google playstore, Namun disini kami menyarankan untuk menggunakan Microsoft SwiftKey Keyboard.

Karena menggunakan keyboard swiftkey ini kamu dapat mengganti tema keyboard menjadi lebih menarik sesuai keinginan kamu, mengubah bahasa, gaya tata letak, ukuran dan sebagainya.

  • Buka Google Playstore, kemudian download aplikasi Microsoft Swiftkey Keyboard.
  • Jika sudah install aplikasinya kemudian buka.
  • Ikuti petunjuk untuk mengaktifkan aplikasi swiftkey keyboard kemudian atur menjadi keyboard utama yang kamu gunakan di hp xiaomi.
  • Selesai.

Otomatis keyboard yang akan aktif adalah keyboard swiftkey, Kamu juga bisa mengembalikan ke gboard kembali dengan cara yang sama melalui menu pengaturan > setelan tambahan > bahasa masukan > dan atur keyboard.

Baca juga : Cara Menghilangkan Iklan di MIUI 11

Begitulah 2 cara menghilangkan gboard di xiaomi yang bisa kami bagikan, Sekarang kamu tidak perlu takut lagi apabila gboard di hp xiaomi kamu tidak bisa digunakan, crash, atau error menggunakan cara di atas.

Bayu Afrizatul Rizki
Lulusan Universitas Islam Riau jurusan Teknik Informatika yang hampir 24 jam melakukan kegiatan di depan komputer seperti menulis artikel teknologi di blog Afrizatul.com