Cara Menghapus File Yang Tidak Bisa Dihapus

Cara Menghapus File Yang Tidak Bisa Dihapus

Menghapus file kedengerannya sangat mudah dilakukan, hanya tekan delete atau klik kanan lalu pilih delete. Tapi tahukah kamu ketika kamu tekan delete ada yang tidak berfungsi atau tidak mau terhapus. Untuk itu ada cara menghapus file yang tidak bisa dihapus. Namun sebelum itu kamu perlu tahu dulu nih apa penyebab kenapa file yang ingin kamu hapus tidak bisa terhapus ?

Cara menghapus di microsoft word sendiri terbilang sangat mudah dilakukan, karena banyak yang sudah paham apa arti dan fungsi dari delete ini sendiri. Terkadang kita berpikir bahwa file yang tidak bisa dihapus dikarenakan sebuah virus yang terdapat dilaptop dan tidak terdeteksi oleh antivirus. Banyak dari kita yang mengabaikan hal-hal seperti ini, dan bahkan jika file yang tidak bisa di hapus selalu kita abaikan dan dibiarkan saja, Karena tidak terlalu penting. Tapi tahukah kamu ini akan berisiko terhadap microsoft nya sendiri atau bahkan menyebab kan file lain bermasalah? Yuk simak apa yang menjadi kendala file tidak bisa terhapus.

Penyebab File Tidak Bisa Di Hapus

Penyebab file tidak bisa dihapus bisa jadi dikarenakan adanya virus dan ada juga yang tidak dikarenakan virus, semua tergantung dari pemberitahuan yang dikeluarkan ketika kita mendelete sebuah file. Jika memang file kamu yang tidak bisa terhapus diakibatkan oleh adanya virus, bukan berarti kamu harus mendowload antivirus terbaru ataupun menggunakan antivirus apapun untuk membersihkan file tersebut. Kenyataanya tidak semua aplikasi atau software antivirus yang bia mendeteksi sebuah virus yang terdapat di sebuah file. Berikut beberapa hal yang menyebabkan sebuah file tidak bisa didelete :

  • File ingin kita delete ternyata masih kita buka dan masih kita gunakan dengan program lainnya.
  • Sebuah file atau sebuah file mempunyai perizinan (permissions) yang kuat.
  • Sebuah file atau sebuah file telah digunakan oleh pengguna lainnya.
  • Sebuah file yang tercopy tidak selesai

Lalu bagaimana solusinya ? yaitu kamu harus paham terlebih dahulu pemberitahuan yang dikeluar ketika kita mendelete sebuah file atau sebuah folder.

Baca juga : Cara Mengaktifkan Bluetooth Di Laptop

Cara Menghapus File Yang Tidak Bisa Dihapus Dengan Software

Ada cara yang memudahkan untuk kamu menghapus sebuah file atau sebuah folder yang tidak bisa dihapus yaitu dengan menggunakan pihak ketiga. Selain pihak ketiga kamu bisa menggunakan sebuah intruksi bawaan laptop yaitu CMD yang sering disebut dengan Command Prompt. Pasti sudah tidak familiarkan dengan CMD ini ?

Pihak ketiga yang dimaksud adalah Software. Dengan bantuan software untuk mendelete file yang tidak bisa dihapus. Caranya yaitu anda harus menginstall software agar bisa menghapus file tersebut. Tool-tool tersebut yaitu seperti File Unlocker, MoveOnboot, Free Unlocker, Tizer unlocker dan lainnya.

Berikut cara menghapus file atau folder yang tidak bisa dihapus :

Langkah 1 – Download dan Install Free Unlocker

Kamu bisa mendownload terlebih unlocker di PC atau laptop kamu dengan mengetikkan Free Unlocker, maka akan website untuk Unlocker. Atau kamu bisa lihat pada gambar di bawah ini.

cara menghapus file yang tidak bisa dihapus di windows 7

Jika sudah selesai mendowload, kamu langsung bisa menginstall aplikasi tersebut. Menginstall aplikasi ini sangat mudah kamu hanya tinggal mengklik next sampai kata finish keluar. Jika sudah klik Finish maka aplikasi Unloker sudah bisa digunakan.

Langkah 2 – Menggunakan Aplikasi

Cara menggunakan Aplikasi ini yaitu, kamu tinggal mengklik 2 kali pada aplikasi Unlocker ini maka nntik akan muncul layar kecil yang akan mengarahkan kamu ke sebuah folder atau sebuah file yang akan di delete. Lalu kamu cari Sebuah file atau sebuah folder yang akan dihapus lalu klik OK. Seperti pada gambar di bawah ini :

cara menghapus folder yang tidak bisa dihapus di pc

Kemudian akan ada pemberitahuan yang menyuruh kita untuk memilih menu yang terdapat pada “No action“. Pada menu no action ini terdapat 3 bagian yaitu Delete, Rename dan Move. Delete yaitu menghapus, Rename yaitu mengganti nama dan Move yaitu memindahkan. Jika kita ingin menghapus maka klik delete lalu tekan OK, Maka secara otomatis file tersebut akan terhapus.

cara menghapus file yang tidak bisa dihapus di laptop

Baca juga : Cara Memindahkan Data Dari Hp Ke Laptop

Cara Menghapus File Yang Tidak Bisa Dihapus Dengan CMD (Command Prompt)

Seandainya cara 1 belum berhasil maka kamu juga bisa menggunakan CMD (Command Prompt) ini. CMD ini lebih mudah tanpa harus mendownload dan menginstall software. Program CMD (Command Prompt) ini merupakan bawaan dari windows yang terdapat di PC atau Laptop kamu.

Begini cara menghapus file yang tidak bisa dihapus di laptop :

Langkah 1 – Membuka Command Prompt

Terlebih dahulu kamu harus buka command prompt dengan cara menggunakan shortcut keyboard yaitu WIN + R kemudian ketikkan CMD lalu tekan Enter, Maka akan muncul direktori CM yang berwarna hitam.

cara menghapus file yang tidak bisa dihapus dengan cmd

Langkah 2 – Mengubah Direktori CMD

Selanjutnya kamu mengubah direktori cmd kamu sesuai dengan tempat sebuah file atau sebuah folder yang akan dihapus. Contohnya tempat file yang akan saya hapus berada di Data D, Maka yang perlu kamu rubah yaitu dengan mengetikkan D tanpa tanda kutip ataupun kurung diakhir mengetik seperti contoh dibawah ini :

delete file di komputer lewat cmd

Langkah 3 – Menghapus file didalam folder

Selanjutnya buka tempat file yang ingin dihapus, jika file berada di dalam folder maka ketikkan terlebih dahulu nama folder baru ketikkan file . Contoh nama folder : D:/>cd afrizatul. Selanjutnya untuk menghapus file yaitu D:\afrizatul>del laporan.docx lalu tekan enter. Otomatis file akan terhapus. seperti gambar dibawah ini :

hapus file via cmd

Baca juga : Cara Uninstal Aplikasi Di Laptop

Demikianlah penjelasan mengenai cara menghapus file yang tidak bisa dihapus. Kamu bisa menggunakan salah satu cara diatas yang menurut kamu lebih efektif. Cara diatas lebih mudah dimengerti dan dipahami untuk kita yang pemula.

Afrizatul Rizki
Lulusan Universitas Islam Riau jurusan Teknik Informatika yang hampir 24 jam melakukan kegiatan di depan komputer seperti menulis artikel teknologi di blog Afrizatul.com