Cara Menghemat Baterai Xiaomi

Baterai merupakan salah satu bagian paling penting dari smartphone. Karena, tanpa baterai smartphone semahal apapun tidak akan dapat digunakan. Nah, inilah mengapa pentingnya merawat kesehatan baterai pada smartphone.

Hingga saat ini segala brand smartphone bersaing demi memberikan produk yang berguna dan banyak diminati oleh para penggunanya. Hal ini juga tidak jauh-jauh dari faktor baterai.

Bisa kita bayangkan jika kita memiliki baterai yang sangat boros, dan kita sebagai pemilik hp tersebut menggunakannya hampir setiap jam bahkan setiap detik tentunya ini sangat mengganggu.

Pada smartphone xiaomi, baterai yang dimiliki dari berbagai jenis seri xiaomi umumnya memiliki kapasitas baterai yang sudah mumpuni dan lebih besar dari pada vendor smartphone lainnya.

Itulah mengapa, hingga saat ini pengguna MIUI atau xiaomi mencapai lebih dari 24 juta orang.

Sebenarnya banyak sekali faktor yang menyebabkan baterai cepat habis/boros, cepat panas, sering mati-mati, dan kasus lainnya terkait masalah baterai ini.

Oleh sebab itu, disini afrizatul akan memberikan solusi kepada mifans semua bagaimana cara menghemat baterai xiaomi dengan cara yang sangat mudah dan sudah terbukti ampuh menjadikan baterai awet dan tahan lama hingga seharian.

Yuk simak ulasan lengkapnya berikut ini..

Mau Tema MIUI kamu jadi lebih keren? Jangan lewatkan artikel berikut ini : Tema MIUI 11 Tembus Semua Aplikasi

Cara Menghemat Baterai Xiaomi Tanpa Aplikasi

Cara yang pertama kamu tidak perlu repot-repot untuk menginstall aplikasi pihak ketiga.

Sangat direkomendasikan untuk kamu yang memiliki storage atau ruang penyimpanan yang kecil dan kuota internet yang sedikit. Jadi, kamu bisa langsung mempraktekkannya langsung ke hp xiaomi kamu.

1. Update MIUI Ke Versi Terbaru

cara menghemat baterai xiaomi 4a

Meng-update atau memperbarui versi MIUI ke versi terbaru merupakan salah satu mengatasi baterai yang boros karena pada setiap versinya biasanya terdapat bug serta kekurangan dan kelebihannya masing-masing.

Untuk itu disarankan bagi kamu yang sudah mendapatkan notifikasi update MIUI terbaru silahkan di update terlebih dahulu. Contohnya saat ini MIUI 11 kemudian update ke MIUI 12.

2. Uninstall Aplikasi yang Jarang digunakan

mode hemat baterai xiaomi

Dalam satu hp pastinya memiliki puluhan bahkan ratusan aplikasi yang terdiri dari aplikasi sistem, dan aplikasi pendukung lainnya. Jadi tidak heran jika kamu tidak terlalu paham kegunaan dari masing-masing aplikasi tersebut.

Kebanyakan aplikasi pada smartphone juga salah satu faktor kenapa baterai cepat panas atau boros ketika digunakan. Oleh karena itu diharapkan untuk menghapus aplikasi yang jarang atau mungkin tidak pernah kamu gunakan lagi.

Tetapi, jangan sampai salah hapus ya. Perhatikan kembali bahwa aplikasi tersebut bukan aplikasi dari sistem menghindari sesuatu yang tidak diinginkan.

3. Menonaktifkan Kecerahan Otomatis

cara menghemat baterai xiaomi redmi note 4x

Fitur kecerahan otomatis atau Auto Brightness ini memang sangat berguna ketika kita menggunakan smartphone di luar ruangan dengan cahaya yang sangat terang maupun di dalam ruangan dengan cahaya yang gelap.

Ketika hp kita mendeteksi bahwa terdapat banyak cahaya yang masuk maka fitur ini akan bekerja mengurangi brightness yang ada. Demikian pula ketika kita berada di ruangan yang kurang cahaya maka brightness akan diperbesar secara otomatis.

Namun hal ini ternyata membuat baterai cepat habis mengingat fitur ini akan bekerja secara terus-menerus. Untuk itu jika kamu ingin menghemat baterai xiaomi kamu silahkan nonaktifkan fitur yang satu ini.

4. Matikan GPS, Sinkron, Bluetooth, Wi-Fi

cara menghemat baterai xiaomi note 5a

Sebenarnya bukan hanya GPS, Sinkron, Bluetooth dan WiFi saja yang wajib untuk kita matikan. Tetapi hal yang perlu saja dan kita gunakan saat itulah yang hanya perlu kita hidupkan.

Jadi untuk fitur yang lainnya silahkan dimatikan terlebih dahulu, Namun jika suatu saat memerlukannya kamu bisa mengaktifkannya kembali.

Sederhana, namun hal ini sering diabaikan oleh para pengguna xiaomi. Apalagi beberapa aplikasi juga sering meminta akses menghidupkan GPS yang akhirnya kita sendiri juga tidak sadar bahwa GPS pada hp kita sedang dinyalakan.

Jika ini dibiarkan terus-menerus maka wajar saja baterai hp kita akan cepat habis.

5. Mode Hening

baterai xiaomi cepat habis dan panas

Mode Hening atau biasa disebut Silent Mode ini juga ternyata bisa membuat baterai hp kita menjadi lebih tahan lama lho.. Kamu cukup mematikan suara pada notifikasi, alarm, media dan suara lainnya. Tapi jika kamu berada pada kegiatan penting yang mungkin saja akan banyak orang yang menghubungi no hp kamu. Cara ini mungkin bisa kamu abaikan..

6. Membersihkan Log Aplikasi

miui 11 boros baterai

Apa itu log aplikasi? Log aplikasi adalah daftar aplikasi yang saat itu sedang dijalankan pada hp kamu. Jika kamu menggunakan banyak aplikasi pada hari ini maka aplikasi tersebut masih akan ada pada log aplikasi. Untuk membersihkannya kamu cukup tap icon segitiga pada navigasi bar (bersebelahan dengan menu home, dan back) smartphone kamu kemudian pilih Bersihkan.

7. Aktifkan Penghemat Baterai

Fitur Penghemat baterai pada hp xiaomi memang sangat berguna dan sudah teruji kehandalannya untuk mengatasi baterai agar tetap awet. Cara kerja fitur ini yaitu :

  • Membatasi Kegiatan Aplikasi sistem
  • Membekukan aplikasi di latar belakang
  • Membersihkan cache setiap kali perangkan dikunci

Untuk mengaktifkan fitur ini kamu bisa swipe ke bawah kemudian kamu akan menemukan icon Penghemat baterai.

Jika tidak ketemu, Pergi ke Pengaturan lalu pilih Baterai & Performa.

8. Fitur Sleep Display

cara menghemat baterai mi a2

Ternyata banyak para pengguna hp xiaomi yang belum mengetahui fitur sleep display ini. Cara kerja fitur ini sendiri menonaktifkan smartphone pada waktu yang telah kita jadwalkan sendiri. Tentunya hal tersebut sangat penting agar baterai hp kita tetap hemat.

Untuk mengatur sleep display kamu bisa mengikuti cara berikut ini :

  • Masuk ke Pengaturan
  • Kemudian Layar Kunci
  • Dan pilih Tidur

Maka akan terdapat beberapa pilihan waktu mulai dari 15 detik, 30 detik hingga Jangan pernah yang bisa kamu atur sendiri.

9. Membersihkan Cache

baterai xiaomi redmi 4a cepat habis

Cache pada smartphone juga sangat berpengaruh kepada kinerja baterai hp xiaomi. Untuk itu sangat dianjurkan untuk membersihkannya secara rutin. Bagi kamu yang belum tau cara nya silahkan ikuti langkah-langkahnya di bawah ini :

  • Masuk ke Pengaturan
  • Lalu Tentang Telepon
  • Pilih Penyimpanan
  • Dan Tap pada Data dalam cache

Akan muncul notifiaksi “Hapus data dalam cache? Ini akan menghapus data cache untuk semua apl. Pilih Oke.

10. Aplikasi Pembersih

penyebab baterai xiaomi note 4 boros

Aplikasi yang sudah disedikan para smartphone xiaomi lainnya adalah Pembersih. Aplikasi Pembersih ini sangat penting kita miliki karena mampu membersihkan data yang tidak terpakai pada smartphone xiaomi kita.

Adapun fitur pada aplikasi pembersih berikut ini :

  • Membersihkan Berkas Cache
  • Berkas tak berguna
  • Paket
  • Sisa
  • Memori

Jadi aplikasi ini akan menemukan file apa saja yang tidak berguna dan layak untuk kamu hapus. Dengan ini ruang penyimpanan akan menjadi lebih luas.

11. Charger Original

kenapa baterai hp xiaomi note 4 cepat habis

Tak kalah pentingnya charger yang kita gunakan untuk smartphone kita seharusnya original merk xiaomi. Karena setiap charger memiliki voltase, watt atau tegangan yang berbeda-beda. Jika kamu memilih charger yang salah maka akan berdampak buruk ke hp xiaomi kamu. Jadi, pakailah charger sekaligur kabel data yang original bawaan xiaomi.

12. Kesehatan Baterai

cara menghemat baterai tanam xiaomi

Dan yang paling penting tentunya kamu harus memperhatikan kesehatan baterai hp xiaomi kamu. Kesehatan baterai menjadi buruk karena berbagai macam faktor. Faktor yang sering dijumpai adalah usia pemakaian baterai. Namun selain itu cara penggunaan yang tidak tepat juga bisa memperburuk kondisi baterai.

Jadi gunakanlah smartphone kita pada saat-saat penting saja. Matikan daya jika tidak diperlukan, dan diharapkan untuk mengisi daya terlebih dahulu sebelum baterai habis total.

Demikianlah tips bagaimana cara menghemat baterai pada smartphone xiaomi tanpa menggunakan aplikasi. Jika teman-teman punya kendala atau pertanyaan silahkan komentar di bawah. Semoga bermanfaat

Kategori Xiaomi

Tinggalkan komentar